Home » Blog » Ternyata Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Ternyata Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

manfaat minyak kelapa untuk kulit berminyak dan berjerawat
Photo by Tijana Drndarski from Pexels

Jerawat sudah pasti menjadi sesuatu yang mengganggu bagi siapa pun. Problem ini berlaku bagi wanita maupun pria. Memang saat ini ada banyak obat jerawat yang ditawarkan. Tapi, kalau ada bahan alami mengapa harus memakai yang kimia? Di sini akan diulas manfaat minyak kelapa untuk wajah berjerawat dan berminyak.

Ya, benar, minyak kelapa bisa berguna juga untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Sebenarnya ini adalah suatu kondisi yang umum dan wajar. Namun, bagi sebagian orang, minyak berlebih pada wajah bisa jadi menganggu. Apalagi untuk mereka yang menggunakan make up, hasilnya tak akan maksimal. Kalau memiliki kondisi kulit serupa, baca ulasan artikel ini sampai selesai.

Efek Menggunakan Minyak Kelapa Pada Wajah Berjerawat dan Berminyak

Manfaat minyak kelapa untuk wajah berjerawat dan berminyak bisa dirasakan oleh siapa saja. Sebab bahan ini organik sehingga aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Buat yang baru mau mencoba, simak khasiat yang akan diterima kalau rutin menggunakannya:

1. Mengurangi Radang Akibat Bakteri

Dalam minyak kelapa terdapat kandungan anti radang. Jerawat yang ditimbulkan oleh bakteri bisa dipulihkan oleh minyak kelapa. Kandungan tersebut akan bekerja mematikan bakteri sehingga peradangan berkurang. Untuk diketahui, nama senyawa yang bermanfaat ini adalah Propionibacterium Acnes dan Capric Acid.

2. Meratakan Warna Kulit

Ketika jerawat telah kering atau menghilang, biasanya meninggalkan bekas di kulit wajah. Pasti hal ini tidak akan menyenangkan, apalagi terlihat begitu kentara. Cara untuk memulihkannya bisa dengan mengolesi minyak kelapa. Perlahan warna kulit yang berbeda tersebut bisa merata seperti kulit lainnya. Pakailah minyak kelapa dengan rajin dan perhatikan perubahannya.

3. Melembapkan Kulit

Seseorang yang memiliki kulit berjerawat pasti tidak mudah dalam memilih skin care. Begitu pun dengan kulit berminyak, banyak orang yang bingung saat membeli pelembap muka. Aplikasikan minyak kelapa tipis-tipis pada kapas, lalu usapkan perlahan pada wajah. Jangan terlalu banyak karena bagaimana pun minyak sifatnya menggumpal sehingga khawatir akan menutupi pori-pori.

4. Sebagai Make up Remover

Saat ini sudah banyak orang-orang yang beralih dari produk pabrik ke bahan organik. Salah satunya adalah make up remover. Kandungan dalam minyak kelapa mampu mengangkat make up pada wajah. Bagi yang memiliki wajah berjerawat atau berminyak, harus rajin membersihkan kulit wajahnya. Pastikan tidak ada make up tertinggal supaya tak mengundang bakteri atau kotoran menumpuk pada wajah.

5. Menyembuhkan Luka

Terkadang saat jerawat sudah pecah tak hanya meninggalkan noda di wajah, tetapi juga luka. Saat jerawat sedang luka, luar biasa perih rasanya. Untuk mengurangi rasa sakit, seseorang bisa menggunakan minyak kelapa. Ada kolagen dan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam minyak kelapa. Kedua senyawa ini akan membantu dalam proses penyembuhan supaya lebih cepat.

Cara Pakai yang Benar

Apabila Anda hendak memakai minyak kelapa, cukup menuangkannya sedikit di atas kapas, lalu usap perlahan ke wajah. Cara lainnya bisa juga dengan ditotol-totol sedikit pada area yang diperlukan. Jangan tumpahkan minyak kelapa terlalu banyak karena dapat meninggalkan residu. Kalau mau dijadikan masker, bilas bersih dengan air hangat supaya seluruh minyak terangkat dari wajah.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini untuk perawatan wajah. Ingat, manfaat minyak kelapa untuk wajah berjerawat dan berminyak akan tampak apabila Anda rajin mengoleskannya. Sebab, minyak ini adalah bahan organik jadi hasilnya tak akan instan. Walaupun begitu, Anda harus mencobanya karena efektif ampuh dan terbukti pada banyak orang.

 

Referensi:

Fimela, Sehatq, Tempo Cantik

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.