Home » Blog » Manfaat Brokoli Rebus, Penuh Gizi dan Menyehatkan

Manfaat Brokoli Rebus, Penuh Gizi dan Menyehatkan

manfaat brokoli rebus

Brokoli merupakan sayuran sehat yang lezat. Brokoli biasanya direbus, dikukus atau dapat juga dimakan secara mentah. Namun apakah Sahabat Sehat tahu, ternyata manfaat brokoli rebus tidak bisa dianggap remeh.

Merebus brokoli lebih disarankan jika dibandingkan dengan cara digoreng. Hal ini bertujuan agar segala nutrisi dan vitamin di brokoli tidak hilang selama proses pemasakan.

Manfaat Brokoli Rebus yang Patut Diperhatikan

Brokoli mempunyai kandungan serat makanan dan vitamin C dalam jumlah banyak. Selain itu brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, dimana kandungan ini merupakan bentuk alami senyawa anti kanker sulforafan.

Manfaat brokoli terbukti sangat beragam, diantaranya untuk kesehatan saraf dan otak, serta mengurangi tekanan darah. Disamping itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi, keduanya sangat baik untuk kesehatan tulang.

Berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari brokoli yang direbus:

  • Baik untuk Kesehatan Anak 

Selain untuk orang dewasa, brokoli juga salah satu jenis sayuran hijau yang bisa disajikan untuk anak sejak ia mulai diberikan MPASI. Brokoli mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Dimana kandungan vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi kulit dari kerusakan. Pada masa pertumbuhannya, anak membutuhkan kandungan kalsium yang banyak untuk memperkuat tulang dan giginya.

Coba resep MPASI dengan bahan dasar brokoli ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

  • Baik untuk Ibu Hamil

Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Brokoli menyimpan folat yang cukup tinggi, dan zat ini dapat mencegah spina bifida pada janin (cacat lahir).

  • Anti Penuaan

Ada kandungan vitamin B kompleks dalam brokoli yang direbus. Disamping itu, ada juga vitamin C dan E yang dapat memperbaiki lapisan atau jaringan kulit yang rusak. Selain itu vitamin A, vitamin K serta folat berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan memiliki banyak antioksidan. Sehingga dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan yang sering merusak kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Brokoli rebus menjadi sumber vitamin C yang cukup melimpah. Dimana vitamin C ini sangat penting untuk menjaga imunitas alias sistem kekebalan dalam tubuh.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayuran ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat daya imun, sehingga dapat membantu untuk melawan infeksi di dalam tubuh. 

  • Baik untuk Pencernaan 

Brokoli kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang mudah larut pada sayuran ini dapat mempermudah Sahabat Sehat untuk membuang kotoran dalam tubuh.

Selain itu berbagai kandungan vitamin dan magnesium dalam brokoli bisa mengurangi keasaman dalam lambung. Sehingga dapat mencegah inflamasi dalam organ pencernaan dan meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi. 

  • Baik untuk Diet 

Manfaat brokoli rebus selanjutnya yakni baik untuk program diet. Sekitar 146 gram sayuran brokoli, setidaknya mengandung kurang dari 50 kalori. Karena hal tersebut brokoli merupakan sayuran yang baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan.

  • Baik untuk Tulang dan Gigi 

Sayuran brokoli hijau mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram brokoli setidaknya terdapat 47 MG kalsium.

Selain itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin K, Kalsium,  Kalium dan magnesium yang memainkan peran dalam menjaga kepadatan mineral tulang, sehingga dapat mencegah Osteoporosis. 

Dengan begitu banyaknya manfaat brokoli rebus, maka Sahabat Sehat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau ini secara rutin. Sahabat Sehat bisa membeli brokoli organik dari sesa.id. Selain lebih sehat, harganya pun juga terjangkau. 

Photo by Zamani Sahudi from Pexels