fbpx
Skip to content
Home » Blog » Mengenal Whey Protein Manfaat serta Dosis Konsumsi Yang Aman

Mengenal Whey Protein Manfaat serta Dosis Konsumsi Yang Aman

Apa itu Protein Whey?

Susu terbuat dari dua protein, kasein dan whey. Protein whey dapat dipisahkan dari kasein dalam susu atau dibentuk sebagai produk sampingan dari pembuatan keju. Produk sampingan alami dari produksi keju ini menyumbang sekitar 20% protein dalam susu sapi dan berarti itu adalah sumber protein yang cukup aman. Selain itu, whey tetap rendah kandungan laktosa yang membuatnya mudah dicerna, dan cocok bahkan untuk mereka yang memiliki tingkat intoleransi laktosa.

Dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung semua 9 asam amino esensial. Kandungan laktosanya rendah. Ada banyak manfaat yang terkait dengan konsumsi protein whey, dan para peneliti terus-menerus menemukan kemungkinan sifat terapeutik baru. Protein whey dapat meningkatkan kandungan zat gizi makanan dan juga memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh.

Protein jenis ini adalah kunci untuk membangun otot dan pemulihan setelah berolahraga, dan juga dapat membantu Sahabat sehat menurunkan berat badan. Berdasarkan tujuan Sahabat sehat, whey dapat membantu mengoptimalkan hasil dari kerja keras yang Sahabat sehat lakukan di gym. Protein whey memiliki banyak manfaat, terutama bila digunakan pada waktu dan dosis yang tepat.

Juga merupakan salah satu suplemen zat gizi yang paling umum digunakan untuk perbaikan dan pembentukan otot dan dianggap sebagai protein lengkap, yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial.

Asam amino “esensial” adalah asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh kita sendiri dalam jumlah yang cukup besar, jadi kita perlu mendapatkannya dari makanan kita. Mendapatkan semua asam amino esensial dalam satu protein membuat Sahabat sehat siap untuk asupan harian yang seimbang.

Penggunaan whey secara luas didukung oleh penelitian yang menunjukkan profil asam amino yang kuat dan cepat, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Manfaatnya dengan keunggulannya dibandingkan bentuk protein lainnya dan potensi efek samping yang sangat terbatas, menjadikannya salah satu suplemen paling populer di pasaran. Yang adir dalam banyak rasa dan dapat dicampur dengan susu dan air, atau dicampur dengan mentega buah dan kacang.

DAPATKAN MINUMAN PROTEIN DI SESA.ID

Manfaat Protein Whey

  1. Protein adalah kunci untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot

Tubuh membutuhkan protein untuk banyak fungsi sehari-hari, seperti respons imun, transportasi, jalur sinyal, dan struktur sel. Protein juga merupakan faktor kunci dalam pertumbuhan dan retensi otot. Karena protein whey kaya akan leusin (asam amino kunci anabolik, atau pembangun), ini bermanfaat bagi mereka yang mencoba membangun massa tanpa lemak dan mengurangi lemak tubuh.

Karena olahraga menyebabkan pemecahan protein dan pertumbuhan protein, jumlah protein yang cukup perlu dikonsumsi untuk menghasilkan keseimbangan protein yang positif setelah berolahraga.

  1. Protein whey nyaman

Manfaat yang paling jelas adalah protein whey adalah pilihan yang nyaman dan cepat untuk mengisi kembali simpanan protein yang hilang karena sangat mudah dibawa saat bepergian. 

Bubuk tidak perlu didinginkan dan mudah diukur dan dicampur hanya dengan air atau ditambahkan ke smoothie, yoghurt, oatmeal, atau cairan lainnya. Bahkan ada cara untuk menambahkan bubuk protein whey ke dalam makanan yang dipanggang dan resep lain untuk tambahan protein.

  1. Dapat mengurangi kelelahan otot

Untuk individu dan atlet yang sehat dan aktif, protein whey bermanfaat bagi kinerja mereka serta kemampuan mereka untuk membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Mengkonsumsi ini setelah berolahraga membantu meningkatkan sintesis protein otot dan pengambilan glukosa untuk sintesis glikogen di otot.

Glikogen adalah bentuk penyimpanan energi otot. Protein whey bermanfaat bagi otot dengan memastikan simpanan glikogen yang memadai agar mereka berkinerja lebih baik dan tidak cepat lelah.

BACA JUGA:10 Fungsi Protein Untuk Pertumbuhan, Jenis dan Sumbernya

  1. Membuat merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan camilan lainnya

Selain itu, protein memperlambat proses pencernaan, yang meningkatkan rasa kenyang. Ketika sumber karbohidrat dipasangkan dengan protein, itu membuat Sahabat sehat merasa kenyang lebih lama.

Perasaan kenyang ini dan dapat membatasi makan dan membantu penurunan berat badan jangka panjang. Protein whey terbukti lebih bermanfaat daripada protein kasein untuk rasa kenyang pada individu yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Saat mencoba menurunkan berat badan, whey adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga kalori tetap rendah berkat kandungan lemak dan karbohidratnya yang rendah. 

Asupan protein yang cukup penting untuk menjaga jaringan tanpa lemak saat mencoba menurunkan berat badan, dan juga bermanfaat seiring bertambahnya usia untuk mempertahankan massa otot.

  1. Protein whey dapat meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh

Antioksidan adalah zat yang bertindak melawan oksidasi dalam tubuh. Ini berarti mereka mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Salah satu antioksidan terpenting pada manusia adalah glutathione. Tidak seperti kebanyakan antioksidan, yang Sahabat sehat dapatkan dari diet, glutathione diproduksi oleh tubuh.

Di dalam tubuh, produksi glutathione bergantung pada suplai beberapa asam amino, seperti sistein, yang terkadang suplainya terbatas. Untuk alasan ini, makanan sistein tinggi, seperti protein whey, dapat meningkatkan pertahanan antioksidan alami tubuh. Sejumlah penelitian pada manusia dan hewan pengerat telah menemukan bahwa protein whey dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar glutathione.

  1. Dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Peningkatan konsumsi protein adalah strategi penurunan berat badan yang populer. Makan lebih banyak protein dapat meningkatkan kehilangan lemak dengan:

  • menekan nafsu makan, menyebabkan asupan kalori berkurang
  • meningkatkan metabolisme, membantu Sahabat sehat membakar lebih banyak kalori
  • membantu menjaga massa otot saat menurunkan berat badan

Protein whey telah terbukti sangat efektif, dan mungkin memiliki efek superior pada pembakaran lemak dan rasa kenyang daripada jenis protein lainnya.

BACA JUGA: Kolagen Adalah Protein Penting, Berikut Sumber dan Manfaatnya

Berapa Banyak Protein Whey yang Sebaiknya Dikonsumsi?

Ketika tujuannya adalah untuk membangun dan mempertahankan massa otot melalui keseimbangan protein yang positif, asupan keseluruhan dalam kisaran 1,4 – 2,0 g/kg berat badan telah terbukti cukup bagi mereka yang berolahraga secara teratur.

Ujung bawah kisaran ini mungkin lebih berlaku untuk atlet ketahanan yang juga membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup selama latihan mereka, sedangkan ujung yang lebih tinggi berguna ketika juga mencoba menurunkan berat badan sambil mempertahankan massa tanpa lemak. Pedoman mendorong atlet untuk memilih protein yang mudah dicerna dengan semua asam amino esensial, yang merupakan manfaat utama dari protein whey.

Garden Of Life Sport Grass Fed Whey

Garden Of Life Sport Grass Fed Whey

Kapan harus mengonsumsi protein whey?

Dalam hal mengatur waktu asupan protein Sahabat sehat, protein pasca-latihan adalah kunci untuk membangun kembali otot, tetapi juga penting untuk memasukkan sumber protein sepanjang hari. Sementara sumber makanan mungkin berguna pada waktu makan, suplementasi protein seperti whey adalah cara yang efektif dan efisien untuk memastikan asupan protein terpenuhi.

  • What are proteins and what do they do? US National Library of Medicine. [Online] [Cited: January 15, 2019.] https://ghr.nlm.nih.gov/primer/howgeneswork/protein.
  • Jäger, R., Kerksick, C. M., Campbell, B. I., Cribb, P. J., Wells, S. D., Skwiat, T. M., … & Smith-Ryan, A. E. (2017). International society of sports nutrition position stand: protein and exercise. Journal of the International Society of Sports Nutrition14(1), 20.
  • Churchward-Venne, T. A., Murphy, C. H., Longland, T. M., & Phillips, S. M. (2013). Role of protein and amino acids in promoting lean mass accretion with resistance exercise and attenuating lean mass loss during energy deficit in humans. Amino Acids45(2), 231-240.
  • Frid, A. H., Nilsson, M., Holst, J. J., & Björck, I. M. (2005). Effect of whey on blood glucose and insulin responses to composite breakfast and lunch meals in type 2 diabetic subjects–. The American journal of clinical nutrition82(1), 69-75.
  • Pal, S., Radavelli-Bagatini, S., Hagger, M., & Ellis, V. (2014). Comparative effects of whey and casein proteins on satiety in overweight and obese individuals: a randomized controlled trial. European journal of clinical nutrition, 68(9), 980.
  • Campbell, W. W., & Leidy, H. J. (2007). Dietary protein and resistance training effects on muscle and body composition in older persons. Journal of the American College of Nutrition26(6), 696S-703S.
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-833/whey-protein
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-whey-protein