fbpx
Skip to content
Home » Blog » 10 Khasiat Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Mampu Atasi Alergi

10 Khasiat Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Mampu Atasi Alergi

manfaat madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil banyak sekali, khususnya membantu menjaga kesehatan dari bumil selama masa kehamilan. Terutama bagi bumil yang sedang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk bisa menjaga perkembangan janin dengan baik.

Madu sendiri memiliki kandungan glukosa, fruktosa, vitamin B2, B3, B6 dan B9 serta protein. Berikut ini informasi lebih lanjut tentang madu untuk ibu hamil beserta khasiat manfaatnya secara lengkap beserta penjelasannya.

DAPATKAN MADU MURNI UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

10 Khasiat dan Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Madu adalah cairan alami yang berasal dari lebah dan memiliki sejuta manfaat. Madu biasanya akan jadi pengganti untuk gula rafinasi dan lebih sehat dan enak. Untuk itu, madu dapat menjadi makanan yang sehat untuk ibu hamil.

Selain menjadi pengganti gula rafinasi, manfaat madu untuk ibu hamil sangat banyak, simaklah berikut ini khasiat dan juga manfaat yang dimiliki madu untuk wanita yang sedang mengandung.

  1. Mengurangi risiko stress

Mengurangi stress menjadi salah satu manfaat dari madu. Pada masa kehamilan biasanya ibu akan mengalami banyak perubahan dari mulai tubuh, emosi hingga kehidupan berkeluarga. Beberapa wanita kesulitan menerima perubahan ini sehingga rawan untuk merasa stress.

Jika sudah stress biasanya akan mengalami sulit tidur, kehilangan selera makan atau makanan secara berlebihan dan sakit kepala. Tentu saja kondisi ini akan menganggu, memanfaat madu untuk mengurangi stress dapat menjadi salah satu alternatifnya.

  1. Kebutuhan kalsium terpenuhi

Manfaat madu untuk ibu hamil selanjutnya untuk menjaga kebutuhan kalsium tetap terpenuhi di dalam tubuh. Janin yang dikandung membutuhkan asupan kalsium untuk membantu mengoptimalkan perkembangan pertumbuhannya.

Comvita Manuka Madu (Honey) UMF 10+

Manuka Madu

  1. Heartburn atau nyeri pada ulu hati

Selama kehamilan biasanya Sahabat Sehat harus mengonsumsi nutrisi dengan baik dan komposisinya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Sahabat Sehat sebagai ibu hamil atau yang tidak hamil. Untuk itu, konsumsi madu direkomendasikan.

Biasanya ibu hamil akan mengalami mual pada pagi hari dan mengalami hilang nafsu makan. Mengonsumsi madu menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini.

BACA JUGA: Makanan yang Mengandung Kolagen Bermanfaat untuk Tubuh

  1. Sistem kekebalan tubuh terbangun dengan baik

Madu bekerja dalam membangun sistem kekebalan tubuh untuk melindungi ibu hamil dari alergi musiman. Manfaat ini ada karena senyawa antibakteri dan antioksidannya akan memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah adanya komplikasi atau infeksi yang berbahaya.

  1. Tidak mudah terkenal flu

Selanjutnya adalah bantu melawan virus flu. Jadi jika Sahabat Sehat ingin melindungi tubuh dari pengobatan yang berat atau mengonsumsi antibiotik bisa diganti menjadi madu sebagai alternatif.

Ia akan bekerja sebagai empeng bantuk dan meredakan tenggorokan pada saat diminum. Saat mengonsumsinya disarankan untuk mengiringinya dengan jahe dan juga air lemot dengan suhu hangat.

Madu Uray

Madu Uray

  1. Mengatasi alergi

Selanjutnya, mengatasi alergi menjadi manfaat selanjutnya karena memiliki zat alami yang aman untuk dikonsumsi. Alergi yang bisa diatasi seperti kulit gatal-gatal cara menyembuhnya dengan mengoleskannya saja pada kulit yang gatal.

  1. Mencegah insomnia

Saat hamil ibu sering mengalami stres dan kesulitan untuk tidur malam, padahal pada saat berada dalam masa kehamilan seorang wanita wajib untuk memiliki kualitas tidur yang baik agar tetap sehat baik ibu atau janinnya.

  1. Meringankan sakit tenggorakan

Sejak zaman Yunani kuno madu sudah ditemukan, pada saat itu cairan manis ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit tenggorokan yang diakibatkan infeksi atau virus. Sahabat Sehat bisa bersama jahe dan lemon agar rasanya menjadi lebih enak dan hangat.

  1. Kaya dengan antioksidan

Madu memiliki kaya atas antioksidan, dan berfungsi untuk meredakan stres oksidatif. Mengonsumsinya madu juga akan membandu perkembangan anak menjadi lebih baik dan pintar.

  1. Manfaat madu untuk ibu hamil dapat mencegah maag

Masalah paling umum selanjutnya yang sering dijumpai semua ibu hamil adalah gastritis. Jika terjadi, biasanya akan berlanjut pada maag bahkan penyebab lainnya yang membahayakan bagi keduanya.

Madu sangat efektif untuk mengatasi masalah ini terutama bagi wanita yang sering mengalami sakit perut atau kram selama masa-masa kehamilan. Untuk itu, madu adalah rekomendasi makanan yang sehat.

BACA JUGA: Inilah 6 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil Berdasarkan Jenisnya

Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Walaupun memiliki banyak manfaat, ada hal yang harus Sahabat Sehat perhatikan saat akan memilih madu. Pemilihan ini dilakukan dengan hati-hati agar ibu hamil merasakan manfaat madu untuk bumil dengan baik. Berikut yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya.

  1. Tidak berlebihan

Walaupun memiliki manfaat yang banyak bukan berarti Sahabat Sehat akan terus mengonsumsinya tanpa takaran yang jelas. Jika mengonsumsinya secara berlebihan ada beberapa risiko yang akan terjadi salah satunya diabetes gestasional.

  1. Mewaspadai reaksi alergi

Ibu hamil bisa mengalami reaksi alergi selain manfaat madu untuk ibu hamil seperti bersin, gatal-gatal, pembengkakan kulit, mata merah berair. Jika bumil mengalami beberapa reaksi tersebut lebih baik menghentikan konsumsi madunya dan lakukan pemeriksaan pada dokter.

  1. Cermat dalam memilih

Pemilihan madu juga faktor yang sangat penting agar Sahabat Sehat bisa mendapatkan manfaatnya. Selain itu saat akan membeli madu usahakan untuk memastikan bahwa produk tersebut sudah terstandarisasi oleh BPOM.

Jadi perhatikan terlebih dahulu poin-poin berikut agar Sahabat Sehat bisa mengonsumsi madu dan merasakan manfaatnya. Jika ingin mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil dengan rasa aman, Sahabat Sehat bisa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan.

  1. https://www.tokopedia.com/blog/madu-untuk-ibu-hamil-kpt/
  2. https://www.alodokter.com/risiko-madu-untuk-ibu-hamil#:~:text=Pada%20ibu%20hamil%2C%20konsumsi%20madu,mencampurnya%20ke%20dalam%20teh%20hangat.
  3. https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-madu-untuk-ibu-hamil