fbpx
Skip to content
Home » Blog » Apa Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Apa Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan?

apa boleh ibu hamil makan mie instan

Sebenarnya, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Pasti rasanya dilema sekali ketika ada anggapan makan mie instan itu tidak boleh saat mengandung. Sementara, rasanya mulut tidak berselera menyantap apapun selain menikmati semangkuk mie rebus plus telur.

Di sini kami akan mengupas tuntas seputar kandungan dalam kudapan tersebut sekaligus menjawab pertanyaan boleh atau tidak konsumsi makanan berkuah itu. Supaya memiliki alasan jelas boleh dan tidak boleh, mari simak penjelasannya secara tuntas.

DAPATKAN MIE INSTAN DAN PASTA SEHAT & ORGANIK DI SESA.ID

Kenali Kandungan dalam Mie Instan

Untuk menjawab pertanyaan, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Mari sama-sama perhatikan dulu kandungan dalam makanan siap saji itu ada apa saja. Komposisi utama dalam makanan siap saji ini adalah tepung terigu sebagai sumber karbohidrat.

Sebenarnya ada ketetapan WHO yang wajib dipatuhi semua produsen produk makanan siap saji apapun. Produsen wajib menambahkan kandungan vitamin A, B, asam folat, zinc, dan juga zat besi untuk setiap produknya dengan kadar yang telah ditetapkan.

Mie Instan Mie Goreng Organic Center

Mie Instan Goreng – Organic Center

Kandungan-kandungan tersebut memang baik, akan tetapi di sisi lain, makanan siap saji ini juga mengandung pengawet, penguat rasa, bahkan pewarna. Sebenarnya kadar tiap pengawet, penguat rasa, dan pewarna sudah ditetapkan dalam batas normal.

Namun, konsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering menyebabkan berbagai ancaman kesehatan. Jadi, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Jika konsumsi dalam jumlah banyak, tentu berbahaya. Sekalipun yang memakannya tidak sedang mengandung.

Sebaiknya konsumsi makanan satu ini tidak lebih dari dua kali seminggu. Karena berdasarkan penelitian di Korea Selatan konsumsi sebanyak 2 kali per minggu saja bisa mengakibatkan sindrom metabolik. Yakni, kondisi di mana terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Gangguan-gangguan kesehatan yang dimaksud adalah terjadinya tekanan darah tinggi, penumpukan lemak di perut, tingginya gula darah, kolesterol baik menurun, dan trigliserida tinggi. Berbagai kondisi tersebut dapat memberikan dampak bahaya saat kehamilan.

Noodle Kale Ladang Lima

Mie Instan Kale – Ladang Lima 

Ketika tubuh mengalami semua gangguan kesehatan tersebut, pada saat itulah sindrom metabolik menyerang tubuh. Jika dialami ketika masa mengandung maka bahayanya bisa berlipat ganda karena juga menyangkut kesehatan janin dalam kandungan.

BACA JUGA: 

Apa Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Salah satu bahaya mengonsumsi makanan siap saji ini terlalu banyak adalah tingginya tekanan darah. Sementara untuk kondisi sedang mengandung, tekanan darah yang tinggi bisa memicu resiko berbahaya, bukan hanya untuk ibu, tetapi juga untuk janin.

Kandungan garam yang tinggi menjadi pemicu naiknya tekanan darah pada saat mengandung. Jadi, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Jawabannya boleh saja, asalkan porsinya diperhatikan betul supaya tidak berlebihan dan memicu banyak penyakit.

Mie Instant Ayam Bawang Organic Center

Mie Instant Ayam Bawang – Organic Center

Konsumsi makanan siap saji adalah solusi cepat dan tepat ketika perut sudah merasa kelaparan, tetapi tidak ada waktu banyak untuk menyiapkan makanan. Apalagi kondisi serba cepat menjadi tuntutan untuk wanita yang sedang mengandung, tetapi juga bekerja.

Metabolisme tubuh ketika mengandung menjadi lebih lambat sehingga membuat pergerakan juga tidak bisa gesit. Sementara ketika perut lapar, hendak memesan makanan sekalipun membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan memasak makanan siap saji.

Sebenarnya untuk makanan siap saji apapun tidak ada pantangan selama masa kehamilan. Semua asalkan disesuaikan dengan porsinya. Terlebih, sekarang sudah banyak dijual produk makanan siap saji dengan komposisi bahan-bahan lebih sehat dan organik.

Terjawab sudah pertanyaan, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Jadi, jawabannya boleh saja, ya, Sahabat Sehat. Asalkan porsinya tidak berlebihan dan tetap mengimbangi asupan makanan dengan berbagai kudapan bergizi serta bernutrisi lainnya.

Tips Aman Mengonsumsi Mie Instan Saat Hamil

Indonesia dan mie instan sepertinya dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Rasanya yang nikmat dan penyajiannya yang cepat menjadi solusi kelaparan untuk semua orang. Tetapi, saat hamil pastikan Sahabat Sehat memperhatikan hal-hal ini untuk menjaga janin:

  1. Rebus mie dengan dua kali air, pertama buang airnya, kedua baru merebus air secara terpisah untuk dijadikan kuah
  2. Tambahkan bahan makanan bergizi lain, seperti sayuran sebagai sumber serat dan daging maupun telur sebagai sumber protein
  3. Kunci kenikmatan semangkuk mie ada pada bumbunya, namun justru bumbu ini yang menghadirkan banyak penguat rasa. Jadi, gunakan saja setengahnya atau Sahabat Sehat bisa membuat bumbu sendiri untuk menghindari hipertensi

Dengan tiga tips aman di atas, Sahabat Sehat sudah tidak perlu bertanya lagi, apa boleh ibu hamil makan mie instan? Asalkan semua tips dijalankan dengan sempurna maka kandungan kurang baik pada makanan siap saji tersebut dapat berkurang dengan sendirinya.

Menjaga kesehatan ketika dihadapkan pada waktu serba cepat dan kegiatan yang padat memang sangat melelahkan. Apalagi ditambah stress psikis yang secara perlahan menurunkan kualitas kesehatan tubuh.

  • https://www.alodokter.com/bolehkah-ibu-hamil-makan-mie-instan
  • https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/boleh-makan-mie-instan-saat-hamil/
  • https://www.prenagen.com/id/tips-aman-mengkonsumis-mie-instan-ibu-hamil