Home » Blog » Camilan Sehat dan Aman, Simak 8 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

Camilan Sehat dan Aman, Simak 8 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

manfaat yoghurt untuk ibu hamil

Ketika hamil, sumber asupan tubuh seperti makanan, minuman, obat-obatan hingga produk perawatan harus sangat diperhatikan sebelum diberikan. Mengapa? masa kehamilan sangat rentan terpapar dan membawa dampak bagi perkembangan janin.

Keinginan ngemil pada masa kehamilan sangat wajar terjadi karena tubuh merasa cepat lapar. Jika ingin mengonsumsi camilan, sangat disarankan berupa makanan utuh seperti yogurt. Dibalik tekstur lembut dan rasa manis layaknya puding, tersimpan segudang manfaat yogurt untuk ibu hamil, lho.

Mengenal Yogurt

Yogurt dikenal sejak lama sebagai olahan fermentasi susu dengan bantuan Bakteri Asam Laktat (BAL) atau bakteri baik. BAL yang digunakan umumnya Lactobacillus casei, Lactobacillus acidophyllus dan Lactobacillus rhamnosus. 

Meskipun santer beredar mitos yogurt kurang aman dikonsumsi ibu hamil akibat kandungan asam dan alkohol fermentasi. Nyatanya, opini tersebut ditepis oleh dr. Diana F.Suganda, Sp.GK, M.Kes selaku dokter spesialis gizi RSPI Bintaro Jaya, ditegaskan bahwa tersimpan manfaat yogurt untuk ibu hamil, sehingga yogurt cukup aman dikonsumsi dalam batas normal.

Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

Bila dibandingkan dengan camilan instan seperi keripik, gorengan atau makanan ringan manis, tentu saja yogurt lebih disarankan bagi ibu hamil. Selain rasa segar dan lezat, yogurt kaya akan manfaat seperti berikut ini:

1. Sehatkan Pencernaan

Masa kehamilan membuat wanita banyak mengalami konstipasi atau sembelit, frekuensi BAB (Buang Air Besar) bisa mencapai 2 hingga 3 hari sekali. Hal itu tentu membuat perut terasa tak nyaman, sehingga berdampak pada mood. Yogurt sebagai sumber probiotik lewat Bakteri Asam Laktat mampu menjaga mikroflora usus dan meningkatkan gerakan peristaltic usus. Pencernaan pun semakin lancar dan terhindar dari resiko sembelit.

2. Ikut Menutrisi Janin

Yogurt mengandung kalsium, vitamin D, asam folat dan omega 3 yang dapat membantu tumbuh kembang janin dengan baik. Vitamin D diperlukan janin membentuk struktur tulang, asam folat dan omega 3 merupakan lemak esensial untuk mendukug pembentukan jaringan bagian otak, sistem syaraf, mata dan melindungi jantung janin.

3. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kesehatan saluran cerna berdampak pada sistem imun tubuh secara keseluruhan. Mengapa? pencernaan bertugas mengedarkan sari-sari makan untuk meningkatkan kerja organ-organ dalam tubuh. Itulah mengapa tubuh sehat bermula dari pencernaan yang baik.

4. Cegah Tekanan Darah Tinggi

Masa kehamilan rentan terjadi lonjakan tekanan darah yang dapat berdampak serius bila tak dicegah pemicunya. Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat membantu kontrol tekanan darah lewat kandungan kalsium dan potassium.

5. Redakan Rasa Stres dan Cemas

Layaknya es krim, yogurt memiliki rasa dan tekstur serupa namun jauh lebih menyehatkan. Dalam sebuah penelitian dari Leiden University ditemukan bahwa probiotik mampu meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi dan kecemasan. Probiotik seperti lactobacillus dapat dikonsumsi ibu hamil lewat yogurt.

6. Kesehatan Kulit Terjaga

Gejolak perubahan hormon pada masa kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, tak terkecuali kulit. Kadar melanin berubah menyebabkan ketidakrataan warna kulit dan umumnya menjadi kering. Vitamin E pada yogurt dapat mencegah pigmentasi dan menghidrasi kulit tubuh.

7. Jaga Berat Badan

Berat badan berlebih saat kehamilan dapat menimbulkan berbagai masalah baik pada ibu maupun janin. Meskipun kenaikan berat badan ketika hamil itu pasti, namun tak dapat dibiarkan bila telah mendekati batas normal. Yogurt mencegah peningkatan kortisol dalam tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan ibu hamil.

Jika Sahabat sehat berminat mencari manfaat yogurt untuk ibu hamil, temukan dairy produk aman dan berkualitas laman ini!

 

Photo by Kim van Vuuren from Pexels