Home » Blog » Temukan 7 Kelebihan Buah Naga untuk Bayi yang Membantu Proses Pertumbuhannya! 

Temukan 7 Kelebihan Buah Naga untuk Bayi yang Membantu Proses Pertumbuhannya! 

Buah naga untuk bayi

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang bisa mendukung proses pertumbuhan si kecil. Tidak hanya ASI, bayi juga memerlukan makanan lain yang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Buah segar yang cocok salah satunya adalah buah naga. Buah naga untuk bayi kaya akan serat dan nutrisi lain yang tentunya paling dibutuhkan.

Asupan buah ini bisa sahabat sehat dapatkan dari buah aslinya langsung ataupun produk-produk makanan bayi yang berasal dari buah naga, di mana biasanya sahabat sehat bisa menggerusnya bersama dengan air supaya menjadi lunak dan mudah ditelan.

Dalam pemberiannya pun, sahabat sehat dianjurkan untuk memperhatikan jumlah asupan buah yang masuk dan bagaimana cara mengolahnya. Bagaimana pun juga sahabat sehat harus memastikan bahwa buah naga tersebut tidak memberikan efek samping pada bayi.

DAPATKAN BUAH NAGA SEGAR DI SESA.ID

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Buah Naga untuk Bayi

Hal yang harus diperhatikan selain jumlah asupan buah yang tepat adalah dengan menentukan waktu yang tepat untuk diberikan kepada si kecil.

Ketahuilah bahwa ketika bayi mulai beranjak 4 — 6 bulan, saat itulah bayi sudah diperbolehkan untuk mengenal berbagai makanan yang dihaluskan. Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) di saat ini adalah waktu yang tepat supaya si kecil juga bisa terbiasa makan makanan selain ASI.

BACA JUGA: 

MPASI ini tidak harus buah atau sayur, sahabat sehat bisa menggantinya dengan bubur kacang hijau, puding susu, ataupun roti isi. Yang terpenting makanan tersebut dilengkapi dengan kandungan utama, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta mineral dan vitamin.

Buah Naga Merah

Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

  1. Memperkuat Tulang

Buah naga mengandung banyak mineral kalsium dan fosfor yang bisa mendukung pertumbuhan tulang. Ini tentu sangatlah bagus pertumbuhan tinggi si kecil nantinya. Selain mineral, buah naga juga mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kulit dan otot.

  1. Memperkuat Imunitas

Dalam menjalani proses pertumbuhannya, si kecil butuh yang namanya proteksi agar tubuh tidak mudah jatuh sakit. Buah naga adalah salah satu yang mengandung nutrisi untuk proteksi tersebut. Antioksidan yang tinggi bisa menangkal radikal bebas dan membersihkan racun di dalam tubuh.

Dengan begitu, tubuh bayi akan jauh lebih sehat dan bisa mencegah berbagai macam penyakit.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Buah naga mengandung vitamin A yang terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan mata. Penglihatan si kecil akan jauh lebih tajam dan sehat apabila mengonsumsi buah naga dengan jumlah tepat dan tidak berlebihan.

  1. Melancarkan Kerja Sistem Pencernaan

Selain pepaya, buah naga adalah salah satu buah yang bisa membantu proses kerja sistem pencernaan. Ini karena buah naga mengandung berbagai macam serat yang baik untuk memperlancar kerja usus, sehingga akan mencegah terjadinya sembelit.

  1. Mendukung Proses Metabolisme 

Bayi berusia 6 bulan perlu yang namanya makanan pendamping ASI agar segala proses kimiawi di dalam tubuhnya akan berjalan dengan lancar.

Buah naga adalah buah yang mengandung banyak mineral magnesium daripada buah lainnya. Selain itu, sahabat sehat bisa memenuhi kebutuhan 18% angka kecukupan gizi atau AKG bayi dengan mengonsumsi secangkir buah naga. Magnesium ini berguna dalam pembentukan tulang, proses pemecahan kimiawi, serta kontraksi otot.

  1. Baik untuk Usus

Satu buah naga ternyata mengandung prebiotik. Makanan yang mengandung prebiotik bisa dikonsumsi dengan baik oleh bakteri baik di usus sahabat sehat. Prebiotik ini diketahui bisa mengendalikan jumlah bakteri baik maupun jahat di dalam usus.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar penyakit sumber masalahnya ada pada usus. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan prebiotik, usus akan terjaga dengan baik dan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam infeksi.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Buah organik ini juga diketahui bisa mencegah tubuh dari penyakit jantung. Tidak hanya pada orang dewasa, si kecil juga perlu nutrisi untuk memperkuat kesehatan jantung. Memperkenalkan buah naga di usia 6 bulannya adalah hal yang tepat supaya si kecil terbiasa.

Cara Mengolah Buah Naga untuk Bayi

Secara umum, berbagai jenis buah yang sahabat sehat jadikan sebagai makanan pendamping untuk bayi disajikan dalam bentuk jus ataupun puree. Namun, tidak salah juga apabila memberikannya dalam bentuk potongan-potongan kecil supaya bayi tidak tersedak.

Untuk bayi berusia 6 — 12 bulan sendiri bisa sahabat sehat olah buah tersebut dengan dipotong sekitar setengah atau seperempatnya. Namun, apabila si kecil masih kesulitan dalam memegangnya, potong buah ini menjadi kotak kecil-kecil. Opsi lain adalah dengan menyajikannya berupa jus.

Jangan lupa dalam pemberiannya, sahabat sehat sebaiknya ikut membuang biji-biji hitam di dalamnya untuk mencegah bayi tersedak.

Sahabat sehat bisa menjangkau buah naga dengan mudah dan cepat di https://sesa.id/sayur-dan-buah/buah-segar.html yang juga menawarkan berbagai macam buah fresh dan produk bergizi lain, seperti sayuran, beras, dan lain-lainnya.

  • https://www.sehatq.com/artikel/buah-naga-untuk-bayi-ini-manfaat-dan-cara-menyajikannya-sesuai-usia/amp
  • https://www.popmama.com/amp/baby/7-12-months/nanda-saputri/kapan-bayi-boleh-makan-buah-naga
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/amankah-biji-buah-naga-di-konsumsi-bayi-6-bulan
  • https://www.prenagen.com/id/mpasi-buah-naga-untuk-bayi