Home » Blog » Cara Membuat Sabun Dengan Castile Soap, 3 Langkah Saja

Cara Membuat Sabun Dengan Castile Soap, 3 Langkah Saja

cara membuat sabun dengan castile soap

cara membuat sabun dengan castile soap – Castile soap adalah salah satu jenis sabun yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau alpukat. Sabun ini sangat banyak digemari karena sedikit sekali peluangnya untuk menyebabkan alergi. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat sabun dengan castile soap yang baik dan benar, yaitu:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Jangan sampai Anda lupa menyiapkan padahal semua proses sudah dilakukan setengah jalan. Nah, ada beberapa alat dan bahan membuat sabun castile, yaitu:

Alat

  1. Wadah tahan panas, bisa pakai gelas ukur
  2. Hand Blender atau pengaduk lainnya
  3. Loyang tahan panas
  4. Termometer

Bahan

  1. Siapkan Castile Soap kurang lebih 500ml atau sesuai dengan keinginan
  2. Untuk takaran 500ml gunakan air steril atau akuades sebanyak 190 ml
  3. Gunakan 63 ml NaOH untuk takaran di atas
  4. Minyak esensial (opsional)
  5. Pewarna alami (opsional)

Untuk melakukan pembuatan sabun ini gunakan alat perlindungan diri seperti celemek, masker, sarung tangan lateks dan kacamata.

2. Campur Semua Bahan dengan Baik dan Benar

Setelah semua alat dan bahan sudah siap maka selanjutnya kita akan melakukan pencampuran. Cara membuat sabun dengan castile soap sebagai berikut:

  1. Pertama masukkan air steril atau akuades pada wadah yang tahan panas berupa kaca
  2. Kemudian, masukkan Natrium Hidroksida atau NaOH pelan-pelan dan aduk hingga semuanya tercampur dengan sempurna
  3. Lalu, tunggu hingga suhu 28o hingga 30o C
  4. Setelah suhu dirasa pas, masukkan larutan yang telah dipanaskan tadi ke dalam castile soap tadi
  5. Aduk dengan menggunakan hand blender agar cepat tercampur rata. Berhenti mengandung hingga tekstur sabun menjadi seperti puding.

3. Improvisasi Sabun Buatan Anda

Tak sampai di situ saja, Anda juga bisa mengimprovisasi sabun castile handmade tersebut agar terlihat semakin sempurna. Anda dapat menambahkan minyak esensial yang keharumannya sangat menenangkan seperti bau bunga Lavender, bau bunga matahari, dan lain sebagainya.

Nah, untuk pewarna pun Anda juga bisa menambahkannya asal yang alami agar tetap natural ya. Anda bisa menggunakan pewarna cokelat dengan bubuk cokelat, bisa menggunakan warna hitam menggunakan bubuk kopi, bisa menggunakan warna hijau menggunakan daun pandan, dan lainnya.

Gunakan saja bahan-bahan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk kulit. Misalnya kopi mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Kemudian Lavender bisa merelaksasikan pikiran dan wanginya tidak disukai oleh nyamuk.

Sebelum tercampur pastikan bahwa pewarna alami tersebut matang dan terbebas dari berbagai bakteri atau patogen ya… Untuk bentuk, Anda juga bisa menggunakan cetakan yang unik agar lebih menarik untuk dipakai.

Tunggu dan Gunakan Setelah Jadi

Setelah semuanya dirasa sudah tercampur rata maka sekarang adalah tinggal dituangkan ke dalam loyang atau cetakan yang Anda inginkan. Tunggu hingga 2 hari atau 2 x 24 jam untuk mengeluarkan sabun dari loyangnya.

Nah, untuk penggunaannya sendiri Anda tak boleh kaget sebab harus menunggu waktu sekitar 6 bulan terlebih dahulu.

Begitulah rangkuman dari cara membuat sabun dengan castile soap yang harus Anda ketahui dengan baik. Dengan menggunakan teknik di atas maka Anda bisa memberikan perlindungan yang efektif tanpa merusak kulit untuk keluarga. Sayangilah keluarga Anda dengan menggunakan produk-produk yang aman dan organik.

Referensi: The Hearty Oil

Gambar dari Instagram Dr. Bronner Indonesia