Home » Blog » Castile Soap: Pengertian, Keunggulan, dan Kegunaan

Castile Soap: Pengertian, Keunggulan, dan Kegunaan

castile soap adalah

castile soap adalah – Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan kehadiran sabun castile. Ya, namanya memang cukup asing di telinga akan tetapi sebenarnya castile soap ini sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya mengenai castile soap itu apa karena masih asing.

Pengertian Castile soap

Nah, sabun castile ini adalah sabun yang bahan dasarnya menggunakan lemak nabati yang tentunya berbeda dengan sabun lain yang menggunakan lemak hewani. Bahan-bahan yang digunakan pun juga sangat natural dan berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang organik.

Castile soap dikenal karena dahulunya terbuat dari minyak zaitun. Namun, seiring berkembangnya zaman sabun ini dibuat dari berbagai sumber nabati lainnya. Ada yang menggunakan minyak kelapa, ada yang menggunakan minyak alpukat, dan lain sebagainya.

Sebagai masyarakat zaman sekarang banyak yang memilih sabun yang satu ini. Sebab, di zaman modern ini banyak pabrik yang memproduksi sabun dengan bahan kimia yang berbahaya apabila digunakan secara terus-menerus.

Keunggulan Castile Soap

Nah, ada beberapa keunggulan dari castile soap ini yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Bahan-bahan Organik yang Hipoalergi

Keunggulan yang pertama adalah menggunakan bahan-bahan yang organik sehingga kecil sekali kemungkinan bisa menyebabkan alergi. Ya, penggunaan beberapa senyawa kimia sintetis saat ini sering membuat kulit menunjukkan penolakan.

Banyak sabun yang tidak membersihkan tubuh malah membuatnya gatal-gatal, kemerahan, dan juga kering. Tentunya hal ini tak akan Anda rasakan ketika menggunakan castile soap, jikalau pun adas perbandingannya sangat amat sedikit.

Bisa Dipadu Padankan dengan Berbagai Wewangian Esensial yang Menenangkan

Sabun yang satu ini memang dahulunya terbuat dari minyak zaitun sehingga baunya pun minyak zaitun yang mungkin kurang begitu kuat. Namun, seiring meningkatnya pengetahuan manusia akhirnya sabun ini hadir dengan berbagai keharuman.

Wanginya ini bukan menggunakan zat kimia berbahaya melainkan menggunakan minyak esensial. Ya, minyak yang diambil langsung dari bunga dan buah-buahan asli ini memang sangat mudah ditemukan dan aman digunakan jika penggunaannya tepat.

Kegunaan Castile Soap

Untuk kegunaannya juga sangat banyak dan akan dijelaskan di bawah ini:

Untuk Sabun Mandi atau Sabun Cuci Tangan

Kegunaan yang pertama adalah untuk mandi atau cuci tangan. Untuk menggunakannya tinggal larutkan saja castile soap cair dengan air. Kemudian aplikasikan pada tubuh atau tangan Anda.

Castile soap juga sudah ada yang berbentuk batangan sehingga bisa lebih mudah untuk diaplikasikan langsung pada tubuh.

Bisa Digunakan untuk Mencuci Pakaian

Kedua, Anda juga bisa menggunakan sabun organik ini untuk mencuci pakaian sehingga tidak banyak lagi residu yang menempel. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki bayi di rumah dan memerlukan kelembutan.

Bisa Digunakan untuk Memandikan Hewan Peliharaan

Karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, sabun ini juga bisa digunakan untuk memandikan hewan peliharaan. Anda tak perlu lagi mencari sampo khusus peliharaan karena satu saja sudah cukup.

Sebagai Pembersih Wajah

Sering bingung dengan produk pembersih wajah? Coba saja castile soap yang bisa membersihkan sekaligus untuk melembapkan.

Dengan penjelasan di atas maka kini Anda sudah paham benar bahwa castile soap adalah sabun dengan bahan-bahan alami dan organik. Tak sulit menemukan sabun yang satu ini, bahkan ada banyak merek ternama yang sudah memproduksi sabun satu ini. Semoga informasi yang telah dijelaskan tersebut dapat membawa manfaat ya….

Referensi : Sehatq