Home » Blog » 5 Cara Terbaik Mendapatkan Manfaat Yogurt untuk Tubuh

5 Cara Terbaik Mendapatkan Manfaat Yogurt untuk Tubuh

manfaat yogurt untuk tubuh

Sahabat sehat, pasti sudah tidak asing lagi dengan yogurt? Yogurt adalah produk olahan susu yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat yogurt untuk tubuh sangat banyak. Di antaranya, menjaga imunitas, menjaga kesehatan tulang, membantu melancarkan proses metabolisme. Selain dikonsumsi langsung, yogurt juga bisa diolah sebagai perawatan kulit alami dalam bentuk masker wajah.

Sahabat sehat, untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk tubuh ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak selengkapnya di poin-poin penjelasan berikut ini, yuk!

 

1. Yogurt Kaya Protein 

Yogurt yang baik kaya akan kandungan protein, sehingga bisa memberikan rasa kenyang ketika dikonsumsi. Selain mengenyangkan, kandungan protein juga diperlukan tubuh untuk memelihara sel-sel tubuh hingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dalam 1 cangkir yogurt rata-rata terkandung 150 kalori dan 8-15 gram protein. Selain protein, yogurt juga kaya akan vitamin dan mineral yang menyehatkan, yaitu probiotik, kalsium dan vitamin B.

2. Tidak Dikonsumsi Berlebihan

Setiap bahan makanan yang dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik, begitu juga dengan yogurt. Manfaat yogurt untuk tubuh bisa didapatkan jika yogurt dikonsumsi dengan takaran yang pas. Takaran yogurt yang pas untuk tubuh orang dewasa adalah 200-450 ml per hari. 

Yogurt bisa dikonsumsi sebagai camilan pada siang hari. Rasanya yang segar akan membuat tubuh terasa lebih bersemangat dalam beraktivitas.   

3. Yogurt Rendah Kalori

Yogurt yang rendah kalori tentu lebih baik untuk tubuh. Terutama bagi Sahabat sehat yang sedang menjalani diet. Pada umumnya yogurt berkualitas diolah dengan lemak alami sehingga memang tidak mengandung kalori yang tinggi. Yogurt tawar cenderung memiliki kandungan gula dan kalori lebih rendah, daripada yogurt yang sudah dicampur perasa makanan. 

Hati-hati, jangan terkecoh dengan label low-fat pada yogurt. Beberapa jenis yogurt dan produk makanan low-fat justru menambahkan gula lebih banyak. Jadi, akan lebih baik dalam memilih yogurt, Sahabat sehat menyimak label komposisi dan nutrisi pada kemasan. 

4. Campur dengan Bahan Makanan Sehat

Yogurt tawar, plain yogurt adalah jenis yogurt yang paling sehat. Yogurt tawar tidak diolah dengan perasa tambahan. Yogurt tawar juga bisa dikreasikan dengan buah segar atau madu untuk mendapatkan cita rasa lebih lezat. Yogurt tawar tidak akan merusak rasa dari campuran bahan makanan sehat lainnya. 

Cara mengonsumsi yogurt tawar agar lebih lezat, bisa diolah menjadi salad buah atau smoothie. Tidak mau repot, yogurt tawar yang dicampur dengan madu juga sudah cukup lezat dikonsumsi. 

5. Yogurt Bebas Laktosa

Yogurt adalah produk fermentasi susu. Beberapa orang sensitif terhadap kandungan susu, sehingga khawatir mengonsumsi yogurt. Apakah Sahabat sehat termasuk yang alergi kandungan susu sapi? Tenang saja, Sahabat Sehat bisa tetap konsumsi yogurt. 

Ada jenis yogurt yang tetap aman dikonsumsi bagi Sahabat sehat yang alergi dengan kandungan susu sapi, yaitu non-dairy yogurt. Non-dairy yogurt biasanya terbuat dari selain susu sapi, bisa berupa kacang kedelai atau kelapa. Non-dairy yogurt juga biasa dipilih sebaga camilan sehat rendah kalori oleh para vegetarian.

 

Apakah masih ada stok yogurt di rumah, Sahabat sehat? Sayang sekali, kalau sampai Sahabat sehat melewatkan manfaat yogurt untuk tubuh. Yuk, jangan lupa stok yogurt dengan rasa dan kandungan nutrisi terbaik di rumah! Konsumsi yogurt bersama keluarga untuk mendapatkan manfaat baik yogurt setiap hari, ya. 

 

Referensi : sehatq.com

Photo by Hana Brannigan from Pexels