Home » Blog » Apakah Air Minum Anda Aman? Simak 4 Syarat Fisik Air Minum yang Sehat

Apakah Air Minum Anda Aman? Simak 4 Syarat Fisik Air Minum yang Sehat

syarat fisik air minum yang sehat

Agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, Sahabat Sehat harus meminum air putih yang cukup. Namun, apa jadinya jika air putih tersebut tidak memenuhi syarat kimiawi dan syarat fisik air minum yang sehat? Alih-alih memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air tersebut akan menyebabkan gejala kesehatan lainnya. 

Dengan demikian, penting bagi Sahabat Sehat untuk mengetahui ciri-ciri air minum yang sehat dan layak dikonsumsi agar air minum yang dikonsumsi tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Berikut penjelasannya untuk Sahabat Sehat. 

4 Syarat Fisik Air Minum yang Sehat

Air minum yang sehat harus memenuhi berbagai persyaratan yakni persyaratan mikrobiologi, kimiawi, dan juga fisik. Syarat mikrobiologis dapat dilihat dari ada atau tidaknya bakteri merugikan di dalam air tersebut, salah satunya adalah bakteri Salmonella sp yang dapat menyebabkan diare.

Syarat kimiawi berkaitan erat dengan kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Air minum yang sehat mengandung derajat keasaman yang sama, dan kandungan mineral. Air minum yang sehat mengandung Zn (seng), Mn (mangan), Cu (tembaga), serta Cl (klorida).

Ph air minum yang sehat adalah netral, yakni 7. Namun, air minum yang sehat dan layak dikonsumsi tidak boleh mengandung Hg (air raksa atau merkuri),  Cd (cadmium), Cr (kromium), dan Pb (timbal).

Lalu, bagaimana dengan syarat fisik air minum yang sehat? Kami telah menyiapkan penjelasannya di bawah ini khusus untuk Sahabat Sehat.

Jernih

Salah satu syarat air minum yang layak dikonsumsi adalah bentuk fisik yang jernih. Air minum yang jernih mengindikasikan bahwa air tersebut bersih dan bebas dari kandungan zat-zat yang berbahaya.

Seperti yang Sahabat Sehat ketahui, banyak air yang didapatkan dari sumber yang tercemar, seperti galian sumur yang dangkal, air yang terkontaminasi limbah, kuman, dan zat-zat berbahaya lainnya. 

Dari fakta tersebut, Sahabat Sehat sudah mengetahui bahwa air minum yang sehat memiliki ciri fisik yang jernih. Maka usahakan untuk selalu memperhatikan air yang akan dikonsumsi. 

Tidak Berbau

Air yang sehat dan layak untuk diminum tidak memiliki bau, baik mau menyengat maupun harum. Mengapa demikian? Jika air tersebut berbau, maka dapat dipastikan bahwa ada unsur asing yang mencemari air tersebut, salah satunya tercemar oleh bahan buangan.

Selain itu, air yang berbau juga disebabkan oleh proses penguraian senyawa organik karena bakteri-bakteri yang menghasilkan bau menyengat yang bisa bersifat sebagai racun. Maka dari itu, Sahabat Sehat harus lebih berhati-hati dalam memilih air minum.

Tidak Berasa

Syarat fisik dari air yang sehat dan layak untuk diminum adalah air yang tidak berasa. Jika Sahabat Sehat menyadari bahwa air yang diminum memiliki rasa yang tidak netral, maka Sahabat Sehat harus waspada akan bahaya kandungan air minum air tersebut.

Rasa pada air dapat dipengaruhi oleh bakteri yang dihasilkan dari limbah cair maupun limbah padat. Salah satu contohnya adalah pembuangan rumah tangga. 

Suhu Air 10 – 25 C

Dalam memilih air minum sehat yang layak konsumsi, Sahabat Sehat perlu memperhatikan suhu dari air tersebut. Syarat air minum yang sehat memiliki suhu sedang yakni sekitar 10 – 25 C.

Ketika air minum berada pada suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bau yang menyengat dan tidak sedap. Selain itu, suhu tinggi pada air juga akan memicu bakteri yang dapat mencemari air tersebut. Salah satu contohnya adalah bakteri coliform pada suhu air 37 C.

Itulah 4 syarat fisik air minum yang sehat dan layak untuk dikonsumsi. Jika Sahabat Sehat masih ragu dengan kualitas air yang dikonsumsi, Sahabat Sehat dapat mencoba Drinking Water Hydra Thera yang telah lulus uji dan persyaratan.

 

Referensi: Mallard Group, PPNI Jateng, Klikdokter

Gambar oleh Bruno /Germany dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.