Home » Blog » 10 Manfaat Air Rebusan Bayam untuk Cegah Penyakit

10 Manfaat Air Rebusan Bayam untuk Cegah Penyakit

manfaat air rebusan bayam

Air rebusan bayam ternyata sangat kaya nutrisi. Tidak hanya mengandung sari bayam, air rebusan bayam juga menyimpan nutrisi yang hampir sama dengan bayam segar. Minum segelas air rebusan bayam di pagi hari sangat kaya manfaat bagi kesehatan.

Apa saja penyakit yang bisa dicegah dengan manfaat air rebusan bayam? Simak penjelasannya, yuk! 

Banner Sayur dan Buah Organik

Penyakit Kuning dan Liver

Penyakit kuning disebabkan kadar zat bilirubin berlebihan dalam aliran darah dan kelainan pada liver. Salah satu manfaat air rebusan bayam adalah mencegah penyakit kuning. Air rebusan bayam mengandung antioksidan dan enzim detoksifikasi yang berguna dalam melindungi kerusakan hati.

Gejala Anemia

Dalam satu mangkuk bayam segar mengandung zat besi sekitar 6,5 mg. Bayam juga mengandung  serat, protein, vitamin A dan E. Nutrisi yang dibutuhkan penderita anemia bisa ditemukan pada bayam. Zat besi diperlukan dalam produksi sel darah merah. Protein dan vitamin membantu memberikan energi dan menjaga daya tahan tubuh.

Sembelit

Sembelit biasanya terjadi karena kurang asupan makanan berserat. Bayam kaya kandungan serat dan vitamin yang berguna menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat air rebusan bayam berguna untuk mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan usus. 

Katarak

Bayam kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bayam juga kaya akan glutathione yaitu jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Rutin konsumsi air rebusan bayam sejak dini akan menghindari risiko katarak dan gangguan penyakit mata lainnya.  

Penyakit Jantung

Kadar vitamin, mineral dan antioksidan pada bayam sangat tinggi. Serat, vitamin B1, antioksidan dan kalium diperlukan tubuh dalam menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap baik. Gejala penyakit jantung bisa dicegah dengan nutrisi bayam, sehingga jatung akan lebih sehat.

Hipertensi

Kalium adalah nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam kaya akan kalium dan cocok dikonsumsi penderita hipertensi. Rutin konsumsi air rebusan bayam membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kanker Usus Besar

Antioksidan membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang bisa menjadi pemicu kanker. Kandungan serat alami pada bayam dan vitamin yang lengkap berguna untuk menjaga kesehatan usus. Usus dan sistem pencernaan yang terjaga kesehatannya akan mengurangi risiko terkena kanker usus. 

Osteoporosis

Kalsium biasanya didapat pada daging dan susu, namun kalsium juga ada pada bayam. Manfaat kalsium bagi tubuh adalah menjaga kesehatan tulang. Rajin konsumsi bayam yang kaya kalsium akan mencegah penyakit tulang sejak dini, seperti osteoporosis.

Banner Sayur dan Buah Organik

Diabetes

Vitamin B3 pada bayam bermanfaat untuk membantu mengendalikan insulin dan darah. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes. Serat pada bayam adalah jenis serat alami yang mudah larut. Jenis serat ini memudahkan penyerapan gula sehingga kadar gula darah dan kolesterol lebih terjaga.

Asma 

Penderita asma membutuhkan asupan vitamin D dan vitamin B9 yang juga dikenal dengan asam folat. Kedua nutrisi ini dapat mengurangi risiko gejala asma, Vitamin D dan B9 bisa didapat dengan mengonsumsi air rebusan bayam. 

 

Segala jenis penyakit ada baiknya dicegah sebelum terjadi. Dengan makanan sehat dan pola hidup sehat, daya tahan tubuh akan terbentuk sehingga tubuh tidak mudah sakit. Bayam yang kaya nutrisi akan membantu tubuh mendapatkan kesehatan lebih optimal.

Manfaat air rebusan bayam bisa didapat dengan memilih bayam berkualitas. Bayam organik segar bisa menjadi pilihan Sahabat sehat untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

 

Referensi: Alodokter

Photo by Mikhail Nilov from Pexels