Home » Blog » Apakah Ada Hand Sanitizer yang Aman untuk Bayi?

Apakah Ada Hand Sanitizer yang Aman untuk Bayi?

hand sanitizer yang aman untuk bayi

hand sanitizer yang aman untuk bayi – Di tengah adanya pandemi virus corona COVID-19 yang hingga saat ini masih banyak memakan korban, perlu untuk Sahabat Sehat selalu menjaga kesehatan dan juga kebersihan.

Salah satunya yaitu dengan mencuci tangan, baik dengan menggunakan air yang dialirkan dan sabun atau juga menggunakan hand sanitizer. Namun, bagi Sahabat Sehat yang memiliki si kecil yang masih bayi, benarkah ada hand sanitizer yang aman untuk bayi?

Hand sanitizer berisi bahan alkohol yang bentuknya seperti cairan atau gel, yang berfungsi membantu membersihkan tangan dari berbagai bakteri dan kotoran yang menempel. Apakah penggunaan bahan tersebut dalam hand sanitizer aman untuk bayi? Simak penjelasan yang ada di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Efek Penggunaan Hand Sanitizer untuk Kulit Bayi

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan hand sanitizer sendiri lebih mudah dan praktis karena dapat digunakan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Namun, sebenarnya hal ini tidak lebih baik dari cara mencuci tangan menggunakan sabun dan juga air yang mengalir yang lebih efektif untuk membersihkan tangan.

Penggunaan hand sanitizer ini sendiri sebenarnya hanya sebagai bentuk alternatif jika memang tidak dapat ditemukan tempat untuk melakukan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun ini.

Terkait dengan penggunaan hand sanitizer untuk bayi sendiri, perlu untuk Sahabat Sehat pahami bahwa bayi memiliki kulit yang masih termasuk sangat sensitif dan juga lembut. Sifat kulit bayi yang seperti ini membuatnya lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit yang dapat menyerang mereka kapan saja.

Di dalam hand sanitizer terdapat kandungan alkohol yang cukup tinggi dan jika digunakan pada kulit bayi maka akan dapat dengan mudah menyebabkan adanya iritasi yang muncul. Alkohol ini sendiri sifatnya juga dapat membuat kulit menjadi lebih mudah kering sehingga kulit akan lebih mudah untuk terkena gatal hingga juga infeksi.

Jika ada orang yang menyarankan penggunaan hand sanitizer yang aman untuk bayi, tapi ternyata mengandung kadar alkohol tinggi, lebih baik untuk dihindari. Karena kulitnya tidak dapat bersentuhan dengan berbagai bahan kimia secara sembarangan.

Akan lebih baik lagi jika tangan bayi dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun saja yang lebih aman atau juga dapat menggunakan tisu basah khusus untuk kulit bayi.

Tips Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Bayi Selama Pandemi

Tidak hanya menjaga kesehatan dengan menggunakan cara lain dari penggunaan hand sanitizer seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, tetapi juga penting untuk juga menjaga kesehatannya. Berikut ini merupakan tips yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk menjaga kesehatan si bayi, diantaranya:

  1. Bayi tetap diberikan ASI secara eksklusif agar tetap terjaga kondisi daya tahan tubuh yang dimiliki oleh bayi.
  2. Jika sudah dapat mengkonsumsi makanan pengganti ASI, maka berikan makanan dengan nutrisi yang mencukupi.
  3. Sebelum menyentuh bayi, pastikan Sahabat Sehat sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Tidak hanya saat itu saja, tetapi juga saat akan memandikan, menyiapkan makanan, hingga juga ketika akan menggendongnya.
  4. Mengingat bahwa bayi masih cukup rentan, lebih baik untuk tidak dibawa ke tempat dengan banyak orang terlebih dahulu.

Sahabat Sehat dapat menggantikan hand sanitizer dengan cara lain untuk menjaga kesehatan bayi. Selalu jaga kesehatan diri dan juga orang di sekitar agar terhindar dari adanya virus corona COVID-19.

Referensi : Alodokter 

Credit Gambar Instagram Dr. Bronner Indonesia