Home » Blog » Inilah Kandungan, Manfaat, dan Aturan Makan Buah Naga Per Hari

Inilah Kandungan, Manfaat, dan Aturan Makan Buah Naga Per Hari

aturan makan buah naga per hari

Mengonsumsi buah naga memang sangat nikmat dan menyehatkan, namun ketahui juga aturan makan buah naga per hari agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan. Jika Sahabat Sehat mengonsumsi buah naga secara berlebihan, Sahabat Sehat bisa terkena beberapa masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan karena terlalu banyak mengonsumsi buah naga adalah diare, alergi, hipotensi, dan risiko hipoglikemia. Oleh karena itu, Sahabat Sehat harus mengonsumsi buah ini sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Banner Sayur dan Buah Organik

Aturan Mengonsumsi Buah Naga 

Dalam mengonsumsi buah naga, sebenarnya tidak ada patokan khusus atau jumlah konsumsi maksimalnya dalam sehari. Selama Sahabat Sehat tidak mengalami masalah pada kesehatan, maka mengonsumsinya setiap hari relatif aman.

Namun, jika ditanya berapa aturan makan buah naga per hari, maka jawabannya bisa ditemukan di artikel ini. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi buah naga yang baik adalah sekitar 150 gram per hari. 

Akan tetapi, apabila ada keluhan setelah mengonsumsi buah naga, maka segeralah periksa ke dokter. Beberapa gejala yang terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi buah naga adalah gatal-gatal, bengkak, muntah-muntah, jantung berdebar, diare, sesak napas, dan nyeri perut.

Kandungan dan Manfaat dari Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori. Dalam 100 gram buah naga, hanya terkandung sekitar 60 kalori. Meskipun begitu, kandungan gizi didalamnya sangatlah besar. Sahabat Sehat bisa menyimak beberapa kandungan dan manfaat buah naga bagi tubuh:

  • Vitamin C

Vitamin C yang ada di dalam buah naga bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, vitamin C ini juga mampu merangsang pembentukan kolagen, membantu penyerapan zat besi, dan menjaga daya tahan tubuh.

  • Vitamin B2 dan Vitamin B3

Kandungan lain dalam buah naga adalah vitamin B2 dan B3. Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga metabolisme dan juga memelihara kesehatan jaringan pada tubuh. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya Sahabat Sehat. Perhatikan aturan makan buah naga per hari agar tetap sehat.

  • Magnesium

Kemudian, ada kandungan magnesium pada buah naga. Kandungan ini mampu menurunkan tekanan darah, risiko diabetes, dan meringankan gejala migrain. Tidak heran, jika buah naga seringkali dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

  • Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam buah naga jumlahnya juga cukup tinggi. Zat ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Apabila tubuh manusia kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah pun akan menurun dan dapat mengakibatkan anemia atau kurang darah.

Bagi Sahabat Sehat yang mengalami anemia, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga. Dengan mengonsumsi buah naga sesuai kebutuhan tubuh, maka kebutuhan zat besi pada tubuh pun dapat terpenuhi dengan baik.

  • Serat

Kandungan buah naga yang terakhir adalah serat. Kehadiran serat yang melimpah mampu membantu melancarkan pencernaan. Jika Sahabat Sehat mengonsumsi buah naga secara teratur, maka tak perlu khawatir dengan resiko masalah pencernaan, seperti sembelit dan iritasi usus.

Banner Sayur dan Buah Organik

Buah naga memang memiliki banyak sekali manfaat. Namun, tidak semua orang boleh mengonsumsi buah berwarna merah cerah ini. Jadi, apabila Sahabat Sehat memiliki masalah kesehatan dan ragu untuk mengonsumsinya, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan aturan makan buah naga per hari dan jangan berlebihan ya, Sahabat Sehat! Selain itu, Sahabat Sehat juga perlu memilih buah naga yang berkualitas. Tak perlu bingung, Sahabat Sehat bisa mendapatkan buah naga segar dengan harga terjangkau di Sesa.

 

Referensi: Alodokter
Photo by NIX PHOTO from Pexels