Home » Blog » Berbagai Manfaat Terbaik Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Terbaik Ikan Tuna Bagi Kesehatan

manfaat ikan tuna bagi kesehatan

Sahabat sehat pasti tidak asing lagi dengan sajian hidangan ikan tuna nan lezat menggugah selera. Ternyata ikan tuna juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini, akan diulas berbagai manfaat ikan tuna bagi kesehatan. Sehingga sahabat sehat akan dapat semakin yakin untuk mengkonsumsi ikan tuna. 

Ikan tuna juga dapat dimasukan dalam salah satu menu harian favorit. Rasanya yang gurih dan lezat, juga dengan tekstur daging yang lembut dan tebal menjadikan ikan tuna sebagai salah satu menu yang disukai bagi banyak orang. Mari simak beberapa manfaat terbaik ikan tuna yang sangat berguna untuk memelihara kesehatan tubuh.

Manfaat Tuna Bagi Kesehatan

Ikan tuna adalah sumber protein terbaik karena mengandung lemak jenuh yang sangat baik bagi tubuh. Dengan adanya kandungan lemak yang baik bagi tubuh, ikan tuna sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi sebagai pilihan menu makanan berprotein tinggi yang rendah lemak. Sangat cocok dikonsumsi bagi para sahabat sehat yang sedang menjalani program diet.

Ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin untuk memelihara sel-sel tubuh dan meningkatkan imunitas. Jadi, mengkonsumsi ikan tuna saat ini akan sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh. Dengan konsumsi ikan tuna untuk menu harian, kondisi dan daya tahan tubuh tentunya akan meningkat, tubuh juga akan terpelihara kesehatannya. 

Konsumsi ikan tuna secara berkala juga akan sangat baik untuk asupan gizi harian sahabat sehat. Terdapat kandungan yang tinggi sarat akan omega-3 dan juga protein yang akan sangat diperlukan oleh tubuh untuk memelihara sel-sel tubuh. Jika sahabat sehat mengkonsumsi ikan tuna sebanyak 85 gr sehari, inilah kandungan gizinya.

Protein ikan sebanyak 22 gram, kalori 100 gram, vitamin D sebesar 6%, lemak 5 gram, juga vitamin B6 sebesar 6%. Ikan tuna juga memiliki kandungan 15% vitamin B12 dan juga 4% zat besi, Semua prosentasi vitamin tentunya adalah total presentasi untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. 

Kenapa Kita Harus Mengkonsumsi Ikan Tuna?

Tentunya ada berbagai manfaat ikan tuna bagi kesehatan yang sangat perlu untuk diketahui oleh sahabat sehat. Dengan kandungan asam lemak baik dan juga kandungan Omega-3 membuat ikan tuna menjadi makanan terbaik untuk memelihara kesehatan jantung kita. Kandungan asam lemak dan omega 3 terbukti dapat mengatur dan mengontrol kandungan trigliserida yang ada pada darah kita. 

Dengan konsumsi ikan tuna secara rutin, resiko aritmia jantung akan jauh berkurang dan plak kolesterol juga akan melambat. Konsumsi ikan tuna secara rutin juga dapat menjadi asupan selenium yang cukup tinggi sekitar 60%, dari kandungan 50 gr ikan tuna. Kandungan selenium dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang akan merugikan tubuh. 

Selenium juga sangat baik untuk memelihara organ reproduksi manusia. Konsumsi ikan tuna untuk menu harian sahabat sehat tentunya akan mengontrol tekanan darah. Sehingga tubuh akan senantiasa sehat. Ikan tuna juga memiliki kandungan kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah karena kalium dapat membantu pelebaran pembuluh darah. 

Berbagai manfaat ikan tuna bagi kesehatan lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata karena tingginya kandungan omega-3. Ikan tuna juga memiliki kandungan mineral yang vitamin C yang berperan penting sebagai asupan antioksidan. Sehingga daya tahan tubuh akan semakin meningkat. 

Konsumsi harian ikan tuna sangat dianjurkan bagi anak-anak karena akan membantu perkembangan sel-sel tubuh. Ikan tuna juga merupakan asupan yang baik dengan protein, vitamin, lemak dan kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Konsumsi ikan tuna berkala akan memberikan asupan energi yang cukup dan dapat mencegah penyakit kanker.