Home » Blog » Resep Praktis! Ini 5 Cara Membuat Sempol Ayam dengan Blender 

Resep Praktis! Ini 5 Cara Membuat Sempol Ayam dengan Blender 

cara membuat sempol ayam dengan blender

Sahabat sehat, pernah dengan camilan sempol ayam? Kini, sempol ayam jadi salah satu jajanan hits mulai dari anak-anak hingga dewasa. Awalnya sempol ayam terkenal sebagai jajanan khas Malang yang kemudian populer di berbagai daerah di Indonesia. Resep sempol ayam ternyata tidak sulit. Mari simak cara membuat sempol ayam dengan blender!

Siapkan Bahan-Bahan

Cara membuat sempol ayam dengan blender yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahannya cukup simpel dan mudah Sahabat sehat dapatkan. Inilah bahan-bahan untuk membuat sepol ayam!

Bahan adonan:

  • Daging ayam fillet atau tanpa tulang, haluskan daging dengan blender.
  • 1 buah wortel, cuci bersih lalu parut. 
  • 80 gram tepung tapioka.
  • 50 gram tepung terigu.
  • 1 sendok teh lada bubuk.
  • 1 sendok teh kaldu bubuk.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 butir telur ayam untuk membuat adonan.
  • 2 batang daun bawang, dipotong tipis.
  • 1 batang seledri, dipotong halus.
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.

Bahan pelengkap:

  • Tusuk sate secukupnya.
  • Minyak goreng untuk memasak secukupnya.

Membuat Adonan 

Setelah menyiapkan bahan-bahan, sekarang saatnya memulai membuat Adonan. Mulai dengan mencampur semua bahan-bahan adonan dalam satu wadah. Cara membuat sempol ayam dengan blender atau food processor lebih praktis. Campurkan bahan adonan ke dalam blender atau food processor hingga semua tercampur rata. 

Setelah semua bahan tercampur rata, saatnya membentuk adonan sempol ayam. Pertama, olesi tangan Sahabat sehat dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket ketika membentuk adonan. Bentuk memanjang atau lonjong dan tusuk dengan tusukan sate. 

Goreng Sempol Ayam

Cara membuat sempol ayam dengan blender selanjutnya adalah menggoreng sempol. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Semua adonan yang telah Sahabat sehat bentuk dan tusuk. Goreng sempol hingga matang sekitar 5-10 menit dengan api kecil. Pastikan sempol terendam minyak agar matang merata. Angkat sempol dan tiriskan minyak. 

Jika Sahabat sehat ingin menyajikan sempol ayam dengan cita rasa unik Sahabat sehat bisa menambahkan tepung roti. Cara membuat sempol ayam dengan blender dengan cita rasa crispy yaitu mengoleskan sempol dengan telur ayam, kemudian lumuri dengan tepung panir sebelum digoreng. 

Simpan Adonan Sempol di Freezer. 

Jika tidak ingin langsung menggoreng semua adonan sempol ayam, Sahabat sehat dapat menyimpan adonan dalam kotak kedap udara dan menaruhnya di freezer.  Adonan dapat bertahan kurang lebih 1 minggu dalam freezer. Jadi, Sahabat sehat bisa menikmati sempol ayam kapan saja dalam keadaan fresh dan hangat. 

Sajikan dengan Saus Favorit

Supaya lebih nikmat, sajikan sempol ayam dengan saus favorit. Cara membuat saus sempol ayam simpel yaitu dengan mencampur saus sambal atau saus tomat dengan mayones. Jika Sahabat sehat suka juga bisa membuat saus atau sambal kacang sebagai pelengkap sempol ayam. Silakan sesuaikan dengan selera keluarga di rumah. 

Itulah tahapan dalam cara membuat sempol ayam dengan blender. Resepnya cukup mudah ya, Sahabat sehat? Anggota keluarga akan makin betah di rumah dengan kreasi masakan lezat dan bervariasi. Kunci masakan enak tidak hanya dari pilihan bahan makanan dan resep. Pilihan blender yang tepat juga berpengaruh pada cita rasa makanan. 

Blender Nutribullet adalah nutrient extractor berkualitas. Blender ini tidak hanya berfungsi menghaluskan dan mencampur bahan makanan, tapi juga memastikan nutrisi bahan makanan tetap terjaga. Maka, olahan makanan semakin sehat dan bergizi. Dapatkan blender terbaik untuk membuat aneka makanan sehat di SESA.ID.

 

Photo by Streetwindy from Pexels