Home » Blog » Selain Untuk Kesehatan Pencernaan, Ternyata Ada 5 Lagi Manfaat Minum Yogurt

Selain Untuk Kesehatan Pencernaan, Ternyata Ada 5 Lagi Manfaat Minum Yogurt

manfaat minum yoghurt

Produk olahan susu fermentasi seperti yogurt merupakan minuman dengan sensasi unik, teksturnya creamy, rasa manis dan asam. Dibalik keunikan rasa, yogurt menyimpan sejumlah nutrisi dan probiotik guna menunjang kesehatan tubuh.

Meskipun minuman satu ini telah dikenal luas, pemenuhannya sebagai sumber nutrisi masih sangat terbatas. Hal itu disebabkan kurangnya edukasi masyarakat mengenai manfaat minum yogurt bagi tubuh. Padahal, melewatkan gizi pada yogurt cukup merugikan, lho! Disini, akan diulas komposisi nutrisi serta ragam manfaat yogurt agar Anda semakin yakin.

Kandungan Gizi Yogurt

Berasal dari susu sapi yang diberi starter Lactobacillus, menjadikan yogurt sebagai produk minuman sarat nutrisi. Bayangkan saja bila Anda mengonsumsi yogurt, organ-organ dalam tubuh pun mampu melakukan fungsinya dengan baik. Nah, berikut sederet kandungan gizinya:

Kaya Probiotik

Proses fermentasi yang terjadi pada yogurt menghasilkan banyak probiotik, fungsinya sebagai bakteri baik untuk bantu jaga mikroflora usus.

Sumber Protein

Beberapa penelitian menyatakan bahwa jenis protein whey dan casein terdeteksi berada dalam yogurt dalam kuantitas cukup banyak. Whey protein tinggi akan BCAA (Branched-chain Amino Acids) sebesar 20 persen, sisanya casein sebesar 80 persen.

Karbohidrat

Karbohidrat pada olahan yogurt umumnya berupa gula sederhana seperti laktosa dan galaktosa. Dua gula alami tersebut berasal dari yogurt itu sendiri. Tentunya karbohidrat sederhana bermanfaat sebagai pembentukan energi.

Vitamin dan Mineral

Vitamin B12, B2 serta mineral berupa kalsium, dan fosfor pada yogurt dapat membantu tingkatkan fungsi tubuh menjadi lebih optimal.

Lemak

Lemak yang terkandung dalam yogurt terdiri atas dua jenis, yakni lemak jenuh (saturated fat) dan lemak tak jenuh (monosaturated fat). Meskipun berlemak, Anda tak perlu khawatir karena persentasenya kecil dengan dominasi lemak tak jenuh yang justru baik bagi tubuh bila dalam jumlah cukup.

Manfaat Minum Yogurt Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui 5 kandungan nutrisi dalam yogurt, selanjutnya ketahui manfaat sebenarnya jika Anda mengonsumsi yogurt, berikut ini:

1. Saluran Cerna Optimal

Para pakar telah berhasil melakukan penelitian terkait manfaat minum yogurt dan peran probiotik Lactobacillus sebagai media mengatasi beragam masalah pencernaan. Hasilnya, probiotik dapat mencegah kondisi berbahaya IBS (Irritable Bowel Syndrome) yakni gangguan kronis pada saluran pencernaan akibat infeksi.

2. Menguatkan Tulang

Pada dasarnya, susu sapi tinggi kandungan vitamin D, fosfor dan kalsium. Sama halnya dengan yogurt tidak merubah nutrisi dalam susu, justru dioptimalkan berkat bakteri baik Lactobacillus. Kukatan dan kepadatan tulang dapat ditunjang dari asupan vitamin D, kasium, dan fosfor.

3. Tingkatkan Fungsi Otak

Rupanya manfaat minum yogurt dapat mempengaruhi fungsi kognitif menjadi lebih baik, bahkan berguna bagi penderita Parkinson dan Alzheimer. Kandungan kalsium menjadi kunci utama menjaga kesehatan sistem saraf pusat.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Kalsium dalam yogurt berperan menyeimbangkan tekanan darah, lho! Penelitian dari Harvard School od Public Health menegaskan bahwa yogurt mampu menekan risiko darah tinggi mencapai 50 persen jika dikonsumsi 2-3 porsi dalam sehari.

5. Menjaga Berat Badan

Manfaat satu ini menjadi incaran kaum hawa, bukan? Benar, yogurt dapat menjadi alternatif camilan sehat. Kalori rendah dengan nutrisi tinggi membuat yogurt berpotensi menginduksi hormon GLP-1 dan peptide YY untuk menekan rasa lapar dengan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Kesehatan tubuh menjadi alasan utama untuk selalu diupayakan lewat asupan makanan dan pola hidup. Pastikan Sahabat sehat tidak melewatkan berbagai manfaat minum yogurt bagi kesehatan. Cari yogurt murah dan berkualitas? di sini tempatnya!

 

Referensi :doktersehat.com

Photo by Any Lane from Pexels