Home » Blog » Cuka Apel Berbahaya untuk Wajah? Cari Tahu di Sini

Cuka Apel Berbahaya untuk Wajah? Cari Tahu di Sini

bahaya cuka apel untuk wajah

Bahaya cuka apel untuk wajah – Cuka apel banyak digunakan untuk perasa serta pengawet makanan. Cairan yang satu ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja cairan ini mampu untuk mengobati kanker, obesitas, penyakit jantung, serta infeksi bakteri. 

Cuka apel terbuat dari apel dan ragu, yang lalu ragi mengubah gula dari apel jadi alkohol. Kemudian bakteri di tambahkan ke campuran yang akan memfermentasi alkohol jadi asam asetat. Lalu kandungan itulah yang membentuk cuka apel sekitar 5-6 persen. 

Cuka apel selain banyak digunakan untuk perasa serta pengawet masakan, namun juga banyak digunakan oleh wanita untuk perawatan wajah. Salah satunya untuk menyembuhkan jerawat. Namun, tahukah Sahabat Sehat jika cuka apel mempunyai dampak negatif untuk wajah

Nah, supaya Sahabat Sehat bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan cuka apel untuk wajah. Sahabat Sehat harus untuk mengetahui bahaya cuka apel untuk wajah. Berikut adalah berbagai bahaya tersebut:

Bahaya-Bahaya Cuka Apel untuk Wajah

Menyebabkan Kulit Kering

Cuka apel memiliki kandungan alkohol karena hasil dari proses fermentasinya. Alkohol sendiri adalah bahan yang memang tidaklah dianjurkan untuk orang berkulit kering. Sebab alkohol mampu untuk membuat kulit yang tadinya normal menjadi kering apabila Sahabat Sehat pakai dengan berlebihan. 

Cuka Apel Tak Efektif Tangani Jerawat

Belum ada studi penelitian yang dilakukan mengenai cuka untuk jerawat menurut Very Well Health. Maka dari itu, walaupun cuka apel mampu untuk kendalikan bakteri pada laboratorium, namun cuka apel punya efek berbeda untuk bakteri pada kulit. Lalu yang lebih penting, cuka apel mempunyai kandungan asam asetat yang bukanlah asam salisilat yang bisa menangkal jerawat. 

Gangguan di Sel Kulit

Seperti yang telah diketahui, cuka apel mempunyai kandungan asam sitrat alami yang tinggi sama dengan buah lemon. Alasan cuka apel tak bisa untuk digunakan atau diaplikasikan langsung ke wajah karena mampu untuk sebabkan ruam di kulit yang bisa sebabkan iritasi. Namun, hindari untuk memakai cuka apel di kulit sensitif serta luka terluka. 

Dapat Buat Kulit Wajah Menjadi Terbakar

Cuka apel di dalamnya mengandung bahan kimia yang tinggi, maka dari itu pada jangka waktu panjang cuka apel bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih terlihat pada sekitar wajah. 

Dapat Menyebabkan Kerusakan Jaringan

Penggunaan cuka apel yang berlebihan baik dikonsumsi di dalam bentuk cair ataupun tablet bisa menyebabkan beberapa masalah. Antara lainnya dapat untuk merusak kulit, email gigi, kerongkongan, serta lapisan perut. Hal itu karena kandungan asam nitrat yang tinggi pada cuka apel. 

Tidak hanya itu, mengaplikasikan cuka apel di kulit bisa untuk sebabkan ruam, iritasi hingga sensasi yang terbakar. Maka untuk mencegah efek samping cuka apel di kulit, Sahabat Sehat bisa untuk menambahkan campuran seperti madu, air dan bahan-bahan netral lainnya, apalagi jika punya kulit sensitif. 

Menurunkan Kadar Kalium

Bahaya cuka apel untuk wajah yang selanjutnya adalah mampu untuk turunkan kadar kalium di dalam darah. Hal itu karena kandungan asam asetat yang tinggi di dalam cuka apel tersebut. Ini disebut sebagai hypokalemia yang bisa sebabkan berbagai gejala serta penyakit termasuk seperti kram, mual, tekanan darah yang rendah dan lain-lainnya. 

Itulah berbagai bahaya cuka apel untuk wajah bila Sahabat Sehat menggunakannya dengan tidak tepat atau secara berlebihan. Maka dari itu, Sahabat Sehat harus mengetahui cara penggunaannya yang benar. Semoga bermanfaat. 

Referensi :

Hellosehat, Liputan 6

Photo by cotton bro from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.