Home » Blog » Bolehkan Memulai MPASI 6 Bulan Telur? Ini Jawabannya

Bolehkan Memulai MPASI 6 Bulan Telur? Ini Jawabannya

menu mpasi 6 bulan telur

MPASI atau makanan pendamping ASI menjadi salah satu hal yang sering kali membuat bingung para ibu-ibu muda. Banyak bahan makanan yang bisa digunakan, akan tetapi khusus MPASI 6 bulan telur apakah sudah boleh? Nah sebaiknya Anda menyimak pembahasannya di bawah ini ya…

Kandungan Telur yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Telur adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena mengandung protein, riboflavin, vitamin B12, kolin dan folat. Semua nutrisi ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak usia 6 bulan atau lebih.

Jenis Telur yang Bisa Digunakan untuk MPASI

Jenis telur untuk MPASI itu ada banyak sekali. Anda bisa menggunakan telur ayam kampung, telur ayam negeri, telur puyuh, telur bebek, dan lain sebagainya.

Namun, kebanyakan ibu memilih untuk memberikan telur ayam kampung sebagai suatu permulaan karena protein yang dikandungnya lebih rendah dibanding telur lainnya.

Cara Mengolah Telur yang Baik dan Benar

Mengenai cara mengolah MPASI 6 bulan telur perlu diperhatikan betul-betul ya… Anda harus memastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi memiliki tekstur yang sangat lembut atau mendekati cair.

Artinya Anda tak perlu menggunakan telur yang banyak karena tidak akan dimakan secara utuh. Anda harus membuatnya lumat selumat-lumatnya hingga menjadi bubur telur yang teksturnya sangat halus.

Hal ini penting sekali diketahui karena usia 6 bulan adalah peralihan dari ASI ke makanan sehingga perlu adaptasi pada sistem pencernaannya. Bayi usia 6 bulan masih memiliki sistem pencernaan yang sederhana sehingga makanannya juga tidak boleh sembarangan.

Yang kedua adalah pastikan bahwa telur itu matang bukan setengah matang atau bahkan mentah. Ya, walaupun bayi memiliki daya tahan tubuh dari ASI di dalam sistem pencernanya bukan berarti mereka kebal terhadap serangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya.

Untuk membuatnya ada beberapa saran salah satunya dengan merebus kuning telurnya saja. Itu pun dirasa masih kebanyakan karena lambung bayi ukurannya kecil. Setelah matang kemudian bisa diblender halus bersama dengan bubur nasi dan bisa dimasak kembali.

Waspada Pemberian Telur untuk MPASI Anak 6 Bulan

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai telur untuk MPASI telur. Terkadang orang tua merasa begini salah dan begitu salah. Ya, selain mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi nyatanya telur memiliki kadar protein yang sangat tinggi.

Kadar protein yang sangat tinggi ternyata bisa menyebabkan bayi mengalami alergi. Tapi, anak harus dikenalkan dengan berbagai jenis makanan agar pengetahuan akan rasanya bertambah. Inilah yang sering kali membuat ibu-ibu bimbang.

Tenang saja, Anda tetap boleh memberikan telur akan tetapi jangan dicampur dengan protein lain seperti udang, ayam, dan lainnya. Cukup telur, nasi, dan sayur saja sudah cukup. Nah, amati apakah ada reaksi alergi?

Jika iya maka hentikan pemberian telur, jika tidak maka bisa diteruskan. Hal ini juga berlaku untuk protein lainnya seperti udang, ayam, dan lain sebagainya. Jangan berikan dua atau tiga langsung karena mendeteksinya menjadi lebih sulit.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari pertanyaan mengenai apakah boleh MPASI 6 bulan telur? Telur merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sehat dan bermanfaat namun harus benar cara pengolahannya. Ingat untuk memulai dengan makanan yang paling lembut terlebih dahulu.

Referensi : Sehatq

Photo by Klaus Nielsen from Pexels