Home » Blog » 8 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

8 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

manfaat yogurt untuk kesehatan

Yogurt diolah dari bahan dasar susu yang difermentasi dengan bakteri tertentu. Jenis yogurt umumnya terbuat dari olahan susu sapi, tapi ada juga yogurt yang dibuat dari sari kacang kedelai dan susu kambing. Dalam proses fermentasi susu tersebut, laktosa yang ada pada susu berubah menjadi asam laktat. Kandungan asam laktat yang kemudian berperan menghasilkan tekstur dan aroma yogurt yang khas. 

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang lezat dan kaya nutrisi. Kandungan nutrisi pada yogurt di antaranya, probiotik, protein, kalsium, vitamin B, vitamin D, Manfaat yogurt untuk kesehatan sangat banyak, Sahabat sehat. Mari simak apa saja manfaat yogurt untuk kesehatan, Sahabat sehat!

 

1. Menyehatkan Pencernaan

Beberapa jenis gangguan pencernaan ringan yang mudah menyerang manusia, di antaranya diare, sembelit dan gangguan usus. Yogurt bisa membantu mengatasi dan mencegah gangguan pencernaan. Probiotik pada yogurt bertugas sebagai suplemen yang membantu melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

2. Menyehatkan Tulang dan Gigi 

Protein, kalsium dan vitamin D, adalah tiga jenis nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ketiga nutrisi tersebut bisa Sahabat sehat dapatkan sekaligus dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. Tulang yang kekurangan nutrisi rentan terkena osteoporosis.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Probiotik pada yogurt tidak hanya berperan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik juga bekerja dalam tubuh untuk melindungi sel-sel tubuh dan sebagai anti-radang alami. Probiotik dipadukan dengan vitamin lain yang ada pada yogurt, sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus, bakteri dan kerusakan sel tubuh.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Tips menjaga berat badan dengan stabil adalah menekan nafsu makan berlebih dan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan seimbang. Makanan sehat sehari-hari akan semakin lengkap kandungan nutrisinya ditambah segelas yogurt. Kandungan protein pada yogurt ikut menjaga rasa kenyang lebih lama.

5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Salah satu manfaat yogurt untuk kesehatan adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Kandungan kalium pada yogurt adalah nutrisi yang baik bagi penderita darah tinggi. Kalium ikut membantu proses metabolisme dengan membuang kelebihan natrium dalam tubuh. Natrium banyak ditemukan dalam makanan yang banyak diolah dengan garam. Natrium berlebihan menjadi salah satu penyebab naiknya tekanan darah.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Yogurt memang bukan jenis makanan yang tidak mengandung lemak. Tetapi, lemak yang ada pada yogurt tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi tidak berlebihan. Justru, dengan mengonsumsi yogurt tekanan darah akan lebih stabil. Dengan tekanan darah yang stabil, gejala penyakit jantung bisa dihindari. 

7. Melembabkan dan Menenangkan Kulit Wajah

Selain manfaat yogurt untuk kesehatan bagian dalam tubuh, yogurt juga punya manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Yogurt punya sifat melembabkan kulit secara alami. Kulit wajah yang lelah dan kering, bisa menjadi sebab banyak masalah kulit. Kini banyak produk kesehatan kulit yang memasukan yogurt sebagai komposisi utamanya. 

8. Mengatasi Iritasi Kulit dan Jerawat

Probiotik pada yogurt tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga sebagai anti-bakteri dan anti-peradangan pada kulit. Kulit iritasi akibat peradangan jerawat, bisa ditenangkan dengan kandungan nutrisi pada yogurt. Rutin menggunakan perawatan menggunakan yogurt membantu mengatasi kulit yang iritasi akibat jerawat dan sengatan sinar matahari

 

Banyak sekali manfaat yang bisa Sahabat sehat dapatkan dari sebotol yogurt. Pilihan yogurt yang baik akan memberikan manfaat lebih maksimal. Sahabat sehat bisa meminum yogurt secara langsung atau diolah menjadi smoothie dan salad buah. Sedangkan, untuk kulit biasanya yogurt dijadikan masker atau campuran scrub

 

Referensi : wikipedia

Photo by Ecrin from Pexels