Home » Blog » 5 Cara Mengonsumsi Minyak Kelapa untuk Dapatkan Khasiat Terbaik

5 Cara Mengonsumsi Minyak Kelapa untuk Dapatkan Khasiat Terbaik

cara mengkonsumsi minyak kelapa

cara mengkonsumsi minyak kelapa – Minyak kelapa atau coconut oil banyak dimanfaatkan dalam aneka makanan. Minyak kelapa punya aroma khas yang bisa menambah kelezatan makanan. Selain berguna dalam membuat makanan, minyak kelapa juga punya manfaat berguna untuk tubuh. Sahabat sehat bisa mendapatkan manfaat dari minyak kelapa dengan mengonsumsinya secara rutin. 

Ada beberapa cara mengkonsumsi minyak kelapa yang Sahabat sehat coba:

1. Diminum Langsung

Cara mengkonsumsi minyak kelapa paling mudah adalah dengan meminumnya secara langsung. Sahabat sehat, perhatikan takarannya jika ingin meminum minyak kelapa agar tidak berlebihan. Minyak kelapa bisa diminum sebanyak 1-2 sendok makan per hari. Sahabat sehat, pilih virgin coconut oil atau extra virgin coconut oil untuk diminum, ya.

Manfaat minyak kelapa jika diminum langsung, di antaranya menambah energi dan menunda rasa lapar. Dianjurkan minyak kelapa diminum sebelum makan. Cita rasa minyak kelapa perpaduan legit, manis khas kelapa, aromanya juga harum, jadi tidak mengganggu ketika diminum langsung. 

2. Dicampur dengan Minuman

Minyak  kelapa bisa menambah cita rasa minuman agar makin lezat. Cara mengkonsumsi minyak kelapa yang baik adalah dengan mencampur pada jus buah dan sayur, smoothies, teh, susu dan kopi. Paduan minyak kelapa dalam minuman bisa mengubah teksturnya jadi lebih kental. Selain itu, aroma khas minyak kelapa membuat minuman jadi semakin menggoda untuk dinikmati. 

Takaran yang dianjurkan sekitar 1-2 sendok the setiap 1 gelas minuman. Campurkan ke dalam minuman yang sudah siap dikonsumsi, aduk rata. Jangan terlalu banyak menambahkan minyak kelapa ke minuman, supaya cita rasa asli minuman tidak hilang.

3. Pelengkap Makanan

Cara mengkonsumsi minyak kelapa lainnya, dengan menjadikannya pengganti minyak, butter atau margarin. Minyak kelapa bisa dijadikan campuran sup dan saus salad. Jika sahabat sehat ingin menambahkan langsung pada makanan, lebih baik dalam keadaan makanan tidak panas. Supaya, minyak kelapa tidak merusak tekstur makanan jadi dan cita rasanya bisa berpadu dengan baik. 

4. Untuk Memasak

Masakan yang diolah dengan minyak kelapa menghasilkan aroma yang khas. Sahabat sehat bisa memasak atau menumis aneka masakan dengan minyak kelapa. Untuk hasil terbaik pilih minyak kelapa yang diolah khusus untuk memasak. Minyak kelapa yang diolah khusus untuk memasak punya titik didih  tinggi, sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga digunakan dalam suhu tinggi. 

5. Memasak Nasi dengan Minyak Kelapa

Sahabat sehat, menambah minyak kelapa dalam memasak nasi dapat membuat nasi lebih sehat. Dengan mencampur beras dan minyak kelapa ketika dimasak, akan terjadi manipulasi kimia pati dalam beras. Pati pada beras dapat dicerna dengan lebih baik karena berubah menjadi pati resisten. Tanpa minyak kelapa, pati dari nasi putih akan cepat dicerna dan berubah menjadi glukosa dalam tubuh.

Berikut ini, cara memasak beras dengan minyak kelapa, berdasarkan tips dari Sudhair James, salah satu peneliti dari National Meeting and Exposition of American Chemical Society:

  • Didihkan air.
  • Sebelum menambah beras, tambahkan minyak kelapa.
  • Takarannya maksimal 3% dari berat beras yang akan dimasak.
  • Masukan beras, masak hingga matang.
  • Setelah matang, masukan nasi putih dalam kulkas sekitar 12 jam.
  • Panaskan kembali sebelum dikonsumsi.

Sahabat sehat, variasi dalam cara mengkonsumsi minyak kelapa sangat menarik, ya. Dengan 5 Cara mengkonsumsi minyak kelapa di atas, Sahabat sehat bisa memilih cara yang paling disukai atau bergantian menggunakannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah takaran minyak kelapa yang dikonsumsi, jangan terlalu berlebihan. Sahabat sehat juga perlu memilih jenis minyak kelapa untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. 

Referensi: Detik

Gambar oleh Huyền Lương Ngọc dari Pixabay