Home » Blog » Putihkan Kulit Hingga Hilangkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Kentang Rebus untuk Kecantikan!

Putihkan Kulit Hingga Hilangkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Kentang Rebus untuk Kecantikan!

manfaat kentang rebus untuk kecantikan

Salah satu makanan pokok pengganti nasi yang populer di Indonesia adalah kentang. Sayur ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan maupun cemilan yang lezat. Pada artikel kali ini, Sahabat Sehat akan diberi tahu manfaat kentang rebus untuk kecantikan.

Manfaat Kentang untuk Kecantikan

Sahabat Sehat pasti sudah tahu bahwa kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tidak hanya itu, ternyata kandungan pada kentang juga bermanfaat bagi kecantikan wajah, loh. Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya dibawah ini:

Mencerahkan Kulit

Manfaat kentang rebus yang paling populer adalah mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kentang mengandung suatu enzim bernama katekolase yang dapat meringankan bintik-bintik hitam maupun noda kusam di wajah.

Selain itu, konsumsi kentang rebus secara teratur juga dapat memulihkan dan menjaga kondisi kulit dari paparan sinar matahari. Antioksidan yang terkandung pada kentang akan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Dengan demikian, kentang juga mampu meminimalisir resiko kanker kulit.

Untuk hasil yang lebih optimal, Sahabat Sehat juga dapat mengoleskan kentang pada wajah sebagai masker. Cara membuatnya sangat mudah, Sahabat Sehat dapat mengambil beberapa irisan kentang dingin, lalu meletakkannya pada wajah yang terpapar sinar matahari.

Menghilangkan Mata Panda

Layaknya timun, kentang juga dapat dijadikan sebagai penghilang mata panda yang ampuh. Dengan mengkonsumsi kentang rebus atau mengoleskannya pada wajah, kantung mata dan bengkak di sekitar mata dapat hilang dalam waktu singkat.

Sayur yang satu ini sudah terbukti sangat efektif dalam membasmi mata panda karena sifatnya yang mencerahkan. Sahabat Sehat bisa mendapatkan manfaat ini dengan dua cara. Pertama, dengan mengkonsumsi kentang rebus secara teratur.

Kedua, membuat masker kentang dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama, ambil kentang mentah, lalu kupas dan potong besar-besar
  2. Kemudian, bungkus kentang dengan sapu tangan dan taruh di mata sekitar 15 menit
  3. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air bersuhu hangat

Melembabkan Kulit

Masalah kulit kering rasanya pernah dirasakan sebagian besar populasi di dunia. Bila Sahabat Sehat tengah bingung mengatasi kulit kering, mungkin manfaat kentang rebus untuk kecantikan yang satu ini dapat dijadikan sebagai solusi.

Penggunaan kentang diyakini mampu membuat kulit lebih lembab, lembut, dan kenyal. Sahabat Sehat bisa mendapat manfaat ini dengan mengkonsumsi kentang rebus secara teratur atau menjadikannya sebagai masker wajah. Selain itu, Sahabat Sehat juga dapat menjadikan air rebusan kentang sebagai toner.

Menghilangkan Keriput

Apakah tanda-tanda penuaan sudah mulai muncul di wajah Sahabat Sehat? Jika iya, Sahabat Sehat dapat meminimalisir hal ini dengan mengkonsumsi kentang secara rutin. Pasalnya, kentang sangat kaya akan nutrisi dan antioksidan. 

Kehadiran antioksidan dalam kentang mampu menangkal radikal bebas dan menstabilkannya. Dengan begitu, aneka kerusakan oksidatif pada sel kulit dapat teratasi dengan baik.

Proses inilah yang dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, bintik hitam, dan lain sebagainya. Bila ada waktu luang, Sahabat Sehat dapat mengaplikasikan kentang pada kulit secara langsung.

Menghilangkan Jerawat

Permasalahan yang satu ini paling banyak dialami oleh kaum hawa. Tenang saja, dengan mengkonsumsi kentang rebus secara rutin, berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, dapat diatasi dengan baik. Pasalnya, kentang diyakini mampu menghilangkan sel kulit mati dan mengangkat kotoran dari kulit wajah.

Selain itu, kentang juga mampu mengontrol produksi minyak dengan cara menyeimbangkan sekresi yang dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat. Sensasi dingin pada kentang mampu mengempeskan jerawat yang meradang, loh

Untuk mendapatkan semua manfaat kentang rebus untuk kecantikan tersebut, Sahabat Sehat harus pandai memilih kentang yang berkualitas. Agar tidak bingung, Sahabat Sehat dapat menggunakan kentang organik Sesa untuk diolah menjadi berbagai macam masakan maupun dijadikan sebagai masker wajah.

Referensi: Liputan 6