Home » Blog » 3 Manfaat Masker Yogurt untuk Kesehatan Kulit Wajah

3 Manfaat Masker Yogurt untuk Kesehatan Kulit Wajah

manfaat masker yogurt

Probiotik disebut juga bakteri baik. Probiotik selama ini dikenal sebagai kandungan utama yogurt, yaitu bakteri lactobacillus. Tahukah Sahabat sehat, apa saja manfaat probiotik pada yogurt? Ternyata, manfaatnya sangat banyak, di antaranya menjaga kesehatan kulit wajah. Produsen skin care mulai banyak mengunakan probiotik dalam kandungan skin care

Sahabat sehat bisa mendapatkan manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan wajah dengan membuat masker alami. Ini dia, 5 manfaat masker yogurt dan cara membuatnya juga tidak sulit. Cek, yuk.

 

1. Masker Yogurt dan Madu (Menjaga Keremajaan Kulit Wajah)

Salah satu cara menjaga keremajaan kulit adalah dengan menutrisi kulit dengan baik dan menjaga kelembaban alaminya. Kulit kering karena dehidrasi cenderung mudah kehilangan elastisitas kulit dan mudah muncul kerutan. Manfaat masker yogurt untuk menjaga keremajaan kulit, bisa didapat dengan menambahkan madu. Madu juga bermanfaat melembabkan dan menghaluskan tekstur kulit wajah.

Cara membuat masker yogurt dan madu, berikut ini:

  • Campurkan 2 sendok makan yogurt tawar dan 1 sendok teh madu.
  • Aduk kedua bahan utama tersebut hingga tercampur rata. 
  • Oleskan pada wajah dan diamkan 10-15 menit.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih. 

 

2. Masker Yogurt dan Aloe Vera (Atasi Jerawat dan Kulit Berminyak)

Sahabat sehat, untuk mendapatkan manfaat masker yogurt untuk kulit berjerawat bisa dipadukan dengan aloe vera. Kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat dan kusam. Probiotik pada yogurt dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Aloe vera berfungsi untuk mencerahkan dan menjaga kadar minyak pada wajah. Masker ini cocok untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat. 

Cara membuat masker yogurt dan aloe vera, berikut ini:

  • Siapkan 1 sendok makan yogurt tawar. 
  • Siapkan 1 sendok makan gel lidah buaya. Sahabat sehat bisa membuat gel lidah buaya dari daging lidah buaya yang telah dicuci dan dihaluskan, atau menggunakan gel lidah buaya siap pakai. 
  • Aduk keduanya hingga tercampur rata.
  • Simpan 5-10 menit dalam lemari es sebelum digunakan. Supaya, mendapatkan efek dingin dan menenangkan pada kulit yang mengalami iritasi jerawat. 
  • Oleskan merata pada wajah, diamkan 10-15 menit, bilas bersih.

 

3. Masker Yogurt dan Mentimun (Melembabkan Kulit Kering dan Sensitif)

Yogurt bisa dijadikan pelembab alami untuk kulit yang terbakar matahari. Mentimun juga punya efek menyegarkan dan melembabkan. Sehingga, ketika keduanya dipadukan dalam masker akan membuat wajah menjadi segar dan terhidrasi. Masker yogurt dan mentimun jika rutin digunakan bisa menjegah wajah dari iritasi kamerahan karena sinar matahari. Masker ini cocok untuk jenis kulit kering dan sensitif.

Cara membuat masker yogurt dan mentimun, berikut ini:

Masukan 1 sendok makan mentimun yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblander kasar).

Tambahkan 1 sendok makan yogurt .

Tambahkan 1/2 sendok teh minyak zaitun (extra virgin olive oil).

Campurkan ketiga bahan hingga rata, kemudian oleskan merata pada wajah. 

Diamkan masker pada wajah 10-15 menit, bilas bersih dengan air. 

 

Masker wajah yang terbuat dari bahan utama yogurt sebaiknya rutin dipakai setiap 2-3 kali seminggu. Untuk mendapatkan manfaat masker yogurt secara maksimal, pastikan wajah sudah bersih sebelum menggunakan masker. Untuk membuat masker yogurt yang mampu menutrisi kulit wajah dengan baik, Sahabat sehat bisa gunakan jenis yogurt tawar dengan komposisi alami, seperti yogurt plain biokul

 

Referensi : sehatq