Home » Blog » 8 Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil, Menunjang Imunitas Hingga Perkembangan Janin

8 Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil, Menunjang Imunitas Hingga Perkembangan Janin

manfaat brokoli untuk ibu hamil

Ada beragam manfaat brokoli untuk ibu hamil. Bukan hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, brokoli juga mampu meningkatkan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Ingin tahu manfaat lain dari brokoli untuk ibu hamil? Simak ulasannya!

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil 

Brokoli mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Mulai dari zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, antioksidan, hingga kaya akan serat. Sahabat Sehat bisa menyajikan brokoli dengan cara dikukus atau ditumis sebagai camilan atau lauk makan siang.

Berikut manfaat brokoli bagi kesehatan ibu hamil:

  • Mencegah Sembelit 

Salah satu permasalahan yang kerap mengganggu ibu hamil adalah sembelit. Perubahan hormonal dan metabolisme yang terjadi dapat memperlambat dan berdampak pada pergerakan usus. 

Sahabat Sehat dapat mengonsumsi brokoli untuk mencegah sembelit yang mudah terjadi saat hamil. Kaya akan serat dan antioksidan, brokoli mampu melancarkan saluran pencernaan. 

  • Memperkuat Tulang 

Wanita yang sedang hamil rentan mengalami masalah terkait tulang, seperti osteoporosis selama masa kehamilan. Brokoli mengandung magnesium, kalsium, dan seng yang dapat membantu tulang menjadi lebih kuat dan sehat. 

  • Mencegah Anemia 

Sahabat Sehat tentu memerlukan berbagai nutrisi selama masa kehamilan, termasuk zat besi. Terlebih, kebutuhan zat besi dalam tubuh akan meningkat saat masa kehamilan. 

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk mencegahnya, Sahabat Sehat dapat mengonsumsi brokoli yang mengandung zat besi dan asam folat. Kedua kandungan tersebut mampu membantu mencegah munculnya anemia selama kehamilan. 

  • Melindungi Kulit dari Radikal Bebas 

Brokoli mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kulit, seperti vitamin A, E, B, dan K. Dengan kandungan tersebut, brokoli mampu melindungi kulit dari efek radiasi UV yang memicu kerusakan kulit dan mata dengan cepat. Selain itu, brokoli juga dapat mencerahkan wajah. 

  • Meningkatkan Kekebalan 

Manfaat brokoli untuk ibu hamil selanjutnya adalah mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh. Vitamin dan mineral yang ada dalam brokoli, seperti beta-karoten dan selenium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhkan bayi dalam kandungan dari infeksi. 

  • Mengontrol Diabetes 

Gestational diabetes menjadi masalah utama lainnya yang kerap dialami beberapa wanita hamil. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk memecah gula yang dikonsumsi. Brokoli dapat mengatur kadar gula dalam tubuh sehingga dapat menghemat penggunaan insulin. 

  • Meningkatkan Kesehatan Mata 

Kandungan Beta-karoten dalam brokoli bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh, melainkan juga bagus untuk mata. Kaya akan vitamin A, brokoli mampu mencegah penyakit mata selama masa kehamilan. 

  • Mendukung perkembangan janin 

Asam folat yang terdapat pada brokoli berperan penting untuk pertumbuhan sel dan pembentukan materi genetik. Selain itu, brokoli juga dapat menunjang perkembangan janin yang berada dalam kandungan. 

Maka dari itu, mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan sangatlah penting. Pasalnya, hal tersebut juga dapat mencegah terjadinya kerusakan tabung saraf. 

Cara Memilih Brokoli yang Segar dan Sehat 

Memilih sayuran segar selama masa kehamilan sangatlah penting. Namun, memilih brokoli yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Sahabat Sehat dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk membantu mendapatkan brokoli yang segar dan sehat:

  1. Pilih kepala brokoli berwarna hijau tua yang segar, padat, dan cerah
  2. Hindari membeli yang berwarna kuning karena menunjukkan brokoli terlalu matang 
  3. Hindari memilih brokoli dengan tangkai berongga, sebaliknya, pilih yang tangkai dan batangnya kuat
  4. Hindari membeli kuntum brokoli yang layu atau kering

 

Manfaat brokoli untuk ibu hamil sangatlah beragam, namun Sahabat Sehat juga perlu mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya. Sahabat Sehat bisa mendapatkan brokoli organik yang berkualitas di Sesa.id. Selain segar dan menyehatkan, brokoli organik aman dikonsumsi ibu hamil.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

 

Referensi: Beingtheparent