Home » Blog » Apa itu Gula Kastor? Ini Pengertian dan Fakta-Faktanya

Apa itu Gula Kastor? Ini Pengertian dan Fakta-Faktanya

gula castor adalah

Dalam membuat kue, ada cukup banyak nama macam gula yang bisa ditemukan di resep. Gula kastor adalah salah satu di antaranya. Gula ini mempunyai sebutan dalam Bahasa Inggris castor sugar atau caster sugar

Sebagian orang, mungkin termasuk juga Sahabat Sehat masih cukup asing dan bingung tentang apa itu gula kastor? Bentuknya seperti apa? Apa kegunaannya? Lalu masih banyak hal lainnya. 

Nah, supaya Sahabat Sehat lebih mudah paham mengenai gula yang satu ini, berikut akan ada penjelasannya. 

Gula Kastor Itu Apa? Ini Definisinya

Gula kastor adalah istilah yang digunakan untuk gula yang halus sekali. Gula yang satu ini mempunyai tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan gula pasir. Hal itu karena sifat gula yang sudah bercampur sehingga sering untuk dipakai sebagai bahan campuran pemanis pada adonan pastry, adonan kue, adonan cookie dan lain sebagainya. Gula kastor mempunyai warna yang putih bersih. 

Gula ini pun dikenal sebagian orang sebagai gula halus. Dimana gula tersebut bisa dipakai di adonan dikocok maupun untuk taburan makanan seperti buah segar. Walaupun gula kastor daripada gula pasir mempunyai tekstur yang lebih halus, namun tetap ada butirannya, jadi tidak sama dengan gula halus bubuk. 

Konsistensi dari gula kastor ada pada tengah-tengah gula pasir dengan gula bubuk. Jenis dari gula kastor ada dua, yaitu yang mempunyai warna putih dan mempunyai warna kecoklatan (varietas biasa dan emas). 

Pemakaian Caster Sugar Pada Makanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika gula kastor punya tekstur lebih ringan dibandingkan gula pasir. Maka dari itu, gula ini cocok sekali untuk digunakan dalam pembuatan mousse, meringue, soufflé, dan bisa juga untuk membuat lebih manis whipped cream atau cream kocok. Butirannya yang halus membuatnya lebih mudah dan cepat untuk larut ke dalam campuran krim serta putih telur. 

Selain itu, gula kastor juga bisa Sahabat Sehat gunakan untuk menambah volume kue kering atau cookie, serta cake. Lainnya lagi bisa digunakan untuk tambahan sorbet dan taburan makanan, buah-buahan hingga campuran untuk minuman dingin. 

Walaupun gula kastor masuk dalam kategori gula halus, akan tetapi gula ini tidak dianjurkan untuk Sahabat Sehat gunakan pada icing, frosting maupun buttercream. Hal itu karen butiran gula kastor yang tak cukup halus. Apabila Sahabat Sehat tetap menggunakannya untuk itu, maka hasil adonan krim yang didapatkan menjadi berpasir sehingga kurang menarik dan tidak terlalu cocok untuk dijadikan sebagai hiasan.  

Perbedaan Antara Gula Kastor serta Gula Halus Bubuk 

Gula halus bubuk merupakan gula yang memang sangat halus dan mempunyai tekstur seperti tepung. Gula ini juga dipakai dalam pembuatan roti. Biasanya gula ini didapatkan dari gula pasir yang digiling dengan sangat halus sampai teksturnya seperti tepung. Selain itu, tepung jagung sering ditambahkan ke dalam gula ini. 

Perbedaan antara gula kastor serta gula bubuk halus dapat dilihat dari teksturnya. Selain itu, bahan pembuatnya pun berbeda. Meskipun sama-sama dari gula tebu, namun bila gula kastor tidak ditambahkan tepung jagung. 

Ada banyak jenis gula yang bisa Sahabat Sehat gunakan untuk membuat makanan atau minuman. Gula kastor adalah salah satu yang bisa Sahabat Sehat pakai tersebut. Untuk tingkat kemanisan makanan atau rotinya sendiri, Sahabat Sehat bisa menyesuaikan dengan selera.

Namun yang perlu diingat, jika sesuatu yang berlebihan seperti makanan terlalu manis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Referensi: Kompas, Okezone

Gambar oleh Meine Reise geht hier leider zu Ende. Märchen beginnen mit dari Pixabay