Home » Blog » Jadikan Skin Care! Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Bibir

Jadikan Skin Care! Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Bibir

manfaat minyak kelapa untuk bibir

Bibir menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan. Tak hanya wanita, pria pun wajib menjaga kesehatan bibir. Sebab, bagian tubuh ini akan berpengaruh saat seseorang makan dan berkomunikasi. Sudah tahu kalau ada banyak manfaat minyak kelapa untuk bibir? Kalau belum, baca artikel ini hingga habis.

Untuk merasakan khasiat minyak kelapa pada bibir, seseorang tidak perlu mengoleskannya terlalu banyak. Asalkan rajin, maka dampaknya akan didapatkan. Perlu diingat kalau minyak kelapa adalah bahan alami sehingga efeknya tidak akan cepat. Tapi, nilai plusnya adalah bahan ini tidak mengandung zat kimia sehingga aman kalaupun tertelan.

Manfaat minyak kelapa untuk bibir bisa didapatkan meski dicampur dengan bahan alami lainnya. Misalnya, minyak kelapa dicampur dengan madu, minyak ziatun, shea butter, dan lainnya. Buat yang penasaran khasiatnya, berikut lima hal yang harus diketahui:

Mengobati Bibir Kering dan Pecah

Di saat udara dingin atau terlalu lama di ruangan ber-AC pasti bibir seseorang menjadi kering. Bahkan ada yang menjadi pecah-pecah hingga berdarah. Tak perlu bingung, kondisi ini bisa diobati dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir.

Minyak kelapa akan berperan seperti lip balm pada bibir seseorang. Untuk menghilangkan lapisan kulit kering, jangan langsung mencabutnya. Cara seperti ini bisa membuat bibir berdarah. Tambahkan sedikit garam sehingga minyak kelapa berfungsi sebagai scrub.

  • Menjaga Kelembapan

Melanjutkan khasiat sebelumnya, jika seseorang tetap mengoleskan minyak kelapa pada bibir kering atau pecah-pecah akan memulihkan kelembapannya. Cara ini cocok bagi mereka yang menghindari menggunakan bahan kimia.

Bagi anak-anak pun kelembapan bibir perlu di jaga. Pada kondisi tertentu, ada kalanya bibir mereka kering. Untuk menghindari resiko anak-anak menelan bahan kimia, maka menggunakan minyak kelapa adalah solusi yang tepat.

  • Mencegah Kerutan di Bibir

Manfaat minyak kelapa untuk bibir lainnya adalah mencegah kerutan. Percaya atau tidak, tak banyak orang yang menyadari bahwa bibir pun bisa memiliki kerutan. Seiring bertambahnya usia, kerutan bukan hanya di area sekitar mata, pipi, dan dahi saja, tetapi juga di seputaran bibir.

Rutin mengaplikasikan minyak kelapa bisa mengurangi kerutan-kerutan yang terbentuk di sana. Maka, sangat bagus kalau minyak kelapa dijadikan salah satu skincare yang berfungsi sebagai anti aging. Selain harganya murah, bahannya pun alami.

  • Menyembuhkan Rasa Nyeri

Kadang bibir terasa nyeri. Biasanya diakibatkan ketika bibir berdarah, baik karena pecah-pecah atau sebab lainnya. Untuk mengurangi rasa nyeri, seseorang bisa menggunakan minyak kelapa. Bahan ini bersifat calming sehingga membuat rada nyaman di bibir.

Kandungan analgesik adalah senyawa yang akan bekerja dan memberikan efek ini. Sama seperti sebelumnya, manfaat ini bisa dirasakan juga oleh anak-anak. Hanya saja perlu diperhatikan seberapa banyak mengoleskan minyak kelapa. Jangan sampai terlalu banyak dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Mencegah Kuman di Bibir

Manfaat lainnya, minyak kelapa bisa berfungsi sebagai anti mikroba sekaligus disinfektan. Artinya, minyak kelapa bisa mencegah kuman-kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Bakteri dan virus pun dapat diminimalisir keberadaannya di area sekitar mulut.

Ada banyak kandungan yang bekerja di sini, yaitu laurat, asam kaprat, dan kaprilat. Pada saat bibir sedang pecah-pecah, kesemua kandungan ini mencegah infeksi lebih lanjut. Jadi, tak ada alasan tidak memakai minyak kelapa di saat bibir seperti ini.

Sudah banyak orang yang menggunakan minyak kelapa dalam pengobatan alterntif. Namun, masih sedikit yang memasukkan bahan alami ini sebagai skin care harian. Waktu penggunaan minyak kelapa yang paling baik adalah sehabis mandi. Sebagian orang memakainya di malam hari. Kapan pun waktunya yang paling penting adalah gunakan minyak kelapa asli dan berkualitas.

 

Referensi: womantalk, Hello Sehat, Sehatq

Photo by Waldir Évora from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.