Home » Blog » 5 Tips Mendapatkan Manfaat Bayam Merah untuk Hipertensi

5 Tips Mendapatkan Manfaat Bayam Merah untuk Hipertensi

manfaat bayam merah untuk hipertensi

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi bila tekanan darah sistolik selama dua hari berturut-turut lebih besar dari 140 mmHG dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHG. Hipertensi bisa disebabkan faktor usia dan faktor gaya hidup. Hipertensi dapat menjadi gejala awal penyakit jantung dan stroke.

Seseorang yang rentan mengalami hipertensi dianjurkan menghindari konsumsi garam berlebihan, tidak konsumsi alkohol, tidak obesitas, tidur cukup dan rutin olahraga. Hipertensi bisa diatasi dengan konsumsi makanan sehat yang kaya kalium. 

Kalium adalah nutrisi yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Sayuran yang menjadi sumber kalium salah satunya adalah bayam merah. Manfaat bayam merah untuk hipertensi bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Ada beberapa cara mengonsumsi bayam untuk penderita hipertensi agar tidak bosan.

Banner Sayur dan Buah Organik

Minum Air Rebusan Bayam

Air rebusan bayam merah mengandung nutrisi yang sama dengan bayam segar. Membuat air rebusan bayam marah tidak sulit. Rebus bayam merah sekitar 5 menit sampai mendidih. Rebus bayam tanpa tambahan apa pun. Saring airnya dan minum pada malam atau pagi hari. 

Bayam yang sudah direbus bisa diolah sebagai bahan tumisan. Sayangnya, bayam yang sudah direbus lebih dari 2 menit, kemungkinan nutrisinya sudah berkurang. Supaya bisa mendapatkan manfaat bayam merah untuk hipertensi lebih baik meminum air rebusannya saja.

Konsumsi Bayam Kukus

Bayam Kukus adalah salah satu cara mengolah bayam agar nutrisinya tetap terkunci dengan baik. Bayam kukus bisa dijadikan menu makanan sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi bayam yang kaya kalium, antioksidan dan vitamin sangat baik untuk penderita hipertensi. 

Hindari menambahkan garam dapur saat mengonsumsi bayam kukus, khususnya bagi penderita hipertensi. Untuk menambah rasa, Sahabat sehat bisa tambahkan minyak wijen atau extra virgin olive oil pada bayam kukus. 

Konsumsi Sayur Bening Bayam

Mengolah bayam menjadi sayur bening dan disantap bersama nasi hangat rasanya nikmat. Penderita hipertensi bisa mengonsumsi sayur bayam bening untuk mengurangi gejala hipertensi. 

Tips mengolah sayur bening yang aman bagi penderita hipertensi adalah tidak merebus bayam lebih dari 2 menit. Penderita hipertensi juga sebaiknya tidak menambahkan garam dalam sayur bening bayam. Sayur bayam bening bisa ditambahkan potongan tomat, wortel, jagung, atau bahan makanan sehat lainnya untuk menambah cita rasa.

Banner Sayur dan Buah Organik

Minum Jus Bayam

Mengonsumsi jus bayam merah sebagai alternatif lain mendapatkan manfaat bayam merah untuk hipertensi. Jus bayam merah punya rasa yang agak manis, jadi sebenarnya tanpa tambahan apa pun jus sudah bisa dinikmati. Jika Sahabat sehat ingin rasa lebih manis bisa berikan sedikit madu.

Tomat, jeruk, belimbing, apel, pisang dan alpukat adalah jenis buah yang kaya kalium dan baik untuk penderita hipertensi. Menambahkan buah pada jus bayam bisa memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Konsumsi Smoothie Bayam

Manfaat bayam merah untuk hipertensi bisa didapat dari segelas smoothie bayam. Smoothie untuk penderita hipertensi sebaiknya diolah dengan yogurt tawar atau greek yogurt. Yogurt juga punya manfaat untuk menjaga tekanan darah. Sayur bayam dan yogurt bisa menjadi perpaduan yang pas dalam mengontrol tekanan darah. 

 

Jenis bayam terbaik untuk penderita hipertensi adalah bayam merah organik segar. Sahabat sehat, dalam menjaga tubuh untuk mengurangi risiko hipertensi perlu pola hidup sehat. Mengonsumsi bayam saja tidak cukup, tapi harus diimbangi dengan makanan bernutrisi, tidur cukup, hindari stres dan rutin olah raga. 

 

Referensi: Halodoc

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels