Home » Blog » Manfaat Jeruk Nipis untuk Tiroid

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tiroid

MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK TROID

Buah buahan salah satu sumber vitamin, mineral, serta zat gizi lainnya yang memberikan berbagai manfaat. Salah satu buah yang banyak manfaat ialah Jeruk, lalu bagaimana manfaat jeruk nipis untuk tiroid. Dan apakah itu penyakit tiroid baca selengkapnya.

Salah satu kemampuan yang dimiliki tubuh ialah mampu menghasilkan vitamin, mineral serta zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Namun tidak semuanya dapat dihasilkan tubuh, beberapa senyawa membutuhkan bahan bakar untuk dapat digunakan oleh tubuh.

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan merupakan buah yang memiliki banyak varietes ialah jeruk, salah satunya jeruk nipis. Salah satu manfaat jeruk adalah mampu membantu tiroid menstabilkan kelenjar tiroid yang dihasilkan.

DAPATKAN JERUK NIPIS DAN BUAH SEGAR LAINNYA DI SESA.ID 

Mengenal Tiroid

Tiroid adalah kelenjar endokrin (mensekresi hormon) berbentuk kupu-kupu di leher yang ditemukan di kedua sisi trakea (tenggorokan)

Tiroid memiliki berat sekitar 20-25 gram pada orang dewasa. Ini berbentuk kupu-kupu dan terdiri dari dua lobus yang dihubungkan bersama oleh tanah genting median.Meskipun organ kecil, ia memiliki banyak peran penting dalam tubuh sahabat sehat.

Fungsi kelenjar tiroid adalah mengambil yodium dari makanan yang kita makan dan mengubahnya menjadi hormon tiroid yaitu Thyroxine (T4) dan Triiodothyronine (T3) dan Calcitonin (yang terlibat dalam metabolisme kalsium). Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme.

BACA JUGA: Kanker: Penyebab, Gejala, Macam – Macamnya dan Cara Mencegah Kanker

Setiap ketidakseimbangan dalam jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar dapat menyebabkan berbagai masalah terhadap tubuh. Disebut juga dengan penyakit tiroid yang merupakan salah satu masalah umum terjadi.

Penyebab dan Gejala Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid ini terjadi ketika kalenjar tiroid di leher tidak cukup memproduksi hormon atau menjadi kurang aktif (hipotiroid), terlalu banyak memproduksi hormon atau terlalu aktif (hipertiroid), membengkak atau gondok.

Siapa yang terkena penyakit tiroid?

Penyakit tiroid dapat menyerang siapa saja — pria, wanita, bayi, remaja, dan orang tua. Ini dapat hadir saat lahir (biasanya hipotiroidisme) dan dapat berkembang seiring bertambahnya usia (seringkali setelah menopause pada wanita).

Penyakit tiroid sangat umum, seorang wanita sekitar lima sampai delapan kali lebih mungkin untuk didiagnosis dengan kondisi tiroid daripada pria.

Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit tiroid jika Anda:

  • Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tiroid.
  • Memiliki kondisi medis (ini dapat mencakup anemia pernisiosa, diabetes tipe 1, insufisiensi adrenal primer, lupus, rheumatoid arthritis, sindrom Sjögren dan sindrom Turner).
  • Minum obat yang tinggi yodium (amiodarone).
  • Berusia lebih dari 60 tahun, terutama pada wanita.
  • Pernah menjalani pengobatan untuk kondisi tiroid atau kanker masa lalu (tiroidektomi atau radiasi).

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tiroid

Kenapa jeruk nipis dapat memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit tiroid?

manfaat jeruk nipis untuk trioid

Jeruk Nipis Organik

Salah satu kandungan yang paling dominan dalam semua jenis jeruk ialah vitamin C. Dengana kandungan kaya dengan vitamin C membuat manfaat jeruk nipis untu tiroid bisa dikatakan cukup berperan besar. Tidak hanya itu dan dengan antioksidan, jeruk nipis dapat menetralkan radikal bebas, melindungi sel-sel dari kerusakan lebih lanjut.

Radikal bebas menyebabkan peradangan pada kelenjer tiroid dan dapat mempengaruhi fungsinya. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan, menjaga gula darah, mengatur kadar kolestrol, serta mencegah kerusakan kulit juga membantu menyembuhkan luka.

Peranan vitamin C sangat penting untuk tiroid dan tubuh sahabat sehat agar tetap sehat. Vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis ini diperlukan untuk biosintesis kolagen, metabolisme protein dan berfungsi sebagai antioksidan  untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi, pilek dan flu.

Sahabat sehat tidak hanya saja manfaat jeruk nipis untuk tiroid yang bisa didapat dari buah ini tapi juga untuk kekebalan tubuh. Umumnya jeruk dan jenis jenisnya yang lain memiliki kandungan vitamin C jadi jika tidak ada jeruk nipis bisa banyak mengkonsumsi buah jeruk.

banner_sesa_web_9_

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/4-fruits-that-you-must-add-to-your-diet-to-manage-your-thyroid-hormones-level/photostory/86231366.cms?picid=86231410

https://www.practo.com/healthfeed/thyroid-24471/post?utm_source=Consult&utm_medium=related_articles

https://www.timesnownews.com/health/article/have-a-thyroid-disorder-here-are-2-healthy-detox-drinks-to-flush-out-toxins-boost-thyroid-function/613876

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8541-thyroid-disease