Home » Blog » 5 Cara mengonsumsi Apel untuk Asam Lambung agar Tidak Kambuh

5 Cara mengonsumsi Apel untuk Asam Lambung agar Tidak Kambuh

cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung

Penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan. Jika gejala asam lambung terjadi lebih dari dua kali dalam sepekan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Beberapa penyakit yang diawali gejala naiknya asam lambung adalah GERD (gastroesophageal reflux disease) dan dispepsia atau dikenal dengan sebutan maag.  

Gejala naiknya asam lambung menyebabkan rasa mulas, kembung, mual, pusing, sering sendawa dan sakit tenggorokan. Naiknya asam lambung bisa disebabkan oleh pilihan makanan yang tidak tepat. 

Sebagian besar jenis buah perlu dihindari oleh orang yang menderita asam lambung. Salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung adalah apel. Apel sebagai buah yang tinggi serat, kalsium, magnesium dan kalium. 

Cara mengonsumsi apel yang benar adalah kunci untuk mengatasi masalah asam lambung. Sahabat sehat, kita perlu tahu cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung yang benar. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pilih Apel yang Rasanya Manis

Apel memang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Meskipun begitu, Sahabat sehat tetap perlu memahami cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung. Sahabat sehat, hindari memilih buah apel dengan rasa yang asam, ya. Pilihlah buah apel yang punya rasa manis seperti buah apel merah yang matang. 

Hindari Makan Apel Saat Perut Kosong

Kandungan serat pada buah apel membantu proses metabolisme tubuh lebih lancar. Kandungan fruktosa pada buah apel membantu menyerap asam lambung. Penderita asam lambung lebih rentan mengalami gangguan pencernaan. Kandungan nutrisi apel berperan menjaga kesehatan pencernaan. 

Hal penting dalam cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung adalah tidak memakan apel saat perut kosong. Ketika perut dalam keadaan kosong, asam lambung lebih mudah naik dan menyebabkan rasa nyeri di ulu hati.

Jangan Makan Apel Saat Gejala Maag Kambuh

Apel adalah buah yang bersifat basa, sehingga cukup aman dikonsumsi penderita asam lambung. Sifat basa pada apel membantu menetralisir asam lambung. Mengonsumsi apel dapat mencegah gejala asam lambung muncul. 

Penderita asam lambung disarankan mengonsumsi buah apel saat tidak sedang ada gejala asam lambung seperti mual, kembung, muntah atau begah. Hal ini untuk mengurangi risiko keluhan semakin parah. 

Makan Apel dengan Kulitnya

Cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung yang baik adalah memakan buah apel bersama kulitnya. Pada kulit apel terdapat antioksidan dan vitamin untuk melengkapi zat gizi dalam buah apel. Hindari konsumsi olahan apel dengan tambahan buah yang asam atau bahan makanan lain yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Konsumsi Jus Apel dan Madu

Sahabat sehat, jika ingin mengonsumsi jus apel yang manis gunakan madu untuk menambah cita rasa. Selain manis, madu juga membawa nutrisi yang baik bagi penderita asam lambung. Madu mengandung enzim alami dan anti-bakteri. Madu dapat mengurangi gejala yang disebabkan asam lambung seperti mual dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 

 

Itulah 5 cara mengkonsumsi apel untuk asam lambung agar tidak kambuh. Sahabat sehat, penting untuk menghindari penyebab naiknya asam lambung. Asam lambung bisa meningkat karena pilihan makanan yang salah, stres dan kurang tidur. 

Manfaat apel untuk asam lambung bisa didapat dengan rutin konsumsi apel manis. Dapatkan apel fuji yang cocok untuk mencegah naiknya asam lambung di sini

 

Referensi: Alodokter

Photo by Gustavo Fring from Pexels