Home » Blog » 13 Manfaat Olive Oil Untuk Berbagai Kecantikan, Kesehatan dan Memasak

13 Manfaat Olive Oil Untuk Berbagai Kecantikan, Kesehatan dan Memasak

manfaat olive oil

Sahabat Sehat, olive oil atau minyak zaitun ternyata menyimpan segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Olive oil terbuat dari ekstraksi buah zaitun yang kaya akan kandungan lemak omega 3, omega 6, asam oleat, vitamin A, D, E, K.

Kandungan squalene yang tinggi membuat olive oil sangat kaya kandungan antioksidan. Uniknya, manfaat olive oil tidak hanya dalam bidang memasak. Kita bahas beragam manfaat olive oil dalam kehidupan sehari-hari yuk, Sahabat Sehat!

Manfaat Olive Oil untuk Tubuh dan Kecantikan

  1. Olive oil bisa mengatasi komedo membandel. Komedo berasal dari sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat folikel kulit wajah, olive oil mampu mengikat kotoran pada kulit dan mengangkatnya.
  2. Olive oil sebagai alternatif pemberih riasan wajah ringan hingga riasan wajah tahan air. Teksturnya yang lembut dan kaya vitamin E sangat baik untuk wajah dan aman dari risiko iritasi.
  3. Olive oil mampu mencegah penuaan dini karena kaya akan antioksidan yang menjaga sel-sel kulit wajah dari kerusakan. Zat linoleic acid membantu menjaga kelembaban kulit wajah.
  4. Pilihan minyak pijat yang memberikan efek menenangkan, mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, sekaligus membuat kulit terasa sangat lembut.

Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan

  1. Menurunkan kolesterol dengan olive oil yang mampi menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
  2. Olive oil kaya akan polifenol yang aktif dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.
  3. Anti-bakteri alami yang ada pada olive oil dapat menjaga kesehatan organ dalam tubuh terutama organ pencernaan.
  4. Antioksidan yang tinggi dapat mengurangi risiko rusaknya sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas. olive oil dijadikan suplemen kesehatan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 
  5. Mencegah penyakit alzheimer atau penurunan fungsi otak dalam berfikir bisa dengan rutin mengonsumsi olive oil. 

Manfaat Olive Oil di Dapur

  1. Membersihkan perabot kayu dan membuatnya lebih awet. Seperti talenan kayu, jika diberi minyak zaitun bisa menjaga kualitas kayu tetap baik dan bebas bakteri. Oleskan olive oil diamkan selama 5 menit dan bersihkan dengan lap kering.
  2. Olive oil bisa dijadikan anti lengket untuk perabotan di dapur. Mengoleskan sedikit olive oil pada sendok atau wadah makanan mencegah bahan makanan yang bertekstur lengket meninggalkan kotoran, sehingga lebih mudah dibersihkan. 
  3. Membersihkan noda membandel pada peralatan makan, seperti label lengket yang sulit dibersihkan hanya dengan air bisa diangkat dengan olive oil. 
  4. Olive oil adalah pilihan sehat untuk memasak aneka masakan karena mengandung MUFA (monounsaturated fatty acids) dan bebas kolesterol .

Setelah mengatahui begitu beragam manfaat olive oil, Sahabat Sehat juga perlu mengetahui beberapa jenis olive oil berikut:

  • Pure olive oil adalah jenis olive oil yang paling ekonomis biasa digunakan dalam makanan. 
  • Virgin olive oil dan extra virgin olive oil adalah minyak zaitun yang diolah natural tanp zat kimia. Bisa digunakan untuk memasak, suplemen kesehatan, dan kecantikan. Kualitas terbaik adalah
  • Light olive oil dan extra light olive oil juga varian yang banyak ditemukan, sayangnya jenis ini kandungan nutrisinya tidak sebaik Virgin olive oil dan extra virgin olive oil. 
  • Pomace punya rasa yang cenderung hambar, biasa digunakan untuk kosmetik dan minyak pijat.

Sudah mengetahui manfaat dan jenis olive oil? Sahabat Sehat kini bisa menentukan mana yang lebih pas dan cocok untuk digunakan di rumah. Untuk mendapatkan manfaat olive oil perlu kualitas olive oil yang baik. Jangan khawatir, Sahabat Sehat bisa mendapatkan aneka olive oil terbaik di sini.

Referensi: Mother and Baby

Photo by Lovefood Art from Pexels