Home » Blog » 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Botak yang Perlu Kamu Tahu

5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Botak yang Perlu Kamu Tahu

manfaat minyak kelapa untuk rambut botak

Minyak kelapa memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui tentang manfaat minyak kelapa untuk rambut botak. Problem ini kerap dialami oleh pria.

Namun, bukan berarti kaum hawa pun tidak mengalaminya. Sebab masalah kebotakan bisa dialami oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang masih berusia muda.

Terdapat kandungan asam laurat yang cukup tinggi dalam minyak kelapa. Senyawa ini begitu mudah diserap oleh kulit kepala dan batang rambut.

Karenanya, bagi yang memiliki masalah kebotakan atau rambut tipis tak perlu khawatir menjadi lepek atau lengket. Minyak kelapa akan terserap dengan baik selama cara pemakaiannya benar. Itulah sebabnya harus dipahami juga cara aplikasi yang tepat.

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Rambut Botak

Mungkin masih ada yang ragu akan manfaat minyak kelapa untuk rambut botak. Apakah begitu efektif atau justru menimbulkan masalah lainnya. Padahal kalau menggunakan secukupnya, si pemilik rambut bisa mendapatkan khasiat yang baik. Sebelum lebih lanjut membahas cara memakainya, simak keuntungan menggunakan minyak kelapa sebagai berikut:

Menumbuhkan Rambut

Kebotakan bisa disebabkan oleh masalah kerontokan yang dibiarkan terus menerus. Sebelum semakin parah, segera gunakan minyak kelapa pada rambut. Minyak rambut akan merawat mulai dari akar hingga batang rambut supaya tidak rapuh. Untuk bagian kepala yang botak, minyak kelapa akan merangsang pertumbuhan rambut di sana.

Cara kerja minyak kelapa kurang lebih mirip seperti serum. Kalau perawatan ini dilakukan secara rutin, maka tanpa disadari anak rambut akan mulai tumbuh perlahan. Lama kelamaan bagian yang botak terisi oleh rambut sekaligus akar rambut menjadi lebih kuat.

Melembapkan Kulit Kepala

Saat kepala seseorang botak, maka bagian yang harus mendapat perhatian ekstra tentu saja kulit kepala. Ketika tidak memiliki rambut, bukan berarti mengesampingkan kesehatan kulit kepala. Ingat, kulit kepala bisa kering layaknya kulit wajah dan bagian tubuh lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, oleskan minyak kelapa secara rutin pada kulit kepala. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan protein yang mampu menghindrasi. Selain itu, minyak kelapa pun sifatnya mendinginkan sehingga bagi mereka yang menderita iritasi bisa mengurangi rasa gatal atau kulit kasar.

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Kepala yang botak atau berambut tipis sangat rentan dengan resiko sinar UV. Wajar saja karena jumlah rambut yang sedikit atau tidak ada sama sekali tak mampu melindungi kulit kepala. Akibatnya, rambut yang tersisa akan rusak dan mengganggu kesehatan kulit kepala.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut botak adalah sebagai anti oksidan. Minyak kelapa mampu melawan radikal bebas serta efek-efek negatif lainnya dari polusi. Dengan begitu, seseorang tak perlu khawatir akan kondisi rambut dan kulit kepalanya. Sekalipun sedang cuaca ekstrem, minyak kelapa adalah solusi tepat untuk dipilih.

Rambut Tumbuh Lebih Sehat

Harapan seseorang yang memiliki problem kebotakan adalah rambut tumbuh. Tak hanya tumbuh, tetapi juga rambut harus sehat, tebal, dan berkilau. Inilah salah satu khasiat yang akan dirasakan apabila rajin menggunakan minyak kelapa pada rambut botak. Rambut yang tumbuh sesuai seperti yang diharapkan.

Saat rambut mulai tumbuh, bukan berarti berhenti memakainya. Tetaplah konsisten menggunakan minyak kelapa pada rambut. Sebab, minyak kelapa pun bisa mempercepat membuat rambut lebih panjang. Bahkan, ketika rambut yang tumbuh keriting, minyak kelapa dapat membantu meluruskannya. Jadi rambut tumbuh tidak kusut.

Merawat Kulit Kepala Secara Alami

Mengatasi masalah rambut botak bisa dengan berbagai cara. Beberapa orang menggunakan bahan kimia karena dipercaya lebih efektif dan cepat. Padahal, kalau menggunakan minyak kelapa lebih aman sebab ini adalah bahan alami. Tidak ada efek samping selama tepat cara menggunakannya.

Sederet manfaat minyak kelapa untuk rambut botak memang tidak akan dirasakan secara instan. Butuh waktu dan seseorang perlu sabar. Walaupun begitu, hasil yang didapat lebih memuaskan, aman, dan sehat. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di SESA, ya.

Referensi: Kompasiana, All Things Hair, Sehatq

Photo by cottonbro from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.