fbpx
Skip to content
Home » Blog » Rekomendasi 25 Buah untuk Bayi 6 Bulan untuk Daya Tahan dan Kesehatan

Rekomendasi 25 Buah untuk Bayi 6 Bulan untuk Daya Tahan dan Kesehatan

buah untuk bayi 6 bulan

Masa balita adalah masa-masa yang sangat penting dan krusial untuk pertumbuhan otak dan fisik mereka. Di masa-masa itulah pertumbuhan dan perkembangan mereka sangat pesat dan optimal. Untuk itulah sahabat sehat perlu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan sempurna bagi mereka, termasuk diantaranya adalah buah untuk bayi 6 bulan.

Buah-buahan dan sayuran bisa jadi sumber terbaik bagi sahabat sehat untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati. Bukan hanya perkembangan otak mereka, tapi juga bagi pembentukan sistem kekebalan tubuh.

DAPATKAN BUAH ORGANIK SEHAT DAN SEGAR DI SESA.ID

Inilah 25 buah untuk bayi 6 bulan yang bisa mendukung tumbuh kembang anak, dirangkum berdasarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Zat Besi

Zat besi memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang memiliki fungsi  sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh manusia. Tanpa adanya hemoglobin, maka sebagus dan sebanyak apapun oksigen yang anda dapatkan akan percuma saja.

Beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya adalah:

  1. Kismis
  2. Fig/Buah Tin
  3. Apel
  4. Pir
  5. Aprikot
  6. Peach
  7. Plum

Pear buah untuk bayi 6 bulan

Pear

Prebiotik

Selanjutnya ada prebiotik yang memiliki peranan penting dalam merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan si anak. Bakteri baik ini nantinya akan bersifat sebagai pelindung sistem pencernaan anak yang kemasukan bakteri jahat.

Beberapa sumber baik prebiotik diantaranya adalah:

  1. Jeruk Bali
  2. Semangka

Semangka Merah

Semangka

Seng

Mungkin kurang familiar, tapi seng merupakan mineral tubuh yang sangat penting dalam proses pembentukan jaringan baru. Kita tahu tiap harinya jaringan sel dalam tubuh kita berguguran. Seng inilah salah satu pondasi penting untuk melakukan regenerasi jaringan sel yang baru. Salah satu ciri seseorang kekurangan seng adalah saat terjadi luka, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyembuhannya.

BACA JUGA:

Beberapa buah-buahan yang kaya akan seng adalah:

  1. Delima
  2. Raspberry
  3. Loganberry
  4. Blackberry

Raspberry - Buah untuk Bayi 6 Bulan

Raspberry

Vitamin C

Peranan vitamin C di dalam sel darah putih untuk memberantas segala jenis infeksi sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain itu vitamin C juga merupakan antioksidan alami yang mampu melawan berbagai zat radikal bebas yang dapat mencelakakan tubuh.

Beberapa buah yang kaya akan vitamin C diantaranya adalah:

  1. Jambu biji
  2. Mangga
  3. Stroberi
  4. Nanas
  5. Pepaya
  6. Kiwi
  7. Jeruk
  8. Tomat
  9. Lemon

Jeruk Lemon Import

Lemon Import

Vitamin A

Terpenuhinya kebutuhan tubuh si kecil akan vitamin A dapat membuat sistem imunitas si anak jadi lebih solid. Hal tersebut karena vitamin A dapat membuat sel imun dalam tubuh bergerak secara aktif dan menyebarkan antibodi ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buah untuk bayi 6 bulan yang kaya akan vitamin A:

  • Yogurt
  • Keju
  • Telur
  • Sayur sayuran berwarna hijau kangkung, bayam dsb
  • Buah-buahan yang memiliki warna oranye

Selain itu ada juga beberapa buah khusus yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh si kecil, yaitu:

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kerap dikonsumsi apabila kita membutuhkan kalori atau karbohidrat dengan cepat dan tahan cukup lama. Serat tinggi yang terkandung dalam pisang juga sangat baik bagi sistem pencernaan si kecil.

Pisang sangat mudah dibawa kemana-mana karena kulitnya yang cukup bisa diandalkan untuk menjaga buahnya. Cara pemberian buah pisang pada bayi pun cukup mudah. Anda cukup mengelupas kulitnya dan menghaluskan buahnya lalu suapkan pada anak.

  1. Alpukat

Alpukat jadi salah satu buah yang kaya akan protein di dalamnya. Selain itu ada juga lemah tak jenuh yang tunggal yang sangat baik dalam pencegahan penyakit jantung. Berikan buah alpukat yang sudah dalam kondisi matang saja pada si kecil. Caranya sama yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

cara memililh alpukat mentega yang bagus

Alpukat

  1. Labu

Labu merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A. Selain itu ada kandungan lain seperti potasium, seng, dan magnesium yang baik bagi perkembangan si kecil. Labu sangat cocok sebagai buah untuk bayi 6 bulan.

Bagi anda yang mencari sumber buah-buahan dan sayuran yang segar, cek saja di sesa.id