Home » Blog » 4 Minuman Probiotik Sehat Ini Bisa Buat Pencernaan Sehat dan Lancar, Apa Saja?

4 Minuman Probiotik Sehat Ini Bisa Buat Pencernaan Sehat dan Lancar, Apa Saja?

contoh minuman probiotik

contoh minuman probiotik – Apakah Sahabat Sehat sudah familiar dengan istilah probiotik? Kalau Sahabat Sehat ingin selalu menjaga kesehatan tubuh luar-dalam, Sahabat Sehat harus menjaga kesehatan pencernaan, yang bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi probiotik.

Tapi, probiotik ini beda dengan antibiotik, ya! Antibiotik sendiri bersifat untuk membunuh atau menghancurkan bakteri, termasuk bakteri baik. Sementara itu, probiotik sendiri adalah bakteri, tapi bakteri probiotik adalah bakteri baik.

Probiotik secara garis besar bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dan karena sistem pencernaan berkaitan erat dengan daya tahan tubuh alias imunitas, artinya Sahabat Sehat bisa jaga kesehatan tubuh mulai dari memperhatikan kesehatan pencernaan, kan?

Lalu, bagaimana caranya Sahabat Sehat bisa mendapatkan asupan probiotik setiap hari, ya? Salah satu cara untuk mengonsumsi probiotik adalah lewat suplemen. Tapi, Sahabat Sehat juga bisa mendapatkan bakteri baik untuk pencernaan lewat makanan dan minuman probiotik, lho!

Contoh Minuman Probiotik untuk Kesehatan Pencernaan

Kalau begitu, apa saja ya contoh minuman probiotik? Sahabat Sehat bisa simak daftarnya berikut ini plus berbagai khasiat khusus yang dapat dirasakan oleh tubuh. Selamat membaca!

Yogurt.

Yogurt adalah salah satu sumber probiotik terbaik dan mengandung bakteri baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Yogurt yang selama ini dikenal adalah yogurt yang berbahan dasar dari susu (dairy yogurt), yang kemudian difermentasi dengan bakteri baik. Biasanya, bakteri yang digunakan adalah bakteri lactic acid dan bifidobacterial.

Konsumsi yogurt secara rutin tak hanya bisa memperlancar pencernaan, tapi juga mengatasi diare, terutama yang disebabkan oleh antibiotik. Yogurt juga bisa meningkatkan kesehatan tulang, dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Yogurt kelapa (coconut yogurt).

Yogurt kelapa alias coconut yogurt ini adalah alternatif dari dairy yogurt karena berbahan dasar tanaman. Jadi, bagi Sahabat Sehat yang vegan, yogurt kelapa bisa jadi alternatif yang tepat karena terbuat dari coconut milk alias santan. Selain itu, yogurt kelapa juga bebas laktosa, yang membuatnya juga aman dikonsumsi jika Sahabat Sehat memiliki intoleransi laktosa.

Karena yogurt kelapa dibuat lewat proses fermentasi antara kelapa dengan kultur bakteri hidup, contoh minuman probiotik yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. 

Kefir.

Kefir adalah minuman probiotik yang terbuat dari susu, terutama susu sapi atau kambing. Hanya saja, dalam pembuatannya, bahan utama susu yang digunakan diproses dengan menambahkan bulir-bulir kefir, yang merupakan kultur ragi dan bakteri lactic acid.

Minuman ini telah diteliti mampu meningkatkan kesehatan tulang serta mengatasi beberapa masalah pencernaan. Di samping itu, kefir juga dapat melindungi tubuh dari risiko infeksi. Bahkan, kefir merupakan sumber probiotik yang lebih baik daripada yogurt.

Kombucha.

Minuman probiotik yang satu ini tengah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, kombucha sendiri sebenarnya sudah umum dikonsumsi, terutama di beberapa negara Asia. Sahabat Sehat bisa mendapatkan kombucha berkualitas dengan mudah di sini sesa.id.

Kombucha merupakan teh hijau atau teh hitam yang sudah difermentasi dengan koloni bakteri dan ragi yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Karena proses pembuatannya ini, kombucha pun memiliki manfaat untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan pencernaan, yang juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan berkat kandungan probiotik di dalamnya.

Selain keempat contoh minuman probiotik di atas, probiotik juga bisa Sahabat Sehat temukan di berbagai jenis makanan lainnya. Salah satunya adalah tempe, yang tentu sudah sangat familiar bagi Sahabat Sehat, kan? Selain itu, kimchi, acar timun yang telah difermentasi, miso, dan sauerkraut adalah beberapa contoh makanan sumber probiotik lainnya yang bisa Sahabat Sehat konsumsi.

Referensi: Healthline, Livestrong
Gambar oleh LyraSid dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.