Home » Blog » 5 Alasan Besar Wajib Jaga Kesehatan Kulit Sejak Dini

5 Alasan Besar Wajib Jaga Kesehatan Kulit Sejak Dini

kesehatan kulit

Kesehatan kulit sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lainnya, perlu perawatan dan perlakukan yang sama baiknya. Tindakan tepat dalam merawat kulit dapat menghindarkan berbagai resiko penyakit kulit akibat kotoran yang menempel.

Kesehatan kulit harus selalu diusahakan tidak hanya bagi wanita, melainkan pria pun wajib memperhatikan kondisi kulit mereka. Kini, perawatan kulit sangat mudah didapatkan, banyak produk yang dapat menunjang kesehatan kulit.

Namun, pernahkah Sahabat sehat memikirkan alasan mengapa wajib menjaga kesehatan kulit bahkan sejak dini. Pahami dulu alasannya agar semakin konsisten dan termotivasi mencapai kulit sehat.

 

Alasan Wajib Jaga Kesehatan Kulit

Beberapa alasan berikut akan membuka mata dan pengetahuan Anda mengenai peran kesehatan kulit dan dampak yang diberikan bila tak dijaga.

Lindungi Kulit Dari Penuaan

Kulit tubuh terawat memiliki tekstur kenyal karena elastisitas baik dan produksi kolagen terjaga. Dengan begitu tanda penuaan seperti garis halus, flek hitam dan kulit kusam tidak mudah terjadi. Rutinitas perawatan kulit yang tepat dapat ditunjang dari penggunaan produk pembersih yang sesuai jenis kulit.

Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV

Sinar matahari umumnya memiliki khasiat mengubah vitamin D yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang, gigi dan penyerapan kalsium. Tapi, paparan sinar UV berlebihan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kulit terbakar (sunburn), kerusakan mata hingga kanker kulit. Sinar UV buruk dapat ditangkal dengan penggunakan produk tabir surya dengan SPF tinggi.

Kulit Ternutrisi

Perawatan terhadap kulit membantu Sahabat sehat mendapatkan kulit sehat, seperti penggunaan skincare atau produk kecantikan dengan berbagai kandungan vitamin yang mampu menutrisi kulit. Sehingga tampak lebih sehat, tidak hanya itu tampilan kulit pun kian bercahaya.

Melembutkan Kulit

Kulit kering dan kasar sangat menggangu penampilan, siapapun yang melihat tentu menggelengkan kepala. Tidak hanya tampilan kurang menarik, berbagai masalah gangguan kulit akan mengintai, sebab kulit kering jauh lebih rentan iritasi. Sahabat sehat dapat menggunakan produk perawatan seperti lotion dengan formulasi ekstra kolagen.

Aplikasi Make-Up Lebih Mudah

Kesehatan kulit yang terjaga memiliki tampilan yang bersih, tidak berjerawat, tekstur kulit baik dan terhidrasi. Kentungannya tentu Anda semakin mudah mengaplikasikan make-up atau produk kecantikan lainnya. Selain itu, menggunakan produk perawatan seperti toner, sunscreen dan pelembab wajah dapat menekan efek samping penggunaan make-up, lho.

 

Langkah Menjaga Kulit agar Tetap Sehat

Oleh karena beberapa alasan pentingnya menjaga kesehatan kulit, perlu berbagai upaya untuk mendapatkannya. Berikut beberapa langkah yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat.

1. Perbaiki Kondisi Kulit Wajah

Bila tengah memiliki kulit berjerawat dan komedo, segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Misalnya pergi konsultasi ke dokter atau membeli produk skincare OTC yang aman dan memiliki manfaat hilangkan jerawat dan komedo membandel.

2. Gunakan Pelembap Kulit

Selain kulit wajah, perhatikan kondisi kulit tubuh lainnya, gunakan pelembap kulit seperti lotion atau sunblock saat aktivitas di luar bahkan di dalam ruangan.

3. Pola Hidup Sehat

Lakukan pola hidup sehat dimulai dari menjaga asupan makan yang bernutrisi tinggi, mengatur pola tidur yang berkualitas dan rutin melakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Pola hidup yang benar membawa dampak baik bagi kesehatan terutama kulit.

4. Gunakan Produk Perawatan Berbahan Alami

Demi menjaga kesehatan kulit dan kesehatan lingkungan, gunakan Liquid Soap Dr. Bronner’s. Sabun ini adalah sabun cair multifungsi yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah, badan hingga rambut. Formulasinya seratus persen non toksik sehingga sangat ramah lingkungan. Tunggu apalagi? Yuk, buat perubahan besar untuk diri sendiri dan lingkungan.

Belanja sabun organik di SESA.ID.

Referensi : Suara

Gambar oleh Nika Akin dari Pixabay