fbpx
Skip to content
Home » Blog » Kenapa Ibu Hamil Sering Mengantuk, Ketahui Sekarang!

Kenapa Ibu Hamil Sering Mengantuk, Ketahui Sekarang!

kenapa ibu hamil sering mengantuk

Kenapa ibu hamil sering mengantuk? Banyak yang mengatakan alasannya karena kemalasan si ibu hamil sendiri. Padahal belum tentu demikian, ada banyak alasan mengapa wanita yang berbadan dua sering mengantuk.

Salah satunya disebabkan kelelahan, ini memang sangat umum terjadi pada usia awal, tengah, maupun akhir kehamilan. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat rasa lelah serta kantuk muncul pada wanita hamil. Apa saja, simak penjelasan berikut.

DAPATKAN KEBUTUHAN IBU HAMIL ORGANIK DAN AMAN DI SESA.ID

Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Mengantuk

Sahabat Sehat mungkin sering melihat ibu hamil yang tertidur dengan mudah karena lelah. Hal ini wajar, karena memang ada alasan mendasarinya. Apa saja alasan tersebut? Mari simak beberapa di antaranya:

  1. Perubahan Hormon

Sudah diketahui secara umum bahwa ibu hamil memiliki hormon tidak stabil. Selain sering menangis sendiri, juga kerap merasa lelah kemudian tertidur. Ini wajar, karena adanya peningkatan hormon progesteron.

Adanya hormon ini memicu rasa kantuk pada masa kehamilan. Selain itu, juga terjadi penurunan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Hal ini menyebabkan rasa kantuk mudah datang di siang hari sehingga tidur tidak nyenyak di malam hari.

  1. Mual dan Muntah

Kenapa ibu hamil sering mengantuk, salah satu alasannya karena mengalami mual serta muntah di pagi hari atau morning sickness. Bahkan mual dan muntah ini tidak saja terjadi pada pagi hari, tapi bisa sepanjang hari.

Mual dan muntah memakan banyak tenaga sehingga sangat memungkinkan membuat ibu hamil kurang bersemangat dalam beraktivitas dan akhirnya kelelahan lalu mengantuk.

BACA JUGA: 

  1. Perubahan Emosional

Berkaitan dengan perubahan hormon serta kondisi fisik, maka wanita dalam masa kehamilan sering mengalami perubahan emosional. Ada banyak hal yang dicemaskan, mulai dari kehamilan, kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, juga hal lainnya.

Sahabat Sehat patut berhati-hati dengan kondisi emosional ini, jangan sampai menimbulkan stres. Sebaiknya, kurangi berpikiran negatif serta usahakan untuk menanamkan pikiran positif.

  1. Penambahan Berat Badan Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Mengantuk

Kenapa ibu hamil sering mengantuk, alasan lainnya adalah karena bertambahnya berat badan, terutama pada masa akhir kehamilan. Kelelahan cenderung lebih cepat datang sehingga memicu kantuk.

Apalagi jika Sahabat Sehat mengalami kesulitan tidur di malam hari, maka akan semakin cepat lelah di siang hari.

  1. Anemia

Jika ada wanita dalam masa kehamilan sering tertidur atau rebahan, bukan berarti karena malas. Hal ini bisa saja disebabkan kekurangan zat besi atau anemia. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan meresepkan penambah zat besi bagi ibu hamil.

Tips Menjaga Semangat pada Masa Kehamilan

Masa kehamilan memang berat, tapi bukan berarti Sahabat Sehat menjadikannya sebagai alasan bermalas-malasan. Ketika rasa lelah dan kantuk datang terlalu sering, ada beberapa tips agar tetap bisa bersemangat, yaitu:

  1. Istirahat Setiap Kali Merasa Lelah

Kenapa ibu hamil sering mengantuk, alasannya karena lelah. Namun, jika hanya tiduran saja seharian justru akan menimbulkan kebiasaan malas dan rasa lelah juga tidak kunjung hilang.

Paling baik adalah Sahabat Sehat tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Hanya saja, pilih kegiatan yang ringan dan jangan lupa beristirahat ketika benar-benar lelah. Sisipkan waktu untuk tidur siang dan tidur malam lebih awal.

  1. Sebaiknya Tidak Minum Terlalu Banyak Menjelang Tidur

Penting untuk meperhatikan asupan air sebelum tidur. Sebaiknya, tidak minum terlalu banyak di malam hari terutama menjelang waktu tidur. Sebab akan membuat Sahabat Sehat sering terbangun untuk buang air kecil.

  1. Perhatikan Asupan Makanan, Porsi, dan Waktu Konsumsinya

Kenapa ibu hamil sering mengantuk, bisa jadi karena kekurangan atau kelebihan makan. Ya, makanan juga berpengaruh pada semangat beraktivitas saat masa kehamilan.

Paling baik adalah memilih makanan atau camilan sehat selama masa kehamilan dan dikonsumsi setiap beberapa jam. Porsinya juga tidak boleh terlalu banyak dalam sekali konsumsi dan dikonsumsi dengan pengaturan jam.

Misalnya, mengonsumsi apel sebagai camilan pagi di jam 10, kemudian makan siang seperti biasa, lalu mengonsumsi roti gandum dengan irisan ayam untuk camilan pukul 3 sore.

Roti Cokelat Organik

Roti Cokelat Organik

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan sehat menjadi salah satu syarat agar tidak sering merasa lelah dan mengantuk pada masa kehamilan. Buah yang dikonsumsi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan sayuran segar lainnya.

Untuk buah bisa anggur, apel, alpukat, pisang, dan hindari buah-buahan bergas seperti durian. Buah dan sayuran bisa dikonsumsi bergiliran sehingga efeknya benar-benar terasa bagi tubuh.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Kenapa ibu hamil sering mengantuk, salah satunya karena kurang beraktivitas. Kehamilan jangan dijadikan alasan untuk bermalasan, justru harus tetap melakukan aktivitas fisik.

Namun, pilih aktivitas yang tidak terlalu berat. Selama hamil tidak boleh melakukan pekerjaan berat, apalagi mengangangkat beban. Sahabat sehat bisa melakukan pekerjaan ringan dan memilih jenis olahraga ringan.

Misalnya melakukan kegiatan menyapu, memasak, dan olahraga yoga hamil. Namun, ingat apabila Sahabat Sehat merasa benar-benar lelah sebaiknya segera beristirahat. Sebab aktivitas fisik yang dilakukan juga tidak boleh dipaksakan.

Ibu hamil bukan orang yang pemalas atau suka menjadikan kehamilannya sebagai alasan bermalasan. Kemalasan seorang wanita yang tengah berbadan dua sangat beralasan, sebab sering merasa lelah sehingga menyebabkan kantuk datang.

Kenapa ibu hamil sering mengantuk alasannya cukup banyak, terutama karena perubahan kondisi tubuh, emosional, hormon, dan berbagai alasan lainnya.

  1.  https://www.alodokter.com/bukan-malas-ibu-hamil-sering-lelah-karena-5-alasan-ini#:~:text=Perubahan%20hormon,tekanan%20darah%20dan%20kadar%20gula.
  2. https://health.kompas.com/read/2020/08/11/060000868/4-penyebab-ibu-hamil-sering-merasa-cepat-lelah-dan-mengantuk?page=all