Home » Blog » Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Manfaat Yogurt untuk Wanita! 

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Manfaat Yogurt untuk Wanita!

manfaat yogurt untuk wanita

Yogurt adalah olahan susu fermentasi yang menggunakan bakteri baik probiotik. Kita semua tahu, Yogurt merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi untuk kesehatan. Tahukah Sahabat sehat, ada manfaat yogurt untuk wanita? Ya, kandungan nutrisi yogurt ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan wanita. 

Selengkapnya, mari simak 4 manfaat yogurt untuk wanita, berikut ini!

 

1. Asam Laktat Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Pada umumnya, wanita sangat menyukai produk-produk kecantikan untuk kulit wajah. Salah satu kandungan dalam yogurt yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit adalah asam laktat. Asam laktat atau pada dunia kecantikan dikenal dengan nama lactid acid berguna untuk menutrisi kulit. 

Fungsi utama asam laktat yaitu untuk melembabkan kulit, terutama kulit wajah yang kering dan kusam. Biasanya pada skin care, asam laktat menjadi komposisi dalam produk moisturizer dan masker wajah.

Sahabat sehat bisa menggunakan yogurt sebagai masker alami, untuk membantu menutrisi dan menjaga kecantikan alami kulit. 

2. Kalsium dan Vitamin D Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil perlu asupan nutrisi lengkap. Nutrisi tambahan biasanya didapat pada susu khusus ibu hamil. Sahabat sehat, nutrisi yang sama baiknya dengan susu hamil ada pada kandungan yogurt. Yogurt kaya akan kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut berguna untuk menjaga imunitas ibu hamil hingga membantu perkembangan janin. 

1 gelas yogurt sekitar 200 ml, memiliki kandungan kalsium hingga 45% dari kebutuhan kalsium harian. Satu lagi manfaat yogurt untuk wanita hamil, rasa yogurt yang asam dan segar bisa membantu mengurangi gejala mual saat hamil muda. Jadi, Sahabat sehat yang tengah mengandung bisa rajin konsumsi yogurt sebagai pendamping makanan sehat saat hamil. 

3. Probiotik Ikut Menjaga Kesehatan Miss V

Salah satu masalah yang dialami wanita adalah terkait kesehatan miss V. Miss V rentan mengalami keputihan, gatal atau bau tak sedap karena bakteri. Jika gangguan pada miss V dibiarkan terlalu lama, bisa saja menyebabkan masalah yang lebih serius. Jadi, ada baiknya menjaga kesehatan dan kebersihan miss V sejak dini.

Menjaga kesehatan miss V bisa dengan rutin mengonsumsi yogurt dan menjaga kebersihan miss V. Yogurt kaya akan probiotik yang bermanfaat menjaga kesehatan area kewanitaan. Bakteri baik pada miss V bisa berkurang karena kebersihan kurang terjaga hingga konsumsi obat tertentu seperti pil KB. Yogurt membantu menambah bakteri baik pada area kewanitaan.

5. Camilan Sehat Tanpa Bikin Gemuk

Beberapa riset mengatakan, wanita lebih menyukai makanan manis dibanding pria. Bagi wanita, makanan manis dipercaya bisa memperbaiki suasana hati. Hal ini diperkuat dengan survei yang dilakukan oleh Indian Council of Medical Research – National Institute of Nutrition, Hyberabad, serta International Life Sciences Institute India. 

Di sisi lain, wanita seringkali risau jika berat badannya meningkat karena terlalu banyak mengemil makanan manis. Solusi bagi wanita adalah memilih yogurt sebagai camilan sehat dan mengenyangkan. Yogurt jauh lebih rendah kalori dibanding camilan manis yang tinggi kandungan gula dan pemanis tambahan.

 

Sahabat sehat, untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk wanita cukup dengan rutin konsumsi yogurt. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih yogurt yang baik untuk dikonsumsi. Sahabat sehat, yogurt yang baik harus kaya akan probiotik dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sahabat sehat bisa mendapatkan pilihan yogurt terbaik di SESA.ID.

 

Referensi : doktersehat.com 

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels