Home » Blog » Awas Salah Pilih! Ini 5 Tips Membeli Sabun Mandi untuk Kulit Gatal Alergi

Awas Salah Pilih! Ini 5 Tips Membeli Sabun Mandi untuk Kulit Gatal Alergi

sabun mandi untuk kulit gatal alergi

Penyebab kulit gatal alergi bisa beragam. Salah satu faktor karena membeli sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit. Ada beberapa zat kimia dalam sabun yang berisiko menyebabkan alergi. Selain itu, faktor bakteri, debu, penyakit kulit juga bisa menyebabkan gatal alergi. Untuk mengatasinya Sahabat sehat perlu menggunakan sabun mandi untuk kulit gatal alergi. Mari simak membeli sabun yang tepat untuk atasi gatal alergi!

Pilih Jenis Sabun Cair

Kulit gatal alergi salah satu penyebabnya adalah kelembaban kulit hilang saat mandi. Gatal alergi bisa disebabkan karena salah memilih jenis sabun. Selain itu, jika menggunakan sabun batang lebih untuk satu orang juga bisa menjadi penyebab gatal dan alergi. Maka, penting membeli sabun mandi untuk kulit gatal alergi yang tepat sesuai kebutuhan kulit. 

Sabun cair lebih higienis dan lebih lembut di kulit. Jika Sahabat sehat punya masalah kulit gatal alergi, maka pilihlah jenis sabun cair. Pilih sabun yang punya manfaat melembabkan untuk jenis kulit kering dan sensitif. Hal ini untuk mengurangi risiko iritasi dan alergi. 

Pilih yang Mengandung Komposisi Alami

Sabun mandi untuk kulit gatal alergi sebaiknya terbuat dari komposisi dan formula yang alami. Kini, ada beberapa sabun yang terbuat dari bahan vegan dan organik sehingga lebih minim risiko alergi. Sabun dengan komposisi alami akan membawa manfaat dari nutrisi bahan alami tersebut untuk mengatasi rasa gatal. Sabun yang mengandung organic coconut oil atau organic olive oil cocok untuk mengatasi gatal alergi pada kulit.

Hindari Formula Keras yang Menyebabkan Iritasi

Sebelum membeli sabun mandi untuk kulit gatal alergi, cermati bagian komposisi sabun. Beberapa komposisi atau formula sabun terbuat dari zat kimia keras. Zat kimia rentan menyebabkan iritasi khususnya pada kulit sensitif. Sebaiknya pilih sabun dengan formula ringan dan alami. Hindari sabun yang mengandung pengawet sintetis seperti paraben, detergen, pengental sabun atau busa buatan. 

Pilih Sabun yang Aman untuk Kulit Sensitif

Kenali formula pada sabun yang dapat menyebabkan alergi. Hal ini bisa berbeda tiap orang tergantung jenis kulitnya. Maka, memilih sabun sesuai jenis dan kebutuhan kulit sangat penting. Khususnya untuk pemilik kulit sangat sensitif rentan alergi terhadap zat sulfur,  glycolic acid, salicylic acid atau AHA. Pilih sabun yang mengandung minyak alami untuk memberi kelembaban ekstra sehingga kulit lebih sehat dan tidak mudah iritasi dan alergi. 

Pilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Belilah sabun mandi untuk kulit gatal alergi dengan PH seimbang sesuai jenis kulit. Sabun untuk kulit kering sebaiknya menggunakan sabun dengan kandungan minyak zaitun, minyak kelapa alami, aloe vera atau cocoa butter. Beberapa komposisi tersebut berguna untuk melembabakan kulit kering.

Kulit berminyak sebaiknya memilih sabun berbahan ringan dan menyegarkan seperti madu, ekstrak mawar atau buah citrus. Bahan alami tersebut cocok untuk mengatasi produksi minyak berlebih namun tetap menjaga kulit lembut dan sehat. 

 

Sahabat sehat, tidak perlu bingung jika ingin membeli Sabun mandi untuk kulit gatal alergi. Dr. Bronner’s adalah salah satu brand sabun terbaik dari USA. Dr. Bronner’s sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun memproduksi sabun organik untuk kesehatan kulit. Sabun  Dr. Bronner’s terbuat dari bahan vegan organik, tanpa zat kimia berbahaya dan aman untuk semua jenis kulit. Sahabat sehat bisa mendapatkan sabun mandi untuk kulit gatal alergi berkualitas di SESA.ID.

 

Referensi: Alodokter