Home » Blog » 5 Manfaat Minyak Kelapa Hijau Untuk Dewasa dan Anak-Anak

5 Manfaat Minyak Kelapa Hijau Untuk Dewasa dan Anak-Anak

manfaat minyak kelapa hijau

Banyak orang yang percaya kalau minyak kelapa mengandung sejuta manfaat, terutama kelapa hijau. Ternyata memang benar kalau manfaat minyak kelapa hijau sangat banyak dan bisa dirasakan oleh dewasa maupun anak-anak. Namun, hanya minyak kelapa alami yang paling sedikit pengolahannya dapat berefek secara maksimal.

Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan manfaat dari minyak kelapa. Beberapa orang mengonsumsinya langsung, mengoleskan pada kulit, dan sebagainya.

Apabila mau dikonsumsi langsung, pastikan seseorang tidak mengidap penyakit tertentu. Sebagai contoh, orang yang mempunyai penyakit jantung tidak boleh banyak-banyak mengonsumsi minyak kelapa karena mengandung kalori cukup tinggi.

Namun, masih ada alternatif lain untuk merasakan khasiat dari minyak kelapa. Lihat manfaat minyak kelapa hijau di bawah ini supaya tetap mendapatkan manfaat alami darinya:

Menjaga Kelembapan Kulit

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Bagi mereka yang memiliki problem kulit kering, gunakan minyak kelapa hijau pada permukaan yang butuh dihidrasi. Dalam minyak kelapa hijau terdapat kandungan protein dan mineral. Keduanya mampu mengembalikan kelembapan kulit, baik dewasa maupun anak-anak.

Pada seorang bayi, beberapa mengalami masalah cradle crap dan eksim. Untuk menanganinya tidak bisa sembarangan karena bisa jadi kulit si kecil kondisinya bertambah buruk. Oleh sebab itu, gunakan bahan alami yakni minyak kelapa hijau sebagai salah satu treatment-nya.

Menyehatkan Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut sehat berkilau? Belum lagi kalau rambut tumbuh panjang dan bervolume. Tenang, ada cara mudah untuk mendapatkannya. Rajin lah menggunakan minyak kelapa pada batang rambut dan kulit kepala. Maka, rambut akan tumbuh subur sekaligus sehat.

Untuk yang punya problem kebotakan, minyak kelapa mampu merangsang pertumbuhan rambut. Jadi, bagian-bagian yang botak kalau rutin diolesi minyak kelapa akan muncul rambutnya. Ini pun berlaku bagi bayi yang pertumbuhan rambutnya belum merata.

Mengobati Luka

Belum banyak yang mengetahui kalau manfaat minyak kelapa hijau bisa mengobati luka, termasuk luka bakar. Padahal dalam minyak kelapa hijau terdapat banyak kandungan bermanfaat, seperti anti inflamasi, anti bakteri, dan anti peradangan. Membersihkan luka dengan minyak kelapa bisa menghilangkan bakteri sekaligus mengurangi rasa sakit.

Caranya cukup dengan mengolesi minyak kelapa pada luka dan area sekitarnya. Luka boleh dibiarkan terbuka atau diperban. Pada saat ini, minyak kelapa pun akan merangsang produksi kolagen untuk memaksimalkan penyembuhan.

Mengurangi Plak Gigi

Selain manfaat minyak kelapa hijau untuk luka, bahan alami ini dapat mengurangi plak gigi pun belum banyak yang tahu. Seseorang yang rajin berkumur dengan minyak kelapa hijau dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Bakteri ini kalau dibiarkan akan menyebabkan bau mulut, gigi berlubang, dan masalah lainnya.

Berkumur dengan minyak kelapa aman dilakukan oleh siapa pun. Untuk anak-anak, pastikan mereka sudah paham cara berkumur dan mengeluar cairan kumur tersebut. Bagaimana pun sikat gigi tetap menjadi langkah utama untuk membersihkan mulut. Berkumur dengan minyak kelapa akan memaksimalkan hasilnya.

Sebagai Minyak Untuk Pijat

Baik anak-anak maupun dewasa suka dipijat. Tentunya untuk anak-anak tidak bisa menggunakan sembarang minyak. Harus minyak yang alami dan tidak panah. Sedangkan bagi orang dewasa ada yang tidak kuat panas. Maka, pijat dengan minyak kelapa hijau adalah solusinya.

Kalau kurang nyaman dengan aroma minyak kelapa, bisa mencampurnya dengan essential oil. Saat ini ada banyak minyak tersebut dijual. Selama tidak mengandung bahan kimia berbahaya akan tetap aman digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Tak usah bingung di mana mendapatkan minyak kelapa hijau yang alami. Saat ini banyak produsen yang menawarkan minyak kelapa tersebut, namun hanya minyak kelapa hijau asli yang berkualitas untuk dipilih. Dengan begitu, seluruh manfaat minyak kelapa hijau di atas dapat dirasakan secara maksimal.

 

Referensi: SehatqKlikdokterHellosehat

Photo by Any Lane from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.