Home » Blog » 10 Manfaatnya Ketumbar untuk Tubuh Saat Covid Merajalela

10 Manfaatnya Ketumbar untuk Tubuh Saat Covid Merajalela

manfaatnya ketumbar

manfaatnya ketumbar – Ketumbar merupakan jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap dalam berbagai menu masakan, seperti sup, kari, dan lain – lain.

Selain menjadikan makanan menjadi lebih gurih dan aromanya yang harum sehingga memberikan efek relaksasi, ketumbar juga menjadi salah satu bahan utama produk – produk parfum, aroma terapi hingga ramuan herbal untuk kesehatan.

Sahabat sehat sekalian,mengingat di masa pandemi karena covid-19 ini, kita harus menjaga imun dan kesehatan tubuh agar terhindar dari bahaya virus corona. Yup, menjaga kesehatan tubuh juga termasuk manfaatnya ketumbar yang jarang orang tahu.Nah, apa saja kandungan dan hal positif yang terdapat dalam ketumbar? Sahabat sehat sekalian, simak penjelasan berikut.

Kandungan Nutrisi dalam Ketumbar

Tanaman herbal yang masuk dalam keluarga wortel (Umbelliferae) ini memiliki nutrisi penting untuk tubuh yang terkandung, diantaranya adalah karbohidrat, protein, provitamin A, vitamin C dan K.

Selain itu terdapat pula kandungan zeaxanthin, lutein, beta karoten, beta-cryptoxanthin, dan asam folat. Serta, terdapat penelitian yang menunjukkan ketumbar memiliki sifat anti-lipid dan anti-diabetes. Pun memiliki sifat antibakteri, antioksidan, anti jamur, dan anti radang. Terdapat pula senyawa linalool yang bermanfaat untuk kesehatan.

Walaupun kandungan nutrisi dan manfaatnya ketumbar yang baik untuk tubuh, akan lebih baik jika jumlahnya tepat dan tidak berlebihan. Selain itu, hindari mengkonsumsi ketumbar untuk penderita gangguan hati dan liver, gangguan pernafasan, maupun alergi.

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Setelah sahabat sehat mengetahui kandungan nutrisi ketumbar, berikut ini adalah manfaatnya bagi tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun dan Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi ini sahabat sehat bisa meningkatkan sistem imun dan meningkatkan kekebalan tubuh adalah manfaatnya ketumbar jika dikonsumsi. Karena kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mencegah kerusakan sel – sel tubuh akibat radikal bebas.

Menangkal Infeksi

Kandungan senyawa antimikroba yang dimiliki ketumbar bisa menangkal infeksi dan penyakit bawaan dari makanan yang tidak higienis. Selain itu, terdapat juga dodecenal yang ampuh mengatasi bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makan dan gangguan pada sistem pencernaan.

Meringankan Peradangan

Kandungan antioksidan yang terbukti ampuh untuk meringankan peradangan di dalam tubuh. Ini diperkuat dari studi yang menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat menurunkan peradangan dan melemahkan sel – sel kanker.

Menurunkan Gula Darah

Dalam ekstrak dan minyak dari ketumbar memiliki enzim aktif yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Yang cara kerjanya mirip dengan Glibenclamide.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Biji ketumbar juga terbukti dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk pengobatan pada gangguan jantung.

Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus

Minyak dari ekstrak biji ketumbar bisa melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Bahkan dari satu study, ekstrak ketumbar secara signifikan bisa meredam nyeri, kembung, dan gangguan lain pada lambung.

Mengatasi Pilek dan Flu

Seperti yang sahabat sehat tahu, dalam ketumbar mengandung vitamin C dapat mengobati batuk dan pilek.

Menyehatkan Jantung

Ekstrak biji ketumbar dapat membuang kelebihan sodium dari air, sehingga tekan dara ikut turun. Dengan kata lain, ekstrak ketumbar mampu berperan sebagai diuretik yang baik.

Melindungi Kesehatan otak

Memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa melindungi fungsi otak dan kerusakan sel saraf kerena efek kejang yang diinduksi oleh obat.

Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan zar antioksidan dapat melindungi dari kerusakan sel yang dapat meyebabkan penuaan dini pada kulit, termasuk ruam ringan seperti dermatitis.

Selain untuk penyedap masakan manfaatnya ketumbar juga baik untuk kesehatan tubuh sahabat sehat di tengah covid merajalela. Bahkan mendapatkan segudang manfaat dari ketumbar sangatlah mudah dan tersedia di sesa.id dengan harga yang terjangkau. Nah, sahabat sehat tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan asupan nutrisi agar tubuh tetap sehat.

Referensi : Webmd
Gambar oleh PDPics dari Pixabay