Home » Blog » Ide Resep Omelet Telur Rendah Kalori, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

Ide Resep Omelet Telur Rendah Kalori, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

menu diet sarapan telur

Apakah Sahabat Sehat sedang mencari ide menu diet sarapan telur? Kalau iya, Sahabat Sehat bisa temukan resep telur rendah kalori yang pas untuk dinikmati di pagi hari sebelum memulai kesibukan. Resep berikut ini juga dilengkapi dengan tumis jamur yang tentu bisa menambah kelezatan sarapan Sahabat Sehat.

Nah, tanpa buang-buang waktu lagi, yuk simak resep omelet telur dengan isian daging ayam cacah dan tumis jamur rendah kalori berikut ini yuk! Tentunya, pilihlah telur tinggi protein dan kaya gizi seperti telur omega-3 yang bisa Sahabat Sehat dapatkan di Sesa.id, ya!

Resep Omelet Telur dengan Ayam dan Tumis Jamur

Bahan-bahan untuk isian ayam:

  • Minyak zaitun – 2 sdt
  • Bawang putih – 1/2 sdt
  • Bawang bombay cacah – 1 sdt
  • Seledri cacah – 3/4 sdt
  • Ayam cacah – 80 gram
  • Kaldu sayur – 3/4 gelas
  • Kecap – 2 sdt

Bahan-bahan untuk tumis jamur:

  • Mentega – 1 sdt
  • Bawang putih – 1 sdt
  • Jamur – 1/2 cangkir
  • Kaldu sayur – 3/4 gelas
  • Daun basil – 1 sdt
  • Garam, secukupnya
  • Merica bubuk, secukupnya

Bahan-bahan untuk omelet telur:

  • Minyak zaitun – 1 sdt (atau minyak lain untuk memasak yang Sahabat Sehat pakai, seperti minyak canola, kedelai, dan lainnya)
  • Telur, ambil putihnya saja – 3 butir

Cara membuat isian ayam untuk omelet telur:

  1. Tuangkan minyak ke dalam wajan atau teflon yang terpisah, lalu tumis bawang putih, bawang bombay, dan seledri.
  2. Tambahkan ayam yang sudah dicacah dan cabai (sesuai selera), lalu tuangkan kaldu sayur. Lanjut tumis semua bahan-bahan di dalam wajan selama kira-kira 10 menit.
  3. Tambahkan kecap dan tumis sampai tumisan isian ayam kering.
  4. Hindari menggunakan garam, terutama karena di dalam kecap manis sudah terdapat kandungan garam di dalamnya.

Cara membuat tumis jamur untuk omelet telur:

  1. Tumis mentega dan bawang putih di dalam wajan atau teflon.
  2. Tambahkan jamur – Sahabat Sehat bisa gunakan jamur apapun sesuai dengan selera, seperti jamur kancing atau shiitake.
  3. Tuangkan kaldu sayur dan lanjut menumis semua bahan-bahan di dalam wajan selama beberapa menit.
  4. Tambahkan daun basil dan sedikit garam, sesuai dengan selera.
  5. Tambahkan merica bubuk secukupnya sesuai selera.

Cara membuat omelet telur:

  1. Tuangkan minyak ke dalam wajan atau teflon yang terpisah, dan diamkan sebentar sampai minyak panas.
  2. Tuangkan putih telur ke dalam wajan.
  3. Biarkan selama beberapa saat sampai telur mulai padat dan matang, kemudian tuangkan isian ayam dan gulung telur.
  4. Sajikan omelet telur dengan isian ayam ke atas piring dan nikmati bersama dengan tumis jamur.

Perpaduan antara telur dan daging ayam menjadikan menu diet sarapan telur yang satu ini kaya akan kandungan protein. Seperti yang barangkali sudah Sahabat Sehat ketahui, protein juga merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Bahkan, protein lebih baik dibandingkan karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti tawar putih.

Pasalnya, protein bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama. Hal ini dikarenakan proses pencernaan dan metabolisme protein yang juga membutuhkan waktu lebih lama. Karena itu, konsumsi menu dengan protein tinggi sangat pas untuk bantu turunkan berat badan, terutama karena proses metabolisme protein juga butuh energi lebih banyak.

Itu dia resep sederhana super sehat untuk menu diet sarapan telur yang rendah kalori untuk Sahabat Sehat coba sendiri di rumah. Selamat memasak!

Referensi : NDTV 

Photo by Klaus Nielsen from Pexels