Home » Blog » 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

5 Manfaat Bayam Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat bayam merah untuk kecantikan

Bayam merah terkenal sebagai sayuran yang kaya vitamin dan antioksidan. Beberapa zat gizi yang ada pada bayam merah di antaranya zat besi, karbohidrat, kalium, protein, vitamin A, B, C, E dan K. Bayam merah mengandung zat warna alami antosianin. Sari bayam merah sering digunakan dalam pewarna alami makanan. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, manfaat bayam merah untuk kecantikan juga sangat banyak.  Apa saja manfaat bayam merah untuk kecantikan? Yuk, simak penjelasannya!

 

Bayam Merah Kaya Antioksidan

Antioksidan pada bayam merah berguna dalam menjaga keremajaan kulit. Dampak buruk radikal bebas pada kulit bisa dicegah dengan tercukupinya kebutuhan antioksidan untuk kulit. Kulit yang terjaga keremajaannya tentu akan terlindungi dari penuaan dini.

Antioksidan pada bayam merah juga berguna dalam pembentukan kolagen. Tercukupinya produksi kolagen dapat menjaga keremajaan kulit. Sel kulit mati akan digantikan dengan sel kulit yang lebih sehat. 

Bayam Merah Kaya Vitamin A

Selain berguna dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A pada bayam merah juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A pada bayam merah mampu memperkuat lapisan kulit. Vitamin A akan menutrisi kulit dengan baik, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan akibat sinar matahari atau bakteri.  

Beberapa produk kecantikan memasukan unsur vitamin A untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencegah penuaan dini. Manfaat vitamin A untuk kulit bisa didapat dengan rutin mengonsumsi bayam merah. 

Bayam Merah Kaya Vitamin C

Vitamin C adalah unsur yang banyak ditemukan dalam produk kecantikan untuk mencerahkan kulit. Bayam merah kaya akan vitamin C yang bisa membantu merawat kecantikan kulit dari dalam. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada bayam merah sangat baik dalam mengatasi efek inflamasi jerawat, menghilangkan noda hitam dan mengontrol minyak berlebih.

Bayam Merah Kaya Vitamin E

Vitamin E merupakan unsur vitamin utama dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Banyak suplemen hingga produk kecantikan yang kandungan utamanya adalah vitamin E. Sahabat sehat juga bisa mendapatkan manfaat vitamin E untuk kecantikan dari bayam merah. 

Manfaat vitamin E untuk kulit di antaranya mengurangi peradangan, menjaga elastisitas kulit, mencegah kerusakan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit. Vitamin E dan asam amino lisin yang ada pada bayam berperan dalam melancarkan peredaran darah pada kulit kepala, sehingga membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.  

Bayam Merah Kaya Vitamin B kompleks

Vitamin B1 dan B9 yang terdapat pada bayam merah bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B1 (thiamin) berperan dalam penyerapan antioksidan kemudian menurtisi sel-sel kulit. Thiamin juga aktif dalam mengirimkan oksigen ke folikel-folikel rambut agar pertumbuhan rambut lebih subur. 

Vitamin B9 dikenal juga sebagai asam folat yang berperan penting dalam mencegah rambut beruban sebelum waktunya. Asam folat membantu mencegah rambut rontok sehingga rambut lebih lebat. 

 

Sahabat sehat, melakukan perawatan kecantikan kulit dan rambut agar maksimal perlu diimbangi dengan asupan nutrisi makanan yang baik. Bayam merah menjadi pilihan sayur yang kaya nutrisi untuk kulit dan rambut. Jangan sampai Sahabat sehat melewati manfaat bayam merah untuk kecantikan, ya. 

Mendapatkan manfaat bayam merah untuk kecantikan bisa dengan mengonsumsi air rebusan bayam merah, jus bayam, smoothie bayam atau mengolah bayam merah menjadi aneka masakan sehat. Pilihlah bayam merah organik yang bebas pestisida dan zat kimia, sehingga lebih sehat dan kaya gizi.