Home » Blog » 6 Makanan Probiotik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

6 Makanan Probiotik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

makanan probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Hai Sahabat Sehat, pernahkan mendengar apa itu makanan probiotik ? makanan probiotik merupakan suatu makanan yang telah difermentasi sehingga mengandung bakteri probiotik di dalamnya.

Probiotik sendiri merupakan senyawa penting yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi makanan probiotik disinyalir dapat memperkuat kekebalan imun tubuh. Nah, berikut merupakan beberapa jenis makanan probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang wajib dicoba, antara lain :

Yoghurt

Contoh makanan probiotik yang pertama adalah youghurt. Youghurt merupakan salah satu jenis makanan probiotik yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Selain rasanya yang enak, ternyata youghurt juga berkhasiat untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap serangan penyakit.

Kefir 

Makanana probiotik untuk mengingkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah Kefir. Kefir merupakan sejenis minuman kental yang dihasilkan dari fermentasi susu dan biji kefir.

Biasanya susu yang digunakan dalam fermentasi ini adalah susu sapi atau susu kambing. Sekilas kefir terlihat seperti youghurt, hanya saja tingkat konsistensinya berbeda, jika dibandingkan dengan kefir, youghurt memiliki tingkat konsistensi yang lebih kental.

Namun walaupun begitu rasa dari keduanya sama-sama identik dengan rasa manis, segar dan sedikit asam. Kandungan probiotik yang ada didalamnya mampu membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kimchi

Sumber makanan probiotik selanjutnya adalah kimchi, kimchi sendiri merupakan hasil fermentasi dari  asinan lobak dan sawi putih. Untuk membuat kimchi, ternyata caranya cukup mudah, pertama Sahabat Sehat hanya perlu mencuci dan menggarami sawi putih dan lobak.

Kemudian potongan sayur tersebut dan berilah bumbu-bumbu, terakhir diamkanlah asinan tersebut hingga semalaman. Selain bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan, ternyata kimchi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kombucha 

Kombucha merupakan teh yang difermentasi dengan bibit jamur, teh ini mengandung asam organik, vitamin dan probiotik yang amat penting bagi tubuh, kombucha sendiri berfungsi dalam proses detokfikasi racun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tempe

Makananan probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah tempe. Proses fermentasi pada saat produksi tempe dapat menurunkan kadar asam fitat yang mana merupakan senyawa tanaman yang biasa digunakan dalam penyerapan zat besi dan juga seng.

Kandungan gizi yang dimiliki tempe ini mampu meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Karena kemudahan dalam pengolahannya, tak jarang tempe seringkali dimanfaatkan juga sebagai makanan probiotik anak untuk meningkatkan imun tubuh pada anak.

Acar

Acar merupakan jenis makanan yang berisi campuran dari berbagai jenis sayur. Seperti yang Sahabat Sehat ketahui, makanan probiotik adalah makanan yang berasal dari hasil fermentasi, pun acar juga merupakan hasil fermentasi dari sayuran.

Sayuran yang difermentasi mengandung tambahan vitamin B12 yang mampu mencegah inflamasi dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Sesa.id menyediakan berbagai makanan probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya yakni Flavor Kombucha dan White Cabbage Saurkraut.

Flavor Kombucha sendiri merupakan fermentasi minuman teh organik yang dicampurkan dengan buah strawberry sehingga menjadikannya aman dikonsumsi, kaya akan sumber probiotik, tinggi antioksidan dan bermanfaat untuk menjaga imun tubuh.

Sedangkan White Cabbage Saurkraut merupakan hasil fermentasi dari sayuran kol organik, melalui proses fermentasi, saurkraut menyediakan kandungan nutrisi yang cukup tinggi untuk mendukung kesehatan sehari-hari. 

Nah, itulah ulasan mengenai makanan probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat untuk para Sahabat Sehat ya.

Referensi: Kumparan
Photo by Daria Shevtsova from Pexels