Home » Blog » Inilah 8 Ciri-ciri Kulit Sehat Yang Mudah Diamati

Inilah 8 Ciri-ciri Kulit Sehat Yang Mudah Diamati

Kesehatan kulit tubuh dapat diukur secara visual dari tampilan atau penampakan permukaan kulit. Hal tersebut dikarenakan penampakan kulit tampak jelas oleh mata yang melihat. Tentu Sahabat sehat tidak ingin kepercayaan diri menurun karena kulit kering dan kasar, kan?

Maka dari itu, penting menjaga kesehatan kulit dengan memperhatikan ciri-ciri kulit sehat agar semakin mudah penanganannya.

Ciri-ciri Kulit Sehat Terawat

Kulit sehat terawat merupakan dambaan setiap orang, aura kecantikan alami akan semakin terpancar. Sebelum mengupayakan kulit sehat, mari pahami dahulu ciri-cirinya!

1. Kulit Wajah Bersih

Kulit sehat tentu bersih dari komedo, flek hitam bahkan jerawat. Sebab pada dasarnya, rutin membersihkan wajah dengan produk kecantikan yang tepat akan membersihkan kulit dari  kotoran, debu dan polusi selama beraktivitas seharian.

2. Kulit Wajah Lembab

Beberapa orang salah mengartikan kulit lembab dengan kulit berminyak, keduanya sungguh berbeda. Kulit lembab tampak segar, tidak kering, tidak kusam. Sedangkan kulit berminyak cenderung kusam dan tak bercahaya.

Kondisi kulit lembab tentu memberikan efek lembut dan halus pada permukaan kulit. Perlakuan dan perawatan kulit teratur menjadikan wajah lembab ternutrisi.

3. Kulit Wajah Terasa Halus dan Lembut

Ciri kulit sehat bisa Anda rasakan teksturnya yang lembut dan halus ketika diraba, tidak menyisakan bercak putih bila tergores. Jika menimbulkan bercak putih, dapat jadi pertanda kulit kering dan kurang terhidrasi.  Sahabat sehat bisa buktikan sendiri sekarang! Sudah halus dan lembutkah?

4. Warna Kulit Rata

Bukan hanya satu warna kulit, ada banyak warna kulit dengan keindahan masing-masing. Ciri-ciri kulit sehat akan menampilkan warna merata seluruh tubuh sesuai dengan warna kulit asli. Misalnya warna kulit asli sawo matang, maka kulit lainnya akan berwarna sama. Warna kulit tak rata atau belang bisa jadi tanda kurangnya perawatan, loh!

5. Tanpa Keluhan Berarti

Kulit sehat cenderung jarang mendapatkan masalah kulit seperti iritasi, kemerahan, inflamasi jerawat dan lain sebagainya. Permasalahan kulit sangat kompleks dan beragam, bisa diakibatkan salah produk perawatan atau faktor hormonal dan kebersihan diri. Seseorang yang tidak merawat kulit tubuh akan beresiko lebih tinggi mudah mengalami keluhan kulit.

6. Kulit Kencang dan Kenyal

Kulit kencang dan kenyal sangat indah dipandang, sebab komposisi nutrisi pada wajah terasa sangat pas untuk dilihat. Sahabat sehat juga bisa mengukur kekenyalan kulit dengan sedikit mencubit, bila membekas berarti menandakan elastisitas kulit kurang. Begitu pun sebaliknya elastisitas kulit baik jika setelah dicubit langsung kembali semula.

Hidrasi sangat berpengaruh pada kekencangan dan kekenyalan kulit, air berperan penting untuk menghidrasi kulit.

7. Kulit Berkilau Alami

Kulit yang sehat akan memancarkan cahaya alami, bahkan hanya dengan sedikit pemoles wajah. Keshatan kulit merupakan manifestasi dari kesadaran diri untuk memberikan waktu melakukan perawatan kulit secara alami dan penuh ketelatenan. Sel kulit mati tidak akan menumpuk bersama kotoran, sehingga wajah selalu bersih dan berkilau.

8. Kulit Terlihat Segar

Kulit ternutrisi akan memancarkan keindahan dari dalam, ajaibnya lagi, kulit akan tampak berserk-seri dan tidak pucat sehingga memberikan kesan fresh.

Kesadaran diri untuk merawat tubuh harus dimulai sedini mungkin untuk investasi kecantikan hingga hari tua, pastikan pula tepat memilih produk kecantikan tanpa efek samping berbahaya. Yuk, temui beberapa rekomendasinya di sini. Ada penawaran khusus, tuh!

 

Referensi: Insider

Gambar dari Ron Lach (Pexel)