fbpx
Skip to content
Home » Blog » Simak Khasiat Probiotik untuk Diare dan 4 Jenisnya

Simak Khasiat Probiotik untuk Diare dan 4 Jenisnya

probiotik untuk diare

Sahabat Sehat mungkin pernah mengalami diare selama hidup dan mendengar bahwa ada yang menyatakan terdapat khasiat probiotik untuk diare. Selama menderita gangguan ini, khasiat-khasiat dari produk yang mampu mengatasinya merupakan hal yang paling diburu.

Jika belum pernah mendengar pernyataan tersebut, Sahabat Sehat mungkin merasa heran. Produk yang diklaim selama ini mengandung probiotik untuk menjaga kesehatan ternyata juga memiliki khasiatnya untuk gangguan pencernaan tersebut?

Untuk membantu Sahabat Sehat agar memahami mengenai penjelasan dan khasiatnya, silakan simak penjelasan pada artikel berikut. Di bawah ini adalah rangkuman yang bisa disimak dalam mengenal khasiat probiotik.

YUK! BELANJA PROBIOTIK DAN SUMBER PROBIOTIK ALAMI DI SESA.ID

Mengenal Khasiat Probiotik untuk Diare Bagi Sahabat Sehat

Selama ini kebanyakan orang mengonsumsi probiotik dengan tujuan untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Padahal bukan hanya sebagai penjaga sistem pencernaan Sahabat Sehat, dia juga bisa digunakan sebagai salah satu usaha untuk mengobati sakit yang diderita.

Sebelum membahas mengenai manfaat probiotik untuk diare, Sahabat Sehat perlu tahu terlebih dahulu kenapa seseorang bisa menderita gangguan pencernaan tersebut. Oleh sebab itu, pengetahuan tentangnya perlu diketahui.

Jadi, diare itu terjadi pada seseorang disebabkan karena jumlah bakteri jahat yang lebih banyak atau mendominasi daripada bakteri baik dalam sistem pencernaan seorang individu. Sering juga disebut karena adanya infeksi di usus.

Jadi, ternyata ada manfaat probiotik untuk diare karena dapat membunuh bakteri-bakteri jahat, termasuk bakteri yang menyebabkan diare pada seseorang. Bakteri baik inilah yang akan berkompetensi dengan bakteri jahat, sehingga dapat menekan pertumbuhan penyakit.

Selain itu, probiotik juga bisa membantu mengurangi keluhan seseorang karena adanya peradangan pada saluran pencernaan (inflammatory bowel disease) maupun iritasi pada saluran pencernaan (irritable bowel syndrome).

Diare tidak hanya satu jenis, jadi ada beberapa diare yang bisa menggunakan khasiat probiotik untuk diare seperti:

  1. Diare Infeksi, yaitu kondisi di mana intensitas seseorang mengalami BAB lebih sering daripada biasanya.
  2. Diare Akibat Antibiotik, jenis ini membuat seseorang memiliki BAB cair dalam 24 jam setelah mengonsumsi antibiotk dan durasinya lebih dari tiga kali.
  3. Diare Wisatawan, sering terjadi ketika banyak wisatawan yang datang berkunjung ke negara berkembang dan memiliki perubahan pola makan dan berwisata.
  4. Diare pada Anak dan Bayi, merupakan gangguan yang sering terjadi pada anak-anak, terutama bayi prematur karena memiliki bakteri baik yang relatif lebih sedikit.

BACA JUGA: Buah yang Mengandung Probiotik Jarang Diketahui

Jenis-Jenis Probiotik untuk Diare yang Bisa Digunakan

Semua jenis di atas bisa diatasi dengan mengonsumsi probiotik. Jenis bakteri baik ini tidak hanya satu, melainkan terdiri atas beberapa bentuk. Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai jenis bakteri yang dapat membantu melawan diare:

  1. LGG atau Lactobacillus Rhamnosus GG

Tipe probiotik ini adalah yang termasuk paling sering ditambahkan ke dalam berbabagi jenis produk makanan dan minuman. Cara kerjanya dalam mengatasi diare adalah dengan memproduksi protein sebagai pencegah menyusupnya bakteri jahat, misalnya salmonella.

Produk-produk yang memasukkan unsur LGG biasanya adalah yogurt, keju, serta susu fermentasi. Di mana LGG bisa digunakan untuk mengobati diare pada orang dewasa dan anak-anak.

  1. Saccharomyces Boulardii atau S. Boulardii

Jenis kedua ini berasal dari jamur atau ragi, yang biasa ditemukan dalam suplemen khusus probiotik. Lalu, tidak hanya pada produk berfermentasi, saccharomyces boulardii juga ditemukan pada leci dan kulit manggis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dia bisa membantu untuk mengurangi durasi diare dan membuat masa rawat inap dari pasien yang dalam kondisi akut lebih panjang. Jadi, secara alami jenis ini ada dalam tubuh Sahabat Sehat apabila mengonsumsi makanan mengalami fermentasi.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minuman Probiotik untuk Kesehatan Tubuh Baik Orang Dewasa maupun Anak-anak

  1. Bifidobacterium Lactis

Jenis ini mempunyai kemampuan untuk membantu mendukung daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan pencernaan seseroang. Bifidobacterium lactis diyakini dapat membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan tumbuh kembali setelah mengonsumsi antibiotik.

Seperti jenis probiotik untuk diare sebelumnya, bifidobacterium lactis terdapat dalam produk olahan susu fermentasi, seperti keju, yogurt, susu mentega, serta ASI (Air Susu Ibu). Jika mencampurkannya ke dalam susu, bisa membantu untuk mengurangi durasi dan frekuensi diare.

  1. Lactobacillus Casei

Jenis terakhir ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memproduksi zat antimikroba, serta menghambat pertumbuhan bakteri jahat di tubuh Sahabat Sehat. Ini mampu menurunkan durasi dan risiko diare pada anak-anak.

Untuk membantu mendapatkan khasiat probiotik untuk diare tersebut, maka mengonsumsi produk yang khusus mengandung zat ini akan lebih baik, misalnya Heal Kombucha Kunyit Asem Probiotics dari sesa.id.