Home » Blog » Wajib Tahu, 5 Manfaat Buah Apel untuk Orang Sakit!

Wajib Tahu, 5 Manfaat Buah Apel untuk Orang Sakit!

manfaat buah apel untuk orang sakit

Muncul istilah “an apple a day keeps the doctor away“, sepertinya bukan tanpa alasan. Buah apel adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Dalam sebuah apel terdapat antioksidan flavonoid, serat, kalium, pektin, asam ursolat, folat, vitamin A, B, C dan K. Zat gizi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak yang menyukai buah apel karena kaya gizi dan rasanya enak. Rutin konsumsi buah apel dapat mengurangi risiko banyak penyakit. Apa saja manfaat buah apel untuk orang sakit? Sahabat sehat, mari kita simak penjelasan berikut ini!

Diabetes Tipe 2

Buah apel bermanfaat untuk orang sakit diabetes karena apel mengandung fitonutrien. Kandungan fitonutrien ini berfungsi menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Fitonutrien membantu sel-sel pankreas dalam produksi insulin dan menghambat enzim pencernaan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana. Hal ini membantu dalam mengurangi penyerapan gula ke aliran darah.

Rutin mengonsumsi apel dan menjaga pola makan yang baik dapat menurunkan risiko diabetes. Apel juga bisa menjadi makanan sehat dengan rasa manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. 

Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia berarti tubuh mengalami kelebihan kolesterol dalam darah. Kolesterol dibagi menjadi 3, yaitu high density lipoprotein (HDL), kolesterol jenis low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida. HDL adalah koletserol baik, sedangkan LDL dan trigliserida adalah kolesterol yang biasa disebut kolesterol jahat. 

Kelebihan kadar LDL dan trigliserida dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Mengonsumsi apel secara rutin dapat menurunkan hingga 20 persen kadar kolesterol dalam darah. Dengan catatan, Sahabat sehat harus tetap melakukan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang menjadi pemicu hiperkolesterolemia.

Asma

Manfaat buah apel untuk orang sakit asma yaitu nutrisi pada apel bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel dapat melindungi paru-paru dengan lebih baik. Quercetin flavonoid adalah jenis antioksidan yang terdapat pada kulit apel dan berfungsi mengurangi peradangan pada organ pernapasan. 

Penderita asma dianjurkan mengonsumsi apel dengan kulitnya. Kandungan quercetin flavonoid dan vitamin pada apel bisa membantu mengurangi reaksi alergi dan risiko kambuhnya asma. 

Kanker

Penyakit kanker bisa disebabkan beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu keturunan, sedangkan faktor eksternal yaitu perubahan hormon, obestitas, gaya hidup tidak sehat, zat kimia dan sebagainya. Risiko kanker bisa dikurangi dengan pola hidup sehat dan menjaga asupan vitamin yang cukup.

Apel mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko kanker. Antioksidan apel mencegah rusaknya sel darah akibat paparan radikal bebas. Kandungan vitamin dan mineral pada apel menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

Alzheimer

Alzheimer adalah menurunnya fungsi otak, terkait dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berfikir dan bicara. Pengendapan protein di otak penderita Alzheimer karena terhalangnya asupan nutrisi pada sel otak. Alzheimer biasanya ditemukan pada orang-orang usia lanjut.

Senyawa quercetin flavonoid yang banyak terdapat pada kulit apel berfungsi melindungi dan menutrisi sel-sel otak. Sel otak yang ternutrisi dengan baik akan mengurangi risiko matinya sel saraf akibat penuaan.     

 

Manfaat buah apel untuk orang sakit bisa didapat dengan rutin konsumsi buah apel. Sebaiknya apel dimakan langsung dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Sahabat sehat juga bisa membuat jus apel untuk mendapatkan sari-sari nutrisinya. 

Pilih apel dengan kualitas terbaik agar kandungan nutrisinya terjaga. Apel fuji bisa menjadi pilihan apel favorit Sahabat sehat dan keluarga karena rasanya manis dan kaya vitamin. 

 

Referensi: Hellosehat