Home » Blog » 7 Manfaat Jus Jambu Biji untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Penyakit

7 Manfaat Jus Jambu Biji untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Penyakit

manfaat jus jambu biji

Sahabat sehat, guava atau buah jambu biji enak dinikmati langsung atau diolah menjadi jus segar. Rasa buah tropis ini manis segar apalagi jika meminum jus jambu biji dingin di hari yang panas. Segelas jus jambu biji bisa mengembalikan kesegaran dan semangat setelah lelah beraktivitas. Banyak manfaat jus jambu biji untuk kesehatan yang perlu Sahabat sehat tahu. 

Jus jambu biji kaya antioksidan dan vitamin yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh hingga membantu penyembuhan penyakit. Nutrisi yang ada pada jambu biji di antaranya adalah antioksidan likopen, vitamin A, vitamin C, serat, protein, zat besi, asam folat dan kalium. Sahabat sehat, yuk simak manfaat jus jambu biji berikut ini!

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi jus jambu biji sangat disarankan untuk Sahabat sehat yang mudah terkena gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Jus jambu biji sangat kaya kandungan serat. Dalam 100 gram buah jambu biji segar mengandung serat hingga 2,4 gram. Selain itu, kandungan air pada jambu biji juga sangat tinggi. 

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Sahabat sehat salah satu manfaat jus jambu biji yang mungkin belum banyak yang tahu yaitu bisa mencegah bau mulut. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan likopen yang baik untuk menjaga kesehatan rongga mulut, mencegah sariawan dan radang gusi. Antioksidan juga berperan dalam mencegah bakteri penyebab bau mulut berkembang. Tambahkan madu dalam jus jambu biji untuk mengatasi masalah rongga mulut. 

Membantu Penyembuhan Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Salah satu manfaat jus jambu biji dipercaya efektif membantu penyembuhan gejala demam berdarah. Jus jambu biji kaya vitamin dan mineral penting dalam penyembuhan gejala demam berdarah.  Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mendorong membentukan trombosit darah. Senyawa quercetin sebagai antiradang untuk menghambat perkembangan virus demam berdarah. 

Membantu Meringankan Gejala Diabetes

Manfaat jus jambu biji yaitu mengatasi gejala diabetes dan mengurangi risiko diabetes. Indeks glikemik pada jus jambu biji rendah namun punya kandungan serat yang sangat tinggi. Nutrisi dalam jus jambu biji membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Penderita diabetes dianjurkan meminum jus jambu biji tanpa tambahan pemanis. Maka, pilihlah jenis jambu biji yang rasanya manis sehingga tidak butuh tambahan gula. 

Membantu Penyembuhan Flu dan Batuk

Jus jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin A dan vitamin C yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang ada pada jus jambu biji yaitu flavanoid, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Semua antioksidan ini bekerja sebagai anti radang dan membantu mengatasi gejala batuk dan flu pada saluran pernapasan dan tenggorokan. 

Sahabat sehat bisa mendapatkan manfaat jus jambu biji sebagai suplemen alami tubuh khususnya di masa pandemi ini. Untuk mendapatkan jus buah bernutrisi pilih buah segar dan gunakan juicer berkualitas. Juicer Kuvings adalah juicer yang mampu mempertahankan kualitas dan kandungan nutrisi dari buah dan sayur. Sehingga, menghasilkan rasa jus yang lezat dan super segar. Sahabat sehat bisa mendapatkan juicer berkualitas untuk mengonsumsi jus buah kaya gizi bersama keluarga di sini.

 

Referensi: Klikdokter

Gambar oleh Suanpa dari Pixabay