Home » Blog » Benarkah Mencuci Tangan dengan Sabun Lebih Baik daripada Hand Sanitizer ?

Benarkah Mencuci Tangan dengan Sabun Lebih Baik daripada Hand Sanitizer ?

sabun vs hand sanitizer

Sahabat sehat, demi memastikan tangan tetap bersih dari virus di masa pandemi ini, manakah yang lebih efektif antara sabun vs hand sanitizer. Walaupun menggunakan hand sanitizer ini lebih praktis digunakan untuk membersihkan tangan daripada mencuci tangan dengan sabun. Namun ternyata mencuci tangan menggunakan sabun ini lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer.

Tentang Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer

Menurut ahli mikrobiologi yaitu Alex Berezow mengatakan bahwa penggunaan dari hand sanitizer ini memerlukan cara maupun prosedur yang tepat. Agar dapat bekerja secara maksimal untuk membunuh kuman. Sanitizer sendiri merupakan isopropil alkohol, minyak esensial, plus gel.

Cara kerja dari hand sanitizer ini melalui kekuatan alkoholnya dapat menghilangkan banyak jenis bakteri maupun virus pada lapisan terluar mereka. Namun perlu sahabat sehat tahu, hal ini tidak membuat inang virus tersebut hilang, apalagi virus dengan kulit luar yang keras, misalnya norovirus.

Karena biasanya banyak orang yang menggunakan hand sanitizer ini dengan jumlah yang tidak tepat, bahkan mengoleskan di tangan juga belum benar dan tidak merata. Sahabat sehat harus mengoleskan secara merata di seluruh tangan, agar bekerja secara maksimal.

Lalu tunggu hingga hand sanitizer mengering, waktu yang dibutuhkan biasanya 20 detik. Sehingga sahabat sehat bisa membedakan lebih efektif yang mana antara sabun vs hand sanitizer. Apabila sahabat sehat masih suka menggunakan hand sanitizer juga tidak masalah, namun pastikan juga untuk mencuci tangan sesering mungkin, terutama setelah bersentuhan tangan.

Kelemahan Hand Sanitizer

Sahabat sehat, ternyata memakai pembersih tangan dengan kandungan alkohol yang cukup ini tidak dapat menghilangkan semua jenis bakteri maupun virus. Hand sanitizer ini tidak bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya yang menempel pada tangan, karena lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air.

Berbagai ahli sering melakukan penelitian, lebih efektif manakah antara sabun vs hand sanitizer. Hand sanitizer sendiri menunjukkan konsentrasi alkohol antara 60-95 persen yang dapat membunuh kuman lebih baik dibandingkan produk dengan konsentrasi dibawahnya.

Karena Hand sanitizer dengan konsentrasi alcohol yang rendah ini hanya mengurangi pertumbuhan kuman. Perlu sahabat sehat ketahui juga bahwa Hand sanitizer dengan bahan dasar alkohol ini akan aman bila digunakan sesuai petunjuk. Karena juga terdapat hand sanitizer yang dapat menyebabkan keracunan apabila tidak sengaja tertelan. 

Mencuci Tangan Dengan Sabun

Menurut para ahli penyakit menular bahwasanya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ini merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan kuman. Terutama bahan kimia yang tidak sengaja menempel tangan.

Diantara sabun vs hand sanitizer, memang mencuci tangan dengan sabun dan air ini akan lebih efektif karena dapat menghilangkan bakteri dan virus yang lebih ganas dari corona. Perlu sahabat sehat ketahui, waktu mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit adalah 20 detik.

Hal ini tentunya akan mencegah menempelnya kuman penyebab penyakit seperti Clostridium difficile, cryptosporidium dan norovirus. Proses gesekan tangan akibat menggosok dengan baik saat mencuci tangan akan membantu mengangkat kotoran. Bahkan membersihkan dari mikroba maupun minyak yang menempel dengan bantuan air mengalir. 

Sejauh ini, mencuci tangan dengan sabun dan air masih menjadi solusi yang paling baik dan benar dalam pencegahan virus corona. Jadi sahabat sehat sudah bisa menentukan bukan lebih efektif mana antara sabun vs hand sanitizer.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

Sumber: Kompas