fbpx
Skip to content
Home » Blog » 10 Khasiat Madu Manuka Honey untuk Saluran Pencernaan

10 Khasiat Madu Manuka Honey untuk Saluran Pencernaan

khasiat madu manuka honey

Ada banyak khasiat madu manuka honey yang bisa dirasakan baik melalui konsumsi atau aplikasi fisik. Pada pembahasan kali ini kami akan mengupas sepuluh manfaatnya agar Sahabat Sehat dapat menjadikannya referensi.

Madu manuka merupakan varian yang hanya terdapat di Selandia Baru dan bentuknya juga berbeda. Dibandingkan dengan madu biasa bentuknya memang lebih kental dan hampir seperti karamel.

Manfaatnya juga tiga kali lebih tinggi ketika dibandingkan dengan varian yang biasa kita temukan. Jadi ini memang sebuah produk alami yang memiliki potensi cukup bagus untuk kesehatan.

Apa saja manfaatnya akan kami jelaskan secara detail sehingga mudah Sahabat Sehat pahami. Kami akan membagi menjadi dua segmen yaitu terkait saluran pencernaan, dan manfaatnya di sektor lain.

DAPATKAN KHASIAT MADU ASLI DI SESA.ID

Khasiat Madu Manuka Honey untuk Saluran Pencernaan

Langsung saja pada segmen ini kami akan bahas lima manfaatnya yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Jadi Sahabat Sehat dapat menjadikannya sebagai referensi ketika hendak mengonsumsinya secara teratur.

1. Menyehatkan gusi

Khasiat madu manuka honey yang pertama adalah menyehatkan gusi. Tepatnya mampu mempercepat penyembuhan gusi ketika berdarah akibat peradangan atau tergores benda lainnya.

Cara menggunakannya sebenarnya sederhana tinggal kita gunakan untuk berkumur. Jadi campur dengan air dengan komposisi satu banding sepuluh dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Menyehatkan gigi

Salah satu manfaatnya adalah menyehatkan gigi ketika dimanfaatkan sebagai obat kumur. Memang dengan mencampur madu manuka dengan air dan menggunakannya berkumur akan bermanfaat.

Tepatnya mampu mengurangi pertumbuhan plak pada gigi sehingga semakin mudah dijaga kebersihannya. Antibakteri pada madu tersebut juga mampu mengurangi potensi gigi berlubang.

Comvita Manuka Madu (Honey) UMF 10+

Comvita Manuka Madu (Honey) UMF 10+

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Salah satu khasiat madu manuka honey adalah cocok digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi. Bisa langsung dikonsumsi seperti biasa atau digunakan sebagai obat kumur.

Jadi ketika tenggorokan terasa gatal karena infeksi bakteri bahan alami ini dapat dijadikan solusi. Kandungan antibakteri pada manuka honey akan bagus melawan pertumbuhan bakteri di tenggorokan.

4. Mencegah asam lambung

Secara umum madu memang dapat dijadikan sebagai salah satu pengontrol asam lambung. Kandungannya dapat menstabilkan produksi asam pada lambung agar perut tetap terasa nyaman.

Jika dikonsumsi secara teratur setelah makan ini dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jadi memang cukup optimal ketika digunakan sebagai langkah pencegahan masalah lambung.

5. Mencegah infeksi saluran pencernaan

Infeksi saluran pencernaan akibat bakteri clostridium tentu akan sangat berbahaya. Namun khasiat madu manuka honey ternyata dapat menjadi salah satu solusi alami problem tersebut.

Sekali lagi masalah bakteri memang dapat diatasi menggunakan obat alami seperti madu. Jadi konsumsi teratur dapat mencegah timbulnya clostridium yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Kelima masalah pencernaan tersebut tentu dapat berbahaya jika dianggap sebelah mata. Mengkonsumsi produk alami yang sehat dapat menjadi salah satu pencegahan yang optimal Sahabat Sehat lakukan.

Comvita Manuka Madu (Honey) Umf 5+

Comvita Manuka Madu (Honey) Umf 5+

Khasiat Madu Manuka Honey Lainnya

Selain bagus untuk organ pencernaan ternyata ada manfaat lainnya yang bisa kita rasakan secara nyata. Pada segmen ini kami akan fokus membahas khasiat lainnya sehingga dapat Sahabat Sehat jadikan referensi.

6. Mengurangi insomnia

Salah satu khasiat madu manuka honey adalah mengurangi masalah kesulitan tidur seperti insomnia. Kandungan gula alami yang terdapat di dalamnya dapat memicu produksi hormon endorphin.

Ketika produksi hormon tersebut ditingkatkan secara otomatis akan memberikan sensasi relaksasi. Tentu saja ketika relaksasi sudah terpenuhi akan mempermudah kita untuk terlelap pada malam hari.

7. Mengobati bekas jerawat

Apabila Sahabat Sehat memiliki luka akibat jerawat ternyata manuka honey dapat dijadikan sebagai obat. Cukup dengan mengoleskannya pada bekas luka dapat mempercepat penyembuhannya.

Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan merangsang regenerasi sel. Jadi ini akan sangat cocok digunakan untuk mengembalikan kecantikan wajah akibat jerawat.

8. Khasiat madu manuka honey melembabkan kulit wajah

Salah satu khasiat madu ini adalah kemampuannya untuk melembabkan wajah. Jadi ini bisa dijadikan sebagai masker alami agar kondisi kulit kering dapat teratasi secara alami.

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat memicu penyerapan air secara optimal. Sehingga kulit tidak akan mudah kering akibat terjadinya pelepasan cairan secara berlebihan.

9. Menurunkan kolesterol

Memulai gaya hidup sehat menjadi salah satu opsi yang tidak boleh kita pandang sebelah mata. Jika sebelumnya gaya hidup Sahabat Sehat sedentari dan suka mengkonsumsi makanan berkolesterol tentu bisa bahaya.

Oleh karena itu mulai ubah gaya hidup tersebut dan tambahkan asupan makanan sehat. Salah satu asupan sehat yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah madu.

BACA JUGA:

10. Meningkatkan imun tubuh

Khasiat madu manuka honey salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Ketika imun tubuh meningkat maka Sahabat Sehat akan lebih mudah mengatasi alergi musiman yang terjadi.

Konsumsi satu sendok secara teratur sebagai asupan setiap hari tentu menjadi langkah optimal. Jadi Sahabat Sehat tidak perlu khawatir lagi akan merasakan degradasi imun tubuh.

Secara umum memang jika makanan sehat seperti madu dikonsumsi teratur dapat mengoptimalkan kesehatan tubuh. Apalagi jika khasiatnya tiga kali lebih kuat dibandingkan varian biasa.

Jadi ini adalah salah satu alasan mengapa Sahabat Sehat perlu menjadikannya asupan setiap hari. Khasiat madu manuka honey tidak boleh dianggap sebelah mata jika Sahabat Sehat ingin kesehatan terjaga optimal.

manfaat manuka honey menigkatatkan daya tahan tubuh

  • https://nairaquest.com/id/topics/5041-manuka-honey-10-properties-and-benefits
  • https://doktersehat.com/herbal-a-z/pengobatan-alternatif/madu-manuka/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-madu-manuka/