Home » Blog » Cara Memasak Sehat untuk Orang yang Dalam Pemulihan dari Covid

Cara Memasak Sehat untuk Orang yang Dalam Pemulihan dari Covid

cara memasak sehat

cara memasak sehat – Dalam membuat makanan sehari-hari tidak hanya memperhatikan bahan-bahannya saja. Cara memasak, bumbu-bumbu di dalamnya, serta kebersihan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dengan cara memasak sehat maka keluarga akan lebih cepat dalam pemulihan dari Covid.

Nutrisi untuk Pemulihan Covid

Berikut ini merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh selama masa pemulihan Covid.

Kalori

Makanan padat kalori akan sangat membantu untuk mengembalikan energi yang terkuras selama terjangkit Covid. Konsumsi nasi, kentang, roti, pasta, atau sereal. Hindari mengkonsumsi makanan tanpa kalori dan semua jenis makanan cepat saji.

Protein

Sebaiknya konsumsi makanan dengan protein sebanyak 75 hingga 100 gram per harinya. Sumber protein berupa ayam, telur ataupun ikan. Selain itu bisa berupa biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, dan produk kedelai.

Cairan 

Terkena infeksi dapat membuat tubuh dehidrasi sehingga penting untuk mengembalikan cairan tubuh selama pemulihan. Minum  hingga 10 gelas air putih setiap hari. Selain itu bisa dengan cara memasak sehat berupa membuat sup, makanan berkuah dan lain-lain. 

Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber serat, folat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Konsumsi pisang, apel, labu, dan berbagai sayur daun hijau.

Penambah kekebalan

Berbagai buah, sayur, dan rempah-rempah sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung senyawa bioaktif dan fitokimia. Contoh bahan makanan untuk penambah kekebalan adalah kunyit, teh hijau, dan teh herbal lain.

Makanan yang Tidak Baik untuk Pemulihan Covid

Jika Sahabat Sehat dalam masa pemulihan Covid maka hindari makan makanan berikut.

Daging merah

Meskipun sebagai sumber protein, daging merah mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Jika mengkonsumsi daging merah terlalu banyak maka bisa menyebabkan peradangan. Lemak nabati merupakan pilihan lain pengganti daging merah.

Makanan pedas

Memang makanan pedas bisa menambah nafsu makan, namun tidak baik untuk pemilihan Covid. Makanan pedas dapat membuat tenggorokan iritasi.  Hal tersebut dapat memperparah gejala Covid yang salah satunya adalah batuk.

Makanan dengan proses goreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi sehingga akan mengganggu kekebalan tubuh. Makanan tersebut juga bisa memicu diabetes, obesitas, dan penyakit jantung yang akan memperparah Covid. Konsumsi makanan dengan cara memasak sehat seperti rebus atau panggang.

Makanan dan minuman kemasan

Makanan dan minuman kemasan memiliki kandungan natrium dan zat aditif tinggi. Akibatnya akan terjadi peradangan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Selain itu, gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan peradangan sehingga menurunkan kekebalan tubuh. 

Cara Memasak untuk Menjaga Nutrisi 

Ada setidaknya 4 cara memasak sehat agar nutrisi pada bahan makanan tidak hilang.

Rebus

Sahabat Sehat bisa merebus telur, daging, dan berbagai sayuran dengan waktu yang tepat untuk menjaga nutrisi. Saat merebus daging, lemak akan berada di permukaan air sehingga lebih mudah untuk dibuang. Kuah rebusan bisa untuk membuat sup yang akan kaya rasa.

Kukus

Dengan cara mengukus maka makanan akan matang dengan lebih rata. Nutrisi dan kandungan gizi pada makanan akan tetap terjaga termasuk jika mengukus sayuran.

Panggang

Saat memanggang makanan maka akan ada minyak yang keluar. Aroma dan rasa dari masakan akan menambah nafsu makan. Selain itu tampilan makanan juga lebih menarik. 

Tumis

Dengan menambahkan sedikit saja minyak maka lemak dan kalori pada makanan tidak akan bertambah. Cara memasak sehat ini dapat menjaga kandungan nutrisi dalam sayur karena proses memasak yang tidak lama.

Referensi: News18

 Gambar oleh croisy dari Pixabay