Home » Blog » Pengertian Kombucha dan 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Pengertian Kombucha dan 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

kombucha adalah

Sahabat Sehat tahu tentang kombucha? Kombucha atau yang juga dikenal dengan sebutan jamur kombucha merupakan jamur teh yang bernama ilmiah Medusomyces Gisevii. Ini adalah produk fermentasi jamur kombucha yang telah diperkenalkan sejak 200 tahunan lalu.

Pengertian Kombucha

Kombucha adalah teh yang punyai rasa manis dan warnanya hijau kehitaman. Pengolahannya terbuat dari gula, larutan tee, serta mikroba yang berasal dari ragi. Nah, karena melalui proses fermentasi, lalu muncul zat-zat seperti asam folat, asam asetat, vitamin, asam amino, serta alkohol. 

Dengan banyaknya kandungan tersebut, kombucha dipercaya mempunyai banyak khasiat. Bahkan pada tahun 2017, penelitian Kaur & Singh menunjukkan terdapatnya potensi dari kombucha yang membuat tubuh jadi lebih sehat. 

Lalu apa saja manfaat dari kombucha? Penasaran? Sahabat Sehat bisa mencari tahu jawabannya di bawah ini!

Manfaat Kombucha

Teh kombucha adalah teh jamur yang mempunyai kandungan vitamin B, antioksidan, probiotik dan beberapa nutrisi lainnya. Maka dari itu, berdasarkan beberapa penelitian, kombucha diketahui punya segudang manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Kombucha Baik Bagi Pencernaan

Teh kombucha mempunyai kandungan probiotik dan antioksidan yang mampu menguatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kombucha juga dapat untuk memerangi bakteri jahat yang menyebabkan infeksi, meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan, serta mampu untuk mengurangi peradangan. Kombucha yang kaya akan probiotik dan antioksidan pun bermanfaat dalam membantu proses pembuangan zat beracun yang ada di organ hati. Maka dari itu, kombucha sangat baik untuk pelihara kesehatan hati. 

Mencegah Kanker

Kombucha diduga dapat untuk mencegah pertumbuhan serta penyebaran dari sel kanker. Hal itu karena kandungan antioksidan yang kaya yaitu polifenol. Akan tetapi, manfaat antikanker ini masih memerlukan penelitian secara lebih lanjut. 

Turunkan Tingkat Gula Darah

Pada sebuah penelitian terhadap hewan, kombucha diketahui bisa untuk melambatkan pencernaan karbohidrat. Efek yang satu ini dipercaya mampu untuk kurangi kadar gula darah dalam, maka dari itu akan mungkin baik bagi penderita penyakit diabetes. 

Membantu Kurangi Risiko Penyakit Ginjal dan Penyakit Jantung

Sebuah penelitian kecil terhadap hewan menunjukkan jika kombucha mampu untuk turunkan LDL (kadar kolesterol jahat) serta mampu untuk tingkatkan HDL (kadar kolesterol baik. Selain itum kandungan antioksidan yang kaya membuat kombucha baik untuk kesehatan organ ginjal dan juga organ jantung. 

Membantu Menjaga Kesehatan Organ Hati

Kombucha adalah minuman yang kaya akan manfaat, salah satunya menjaga kesehatan organ hati. Sebab terdapat kandungan antioksidan serta probiotik yang kaya bisa untuk membantu proses dari pembuagan zat yang beracun pada hati. Dengan begitu, kesehatan dari organ yang satu ini akan lebih terjaga dan terhindar dari penyakit organ hati. 

Membantu Mencegah Penyakit

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika teh kombucha mengandung probiotik dan antioksidan. Nah, kandungan antioksidan dapat untuk membantu mencegah berbagai penyakit. Hal itu karena dapat untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, perangi bakteri-bakteri jahat yang menyebabkan infeksi, dan masih banyak lainnya. Dengan Sahabat Sehat mengonsumsi kombucha secara teratur, Sahabat Sehat bisa mencegah infeksi. 

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Kombucha adalah satu dari sekian banyak minuman sehat yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, jika Sahabat Sehat mengonsumsi kombucha secara teratur, akan memungkinkan untuk mendapatkan berbagai macam manfaat di atas sehingga kesehatan tubuh pun terjaga. Semoga bermanfaat. 

Referensi : HalodocAlodokterIndokombucha
Photo by Curtis Loy from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.